Innalillahi wa inna lillahi rojiuuun… Telah Tayang Kembali Sinetron Kau Yang Berasal Dari Bintang


image

Sejak beberapa tahun belakangan ini, sejak gue duduk di bangku SMA, sejak gue mulai dewasa dan sejak gue mulai pinter, gue semakin menjaga jarak sama yang namanya sinetron Indonesia dan lebih memilih nonton Spongebob kalo udah menjelang malam, bagi gue nonton spongebob lebih masuk akal dan berbobot daripada sinetron Indonesia. Bukannya gue gak cinta produk dalam negeri atau bukan gue gak pernah berusaha untuk melototin channel tetangga sebelah yang nayangin sinetron Indonesia.

Tapi semakin gue berusaha untuk menjaga silaturahmi gue dengan tayangan stasiun TV indonesia, semakin sinetron indonesia menyakiti hati gue dan merusak kepercayaan gue. Gue gak bilang sinetron indonesia gak berkualitas, tapi yaa… Cuma males dan pelit alias gak kreatif aja *sama aja sih ya*, pernah ada masa dimana sinetron Indonesia rata-rata menampilkan penganiayaan sadis yang pada umumnya dilakukan oleh ibu tiri atau mertua,  dimana tiap episodenya loe akan disuguhi dengan kucuran air mata pemeran utama disertai musik-musik yang berdentum kencang dan tampilan eye liner setebel tembok Cina yang dipakein di mata para pemeran antagonisnya, dan anehnya judulnya kayak kompak semua gitu pake nama pemeran utamanya misalnya ‘Intan’, ‘Wulan’, “Ngatini’ ‘Cinta Bunga’, ‘Cinta Fitri’ dan sinetron-sinetron tersebut bakal selalu mecahin rekor dunia dengan jumlah episode terbanyak mana kala ratingnya tinggi.Yang paling langka bin ajaib adalah sinetron elang terbang  di Indosiar yang nekat mau nampilin efek-efek magic ala harry potter tapi dengan modal yang sangat memprihatinkan dan menggugah kepedulian social gue.

Seiring berjalannya waktu, gue semakin gak peduli dengan sinetron Indonesia yang semakin meraja-lela ngalor-ngidul di layar kaca dengan alur cerita yang samakin ngaco dan semakin pelit, selagi emak gue gak nunggak tagihan TV kabel yang nyediain channel V dan LBS, selagi gue masih bisa WiFi gratisan di kampus gue buat download drama korea dan selagi gue masih bisa semena-mena ngusir adek gue dan dengan terpaksa mesti menyingkir dan nonton TV yang ada di ruang makan, gue akan baik-baik aja tanpa nonton sinetron Indonesia *bhuahaha…

Tapi kemudian jiwa yang telah lama tenang ini kemudian kembali terusik, hati ini tergugah mana kala harus menerima kenyataan pahit salah satu DRAMA COWOK TAKSIRAN GUE DI TPA dulu *baca kim Soo Hyun* You Who Come From Another Star telah dijiplak dengan semena-mena oleh salah satu stasiun TV tanah air. Seketika itu juga, tenggorokan gue terasa tercekat, seperti sebuah belati telah menghujam tajam jantung gue, tubuh gue lumpuh seketika *bawa-bawa bahasa Fan Fict*.

Gimana enggak? Gue gak perlu googling apalagi denger langsung dari mulutnya Soo Hyun Oppa *mulai Sok akrab* kalo itu sinetron yang dari judulnya aja udah ketahuan nerjemahin dari google translet udah pasti belom dapat lisensi dari SBS nya langsung, gue gak perlu nunggu sinetron itu tayang dulu untuk tau betapa gak modal dan ngaconya drama yang dari sononya cetar membahana itu disulap menjadi sinetron yang kelak bakal beranak pinak dan membentuk peradaban baru itu.

