Ketika Idol Jatuh Cinta


Tahun 2009, awal-awal gue mulai jatuh cinta sama dunia K-Pop, gue sangat salut sama kekompakan mereka. Dalam satu grup musik dengan jumlah member yang sangat banyak mereka bisa sekompak itu, walaupun sebenernya gue lupa Indonesia juga punya grup yang terdiri dari banyak member tapi bisa kompak banget, kayak Soneta grup yang berjumlah kalo gak salah 12 orang, atau penyanyi qosidah *abaikan*.

Usut punya usut, ternyata para idol K-Pop itu pake sistem asrama dan trainee atau dilatih dan dibentuk sedari kecil selama bertahun-tahun demi menghasilkan artis-artis yang profesional nan solid.

Gue lebih jatuh cinta lagi setelah tau kalo idol dibentuk untuk tetap menjaga image sesuai dengan keinginan fans, mereka harus punya rasa loyal yang tinggi terhadap fans-fans nya, dan seakan dituntut untuk memuaskan hasrat para fans-fans yang haus akan belaian kasih sayang dan cinta dari pria-pria ganteng nan unyu seperti gue ini kkkk.

Bahkan yang lebih cihui lagi dari idol K-Pop ini, mereka seakan memberikan akses seluas-luasnya kepada seantero fans untuk mengenal lebih dalam dan menjangkau kehidupan mereka, melalui variety show dan media massa lainnya sehingga membuat fans ngerasa sangat dekat dan akrab dengan keseharian mereka, tau segala macam tentang diri mereka hingga membuai fans ke dalam angan-angan dan fatamorgana cintanya, maka terbentuklah sebuah komunitas fans yang sangat loyal dan cinta mati sama mereka. Bahkan yang lebih gila lagi, telah melahirkan segelintir Sesaeng Fans yang terobsesi berlebihan, yang sama sekali belum puas dengan jarak itu sehingga mereka menjelma menjadi penguntit.

image

Hayoo. .. Yang tau nama warung padang favorit gue, tak nikah sirihin!

Namun demikian, sebagai fans yang baik dan mature dari segi usia dan pemikiran *gak labil maksudnya* gue sangat menjunjung tinggi yang namanya privasi idol gue yang di luar dari kerjaan dia sebagai entertainer dan sebagai manusia biasa. Gue tentu sadar mau gimanapun seorang idol tetaplah manusia biasa, seorang idol pasti juga tetep punya privasi yang gak mungkin bisa dijangkau dan diintervensi fans gimanapun caranya. Tiap Individu punya sebuah dinding pembatas yang hanya dia dan Tuhan lah yang mampu menembusnya. Ibarat kata, bahkan orang tua dan keluarga aja gak bisa terlalu ikut campur urusan anaknya, ibarat pacar yang gak baik kalo terlalu posesif sama pacarnya, maka begitu pula fans, terlebih lagi sebagai fans Indonesia, jarak terbentang antara Seoul-Balikpapan tentu aja adalah penghalang terbesar bagi cinta suci nan murni antara gue dan Lee Min Ho, yang bahasa kerennya LDR LDR gitu deeeh *kemudian disiram air cucian piring bekas semur jengkol*.

Salah satu yang privasi idol yang gak bisa fans intervensi seenak jidat tentu aja adalah masalah C.I.N.T.A *duuuh mendadak pengen nyanyi nih gue*. Dulu-dulu sih, entah kenapa mencari tau tentang kisah percintaan idol K-Pop itu kayak mencari jarum ditumpukan jerami *gini deh bahasa orang yang ujian bahasa indonesia nilainya 9,40 #pameer*. Gak kayak artis Indonesia yang malah dengan pedenya mamerin pasangannya, mau itu suaminya orang apa kagak.

Saking susahnya fans-fans nyari  tau tentang percintaan idol ini, banyak fans kurang kerjaan yang mulai nyari-nyari fakta absurd kalo idol yang ini pacaran dengan idol yang ini dengan barang-barang bukti maksa berupa foto-foto dengan pose yang mirip dan barang-barang mereka yang samaan, serta segelintir kesamaan-kesamaan, moment dan fakta-fakta yang menurut gue cuma kebetulan semata *tapi kok gue suka yaa?*, bagi fans-fans yang memiliki mimpi, pandangan, visi dan misi yang sama serta berjiwa organisasi yang tinggi biasanya bakal membentuk sebuah shipper atau perkumpulan pendukung dari pasangan-pasangan idol tertentu, kayak blog shipper favorit gue inih kyuyoungshipperindo.wordpress.com atau yang biasa kita kenal dengan blog nya knight atau para pendukung pasangan Kyuhyun SUJU dan Sooyoung SNSD.
Sementara bagi fans-fans yang suka mengahayal tingkat tinggi *termasuk gueee* bakal meluapkan segala hasrat dan angan-angan mereka melalui sebuah tulisan fiksi yang biasa disebut fanfiction.

Namun seakan menepis segala angan-angan kami para pengkhayal inih, dan membuyarkan segala mimpi indah kami. Tahun 2014, kayaknya adalah tahun ‘Cinta’ dari idol-idol kita dan juga tahun patah hati bagi para fans, sekaligus tahun kejayaan bagi majalah DISPACTH dan SPORTSSEOUL, dimana satu persatu idol kita diintai habis-habisan dan berhasil keGap lagi pacaran di tempat yang sangat tidak keren, Parkiran mobil!! *ini gue rasa agennya dispacth ama sportsseoul adalah tukang parkir deh!*

Yang paling membuat para fans jantungan, tentu aja karena yang keGap pacaran ini rata-rata adalah idol papan atas, bahkan 5 dari 9 uri goddes national group, yakni cewek-cewek dari geng gue di SMP dulu *baca SNSD* telah dinyatakan sah punya pacar!