Yang lebih menyakitkan hati adalah, artis yang akan memerankan sinetron itu adalah artis yang sama sekali gak pernah terlintas dalam pikiran gue akan bisa memerankan peran Jeon Ji Hyun dan Kim Soo Hyun. Saat tau kalo yang bakal jadi Cheon Song Yi itu Nikita Willy, reaksi gue…. KENAPA HARUS DIA YA ALLAH, KENAPA GAK AKU AJA SEKALIAN?? *Capslock mana capslock?*, dan yang bakal jadi Do Min Joon itu….. Jeng… Jeng!!! Morgan Smash??! BILANG INI APRIL MOP, BILANG INI SUPERTRAP!!.

image

Hati ini terus mengalami pergolakan dan bertanya-tanya Kalo milih dua artis itu melalui proses casting, ini pasti yang casting Cleaning Service nya sinemArt nih!, gue sih lebih percaya ini pasti system comot aja! Pasti! Atau jangan-jangan Morgan sodaraan sama HT, CEO nya MNC *mulai suuzon*. Jika memang itu harus Nikita Willy, dimanakah letak kemiripan Jeon Ji hyun dengan Nikita Willy??? DIMANA? Please deh! Jeon Ji Hyun itu aktris papan atas yang dipuja seantero Korsel yang akting dan kecantikannya udah diakui dan termashur, dia mau berakting di drama itu, kayak dapat gundukan emas buat produsernya, saking susahnya diajak main drama butuh waktu 14 tahun untuk dia bisa Come Back di drama lagi. Bukankah sangat tidak etis mensejajarkan dia dengan seorang Nikita Willy yang yaah… Gimana yak? They are totally different lah pokoknya, yang satu berusia tua tapi berwajah muda, dan yang satu masih muda tapi berwajah tua *kemudian beristigfar*, mereka cuma punya satu kemiripan dari tinggi mereka, *iya gue tau* maksud gue ‘tinggi’ disini Jeon Ji Hyun badannya yang tinggi, kalo Nikita Willy, heelsnya yang tinggi, bahaha *lagi-lagi istigfar*.

Jujur gue juga sangat amat meragukan actingnya Nikita Willy, gue bener-bener gak yakin aja Nikita Willy yang selama ini di sekian banyak sinetronnya dia kayaknya cuma bisa meranin satu karakter, cewek miskin, baik hati yang teraniaya, kemudian harus memerankan peran Cheon Song Yi yang udah diperanin apik oleh Jeon Ji Hyun yang kocak tapi penuh pesona.

image

Terus peran Do Min Joon yang diperanin oleh Kim Soo Hyun, artis muda papan atas yang lagi happening banget di Korea sono dan seluruh jagad Asia, yang dramanya selalu dapat rating bombastis! yang udah sukses meranin berbagai peran, yakni remaja kampungan namun tegas di dream high, Raja superganteng penuh wibawa dan karisma di The Moon Embaraces The Sun dan Alien Yang Cool namun Care di YWCFAS, si ganteng yang Cool berperut kotak-kotak yang bikin gue selalu menantikan adegan Showering nya…. Lalu kemudian perannya digantiin sama artis pemula yang baru belajar acting  bernama Morgan Oey. -,- Plis! demi apapun dimuka bumi ini! Kualitas acting seperti apa yang bisa diharapin dari aktor dadakan yang baru dikeluarin dari Boyband nya?? Fiuuuhhh!! Speachless! *Cuma bisa istigfar*.

Entah kenapa pihak RCTI dan SinemArt kayak udah gak punya pilihan artis lain yang cocok meranin Cheon Song Yi dan Do Min Joon, padahal sejatinya mereka cuma males nyari dan gak mau keluar modal aja buat audisi dan casting. Indonesia bukan gak punya aktor dan aktris berkualitas buat dijadiin pemeran dalam sinetron ini. Mungkin ini efek dari nonton Full House Thai Version nih, abisnya gue salut banget sama pihak Thailand sana yang gak main-main dan bermodal dalam pemilihan aktor, aktris, dan segala macam propertinya. Mereka sadar bahwa drama yang mereka cover adalah drama fenomenal yang populer seantero jagad raya! Maka merek ngebuktiin kesungguhan mereka. Nyari pemainnya aja mereka melakukan audisi besar-besaran dan itu terbukti menghasilkan peran Aom Sucharat dan Mike D Angelo cukup mewakili peran Han Ji Eun dan Lee Young Jae, dan untuk modalnya Full House Thai version itu sendiri, mereka butuh ngumpulin segudang sponsor yang mampu mendanai drama tersebut sehingga menjadi tampak sangat bermodal dan niat. Harapan gue begitu besar Indonesia juga bisa melakukan hal demikian.

Dan akhirnya… tanpa memperdulikan jeritan hati gue, sinetron itupun tetap tayang! Gue sebenernya ogah banget nontonnya dan gak ridho naikin ratingnya mau berapa persen pun, tapi rasa penasaran bin kepo ini tak mampu gue kendaliin, gue bener-bener mau tau apakah sinetron Indonesia mulai ada peningkatan apa gak. Secercah harapanpun tumbuh di hati gue, tiba-tiba gue yang naïf dan polos ini berharap sinetron itu udah dapat lisensi dan jadi batu loncatan  buat Indonesia  bikin drama berkualitas nan modal dengan episode singkat kayak Thailand yang sukses dengan Drama Full House Thai Vers nya, sekonyong-konyong dengan penuh harap guepun mantengin episode pertama sinetron itu.

Dan seketika piramida harapan gue yang udah gue bangun dengan hati yang tulus ini runtuh, luluh lantak jadi puing-puing kecil. Bukan peningkatan yang gue temukan, malah sebaliknya, espektasi gue di awal tentang drama itu hampir gak ada yang meleset, *gue kayaknya berbakat jadi peramal*, Gak beda dari sinetron Indonesia pada umumnya, efeknya sama aja, layar TV gue yang 39 inci harus puas dipenuhi mukanya Nikita Willy yang menor kayak tante-tante dan Jerawat nya Morgan pun di rahang sebelah kirinya yang udah mau pecah terekspose dengan sempurna. Pemainnya pada gak sinkron semua pulak! yang lumayan menurut gue cuma Glen Allinski, yaa masih bisa lah berakting selengean-selengean gitu.

Dan apa yang terjadi dengan acting Nikita-Morgan?…. kalo kata Melanny Ricardo… STD, STANDAR, Gue mungkin akan lebih setuju Caterin Wilson yang perannya jadi emaknya Nikita Willy atau mending Syahrini sekalian yang jadi Song Yi. Bukan apa-apa, melebihi rasa kecewa gue terhadap sinetron ini, gue sebenernya gak tega aja liat Nikita Willy yang penuh perjuangan untuk sinetron ini. Selain sekuat tenaga berusaha berakting lucu *tapi gak bisa*, kaki Niki juga terancam varises soalnya mesti pake heels sepanjang samurai biar bisa keliatan tinggi kayak Song Yi. *miris!*

image

Sementara Morgan juga keliatan capek banget berusaha untuk keliatan berwajah datar namun tetep Cool padahal cuma bisa nampilin wajah datarnya doang, saran yang bisa gue kasi ke Morgan, dia kayaknya cocok banget ngolesin lem kayu ke mukanya, biar ekspresi datarnya jadi lebih sempurna dan gak bakal berubah-berubah bentuk.

Yang paling bikin gue istigfar berkali-kali saat nonton sinetron ini adalah dialog dan adegan-adegan di dalamnya, luar biasa!! Luar biasa ngejiplaknya. Dari sekian banyak drama adaptasi yang pernah gue tonton dari Meteor Garden sampe Full House Thailand, gue baru nemu jiplakan yang membabi buta semacam ini! Dari yang gue tau selama ini, Korea dan Taiwan juga sering banget ngadaptasi drama dari Manga Jepang dan tentu aja lengkap dengan lisensinya, jadi ini jelas bukan plagiat, tapi Cuma sebatas Story Line dan tokoh-tokohnya, selebihnya adegan dan dialognya mereka ciptain sendiri.

Tapi yang luar biasa dari sinetron Kau Yang Berasal Dari Bintang ini, Boro-boro mau nyiptain adegan sendiri! Bahkan kayaknya bukan Cuma judul yang diterjemahin dari Google translet, bahkan dialog dan adegan yang sekecil-kecilnya, sebagai contoh dialog dan adegan pertemuan pertama dalam Lif sama persis dan setiap detailnya. Penulis naskah sinetron ini seakan males dan ogah-ogahan nulis naskahnya makanya dengan semena-mena nerjemahin dialognya dengan google translet. Gitu juga dengan sutradaranya, sang sutradara kayaknya terlalu banyak makan MSG  makanya jadi lemot dan males mikir jadi ngerasa Cuma perlu niru setiap adegannya maka jadilah sebuah sinetron ‘adaptasi’.

Yang bikin gue merasa terhina, sinetron yang jelas-jelas ngejiplak ini di awal penayangannya sama sekali gak nyantumin pernyataan apalagi bukti kalo ini adalah adaptasi dari drama YWCFAS, seakan ngeklaim itu adalah drama murni karya sendiri, entah siapa yang bego dalam hal ini, yang jelas seakan-akan yang ngeproduksi sinetron ini nganggap kalo SBS gak bakal nyadar kalo dramanya udah dijiplak, lebih lagi orang Indonesia gak bakal ada yang tau kalau ini drama jiplakan dan mereka akan meraih rating yang tinggi karena ceritanya bagus, dengan kata lain mereka bermaksud mau begoin kita-kita penikmat hiburan tanah air.

Gak sampe di situ, bahkan setelah ditegor dari banyak K-Popers, dan pecinta drama YWCFAS denger-denger pihak sinetron itu, khususnya Fansnya Nikita Willy bersikeras kalo drama itu udah dapat lisensi, walau tanpa bukti yang nyata.

Yang memberikan angin segar bagi gue dan tentunya para pecinta K-Drama, akhirnya pihak SBS negor RCTI karena ternyata emang bener, sinetron ini tayang tanpa ijin dan akhirnya sinetron ini pun berhenti ditayangin *sujud Syukur*. Walaupun di sisi lain sinetron ini cukup MEMPERMALUKAN nama Indonesia, karena sempat jadi World Trending Topic dan masuk Soompi pulak!, namun begitu gue akhirnya merasakan keadilan dunia.  Namun perasaan damai yang berlangsung singkat itu kemudian terenggut kembali manakala, sinetron itu tayang lagi! dan seakan mengejek gue dan menaburkan garam di luka gue *kayak lagu dangdut yak!*, dengan senyum bangga Nikita Willy dan Morgan ngumumin penayangannya kembali dan mamerin lisensinya, yaahh kalo duit udah berbicara SBS pun luluh dengan bujuk rayu RCTI ;(.

Gue nyesel juga sebenernya, waktu sinetron itu kembali tayang gue sempet mindah channel sebentar buat mantengin sejenak, berhubung gue orangnya suka kepo dan sedikit naïf, bisa-bisanya gue kembali berharap setelah ditegor SBS, mereka gak bakal ngejiplak secara semena-mena lagi dan ngembangin cerita yang lebih keren tapi masih nyambung sama judul dan tema alien-aliennya, kayak misalnya Nikita Willy ceritanya meninggal keserempet piring terbang dari planetnya Morgan, trus morgan dijemput paksa oleh pihak kepolisian planetnya karena ternyata dia ternyata melarikan diri dari planetnya, kabur dari jeratan hukum kasusnya buang puntung rokok di bulan, trus peran utama diganti jadi Syahrini dan Marully Tampubolon *Semakin Ancur ceritanya*

Padahal mah kepercayaan ini lagi-lagi dikhianati, plagiat udah kayaknya mendarah daging dan gak bisa dirubah, boro-boro pemainnya bakal diganti dengan aktris dan aktornya yang lebih berkualitas, adegan di dalamnya tetep murni ngejiplak dan dialognya masih tetep dari google translet. Gue nyesel juga udah mantengin sinetron itu dan naikin berapa persen rating sinetron itu, yaa… ini akan jadi penyesalan tiada akhir gue.

Yaa… begitulah menanggapi penayangan kembali sinetron Kau Yang Berasal Dari Bintang. Gue cuma bisa berucap lirih, Inna Lilahi Wainna Ilaihi Rojiuun, sembari beristigfar dengan khusyuk. Cuma bisa berharap kedepannya dunia sinetron Indonesia juga bisa maju dan berkualitas serta diakui dunia
pesan gue buat RCTI dan stasiun TV lainnya, walaupun kemungkinan mereka baca postingan gue ini sangat tipis, gue cuma berpesan jangan Cuma mentingin rating dan keuntungan materi semata dengan melakukan palgiarisme dan pembodohan public.Plis… jangan bodohi kami lagi dengan tayangan-tayangan gak berbobot, terlebih lagi gue gak minta kalian mengharumkan nama Indonesia dengan tayangan yang bisa Go Internasional, tapi plis jangan permaluin bangsa ini di mata dunia, Indonesia sudah cukup kenyang dengan anggapan bangsa lain kalo Indonesia adalah bangsa yang bodoh dan plagiator.

Buat temen-temen penikmat hiburan Indonesia gue ingetin lagi, jadilah penonton yang cerdas dan mampu memilah-milah tontonan, percuma kan cerita sinetronnya bagus tapi hasil karya orang lain? inget! sinetron Indonesia itu mentingin rating dan selera pasar, maka jadilah konsumen dengan selera yamg tinggi dan berkualitas biar industri hiburan juga nyadar diri dan terus melakukan perbaikan kualitas sesuai dengan selera kita.

17 thoughts on “Innalillahi wa inna lillahi rojiuuun… Telah Tayang Kembali Sinetron Kau Yang Berasal Dari Bintang

  1. sumpah ngakak banget liat judul sama artikelnya..
    setuju chingu, aku walaupun ga pernah nonton tv, tp denger cerita dari temen temen udah empet duluan, liat iklannya aja udah males apa lagi nonton filmnya. padahal pas kemaren ditegor sbs udah berharap banget kalo tu film ga dilanjutin

  2. Ngakak bacanya thor, gue setuju sama pendapat author yg bilang sinetron indonesia pelit alias gak kreatif hahaha
    Oh ya thorr lanjutin ff nya dong nunggu banget nih yg ITILYE dan only you to me, di lanjutt ya thor ffnya ya ya ya

    • Iya Chingu… Mumpung beberapa hari ini nganggur aku udah mulai terinspirasi lagi buat lanjutin ITILY di doaian dan tungguin aja ya biar coat klar 🙂

  3. Aigooo akhirnya gua nemuin soulmate gua jga ud teriak2 protes di seluruh jagad dunia maya tpi ap daya ternyata uang mereka lbih banyak dri uang gua (rencana mo gua beli tu lisensi trus gua telen) huhuhuhu ternoda korea gua yg suci n murni

  4. Haahaaahaaa….
    Tulisannya sngt mewakili perasaan n lidah gue..pernh jg siii ngintip diiikiiit versi indonya pas yg keliat adegan morgn sm nikita lg buka2 pintu apartemen gitu…naujubileeee…ntu pintu kalah cakep ame pintu rmh gue gmana caranya pintu begituan bs ada passwordnya…??? ga mau terlibt jauh akhirnya gue mundur tiga langkh balik kanan…kaabuuurrrr…itu baru maslh pintu,gmna yg laen ga sanggup ngebayangin ekpresi ‘soulold’nya kim soo yhun diancur leburkn ama ekpresi morgan yg kl gue bilang jauh dr cool tp kayk anak yg lg ngambek gituu..kl peran song yi mo dibandingkn sm nikita beneran tiada kata yg terucap daah..
    Jd prinsipnya…pliiissss jng rusak imajinasi gue yg indah iniii…tentng oppa alien do min joon shii…

  5. halloow. .hei siss ngaca donk. .qm muslim ngga sech. .film korea di jiplak qm smpai segitux. .ingat siss korea itu negara kafir. .nabi muhammad di kartunin aja diam. . .film negara kafir di jiplak qm sewotx minta ampun. . .tobat dech. . .ngaku muslimah terus mke innalillahi lagi belain film negara kafir. .jngan bawa2 identitas muslim dech klo belain filmx negara kafir gitu

    • santai dong mbak/mas nyaa… dalam agama gue kalau ngelihat musibah itu musti baca innalillahi, dan tuh sinetron musibah banget bagi gue, kata siapa gue diam aja nabi muhammad di kartunin, emang loe tau gue??!!. Kita lagi gak ngebahas masalah agama. beda forum alias gak nyambung! kalo mau bela islam jangan ngebela sinetron Indonesia. Indonesia aja buka negara muslim, tuh… denger sendiri apa kata para pemimpin-pemimpin kita, jadi sinetron indonesia gak ada hubungannya sama islam. Pemeran utama cowoknya juga non muslim, yang punya stasiun TV tempat tuh sinetron juga non muslim, sinetron indonesia jga bukan prodak muslim, tuh sinetron juga gak ada nilai-nilai islaminya! sinetron indonesia dapat rating yang bagus juga gak bikin palestina gak dizalimi lagi sama israel. trus bedanya apa sma drama korea?? atas dasar apa gue harus ngedukung sinetron, yang cuma malu-maluin negara gue???

    • Hahahhaha bukan masalah bangga atau gimana gan… tpi kenyataan nya artis korea emang bener2 punya skill bukan hanya sekedar numpang tenar sesaat dan ngandalin gosip2 yang gag jelas.. dan. urusan mereka oplas mah itu urusan mereka, yang tanggung jawab juga mereka sama Tuhan… lah kok kita yang sibuk. Gue Sebagai penikmat hiburan dan mereka pelakon nya gue rasa kecantikan itu emang perlu… ketika lo liat artis2 ditipi yg cantiknya standar pasti tanpa sadar lo akan bilang ‘ahhh gag cantik biasa aja’ ..atau gue salah??

  6. Hahahhaha bukan masalah bangga atau gimana gan… tpi kenyataan nya artis korea emang bener2 punya skill bukan hanya sekedar numpang tenar sesaat dan ngandalin gosip2 yang gag jelas.. dan. urusan mereka oplas mah itu urusan mereka, yang tanggung jawab juga mereka sama Tuhan… lah kok kita yang sibuk. Gue Sebagai penikmat hiburan dan mereka pelakon nya gue rasa kecantikan itu emang perlu… ketika lo liat artis2 ditipi yg cantiknya standar pasti tanpa sadar lo akan bilang ‘ahhh gag cantik biasa aja’ ..atau gue salah??

    • Ahaha… bner banget chinnn!! Org2 ini kdang mengartikan kegemaran kta sama tyangan luar sebagai ketidak nasionalisme-an. Padahal itu kn bntuk protes kta sma tyangan dlam negeri yg g mutu. Lu klo gk mw pke yg impor2 gk ush pke smart phone skalian

Leave a Reply