Awal tahun ini tiba-tiba bumi gonjang ganjing! Dengan berita Yoona pacaran dengan aktor papan atas Lee Seung Gi dan seakan memberikan angin segar bagi para idol lainnya, hubungan Yoo-Seung ini dapat dukungan yang lumayan positif, yaa walaupun gue gak yakin kalo gak ada Ahjussi frustasi plus patah hati yang gak berusaha neguk baygon *kalo aja di korea ada baygon* setelah tau berita ini.

image

     
Gak lama kemudian tersebar pula barang bukti Sooyoung ama aktor Jung Kyung Ho yang ketahuan udah pacaran 2 tahun, dan tentu aja gue dan abang gue *baca Kyuhyun* sangat amat merasa dikhianati, yang bikin gue berteriak pedih dalam hati APA ARTINYA FANFICT GUE SELAMA INIH??.

Hal ini menyadarkan gue, kalo fans emang gak bisa maksain kehendak idolnya harus jatuh cinta dengan orang yang kita pengenin. TAPI ALLAH KAN BISA. *kemudian pada dengan khusyuk ngedoain Soo-Kyung putus*

image

Lalu disusul lagi sama Hyoyeon yang baru ketahuan pacaran sama seorang CEO muda tapi udah putus.

image

Ayuk bang, kita ke parkiran aja!

Seakan gak ada habisnya Dispacth niat banget memporak-porandakan hati fans ababil dengan kembali membeberkan bukti *lagi-lagi poto di parkiran* Tiffany dan Nickhun juga pacaran.

image

Pihak majalah Sportsseoul pun mulai terbakar api persaingan dengan akhirnya membeberkan fakta bahwa Gain BEG pacaran sama aktor pemeran pangeran Shin di Princess Hours yang gue lupa namanya, *googling sendiri yakk*

Kalo gue sendiri sih malah suka-suka aja dengan adanya berita-berita heboh gini, karena akhirnya hasrat kepo gue yang semakin gak terbendung ini akhirnya terpenuhi, yaa walaupun terbesit rasa kecewa mana kala pasangan itu di luar espektasi dan keinginan mulia gue.  Gue malah pengen tereak ONE MORE!! Buat dispacth sama sportsseoul mana kala keduanya ngeledakin satu demi satu bomnya. Terlebih yang bikin rasa Kepo gue semakin kumat, ketika Sportsseoul ngerilis sebuah clue tentang idol mana lagi yang selanjutnya akan jadi korban ‘Pembongkaran’ kali ini dengan clue 4 gambar bibir yang bikin mata gue melek karena bibir-bibir itu bener-bener gak asing bagi gue, bagi yang belom liat gambarnya, nih gue kasi

image

BIBIR SIAPAKAH GERANGAN?

Menurut banyak orang di forum allkpop sih itu, yang paling atas mirip bibirnya EXO Suho dan bibir paling bawah mirip banget sama bibirnya SNSD Seohyun, gue sih 90% percaya karena gue emang sangat familiar dengan foto Seo yang mirip bibir diatas dan paling gak asing sama senyumnya Suho yang emang mirip banget sama bibir paling atas, yang jadi pertanyaan siapakah pasangan mereka? Kalo gue sih berharap amat sangat kalo Seo jalannya sama Yo~ong oppa #Aamiiin.

Namun seakan semua itu hanyalah bualan dan rekaan belaka, segala pertanyaan-pertanyaan di otak gue sampe sekarang gak terjawab juga oleh Sportsseoul. Tapi malah berita yang lebih Bombastis dari Dispacth pun muncul ke permukaan!! Setelah 4 member dari SNSD kebongkar, kali ini giliran sang leader yakni Taeyeon SNSD! Berita ini lebih fantastis, bombastis serta menggelegar karena pacar sang leader imut tak lain dan tak bukan adalah BAEKHYUN EXO yang gak kalah imutnya.

image

Sayang, Luas mana hati kamu ama parkiran inih?

Reaksi gue sih cukup santai dalam menghadapi kenyataan ini. Selain lagi-lagi karena gue menghargai privasi idol gue, gue sih seneng-seneng aja Taeyeon sama Baekhyun. Sebagai fans dari kubu Taeyeon Eonnie, gue ridho-ridho aja dia pacaran sama brondong aje gile macam Baekhyun. Baekhyun itu baek-baek aja kan yah? Dia bukan alien yang 3 bulan lagi mau pulkam ke planetnya kan? Baekki bukan cewek yang sengaja pangkas pendek rambutnya buat nyamar jadi cowok kan yah? Atau Dia bukan ketua geng cabe-cabean kan?? Ya udah sih sah-sah aja *ini gue ngomong apa??* maksud gue adalah, mereka cocok aja pacaran, Baekhyun cowok cukup umur yang masih single, mereka sama-sama populer, sama-sama imut, sama-sama punya suara bagus dan sama-sama artis SM, yaa berhubung gue SM Stan, dan yang terpenting sama-sama manusia yang membutuhkan belaiam kasih sayang dari manusia lainnya.

Meskipun gak menampik gue sebenernya rada kaget juga, Taeyeon SNSD ama Baekhyun EXO?? Baekhyun boookkk!! Brondong kelas kakap yang lagi heboh digila-gilainnya sama para remaja ababil!! Yaa.. Yang selama ini kita tau kan SNSD itu pasangannya Super Junior kan yah? Taeyeon itu pasangannya Leeteuk kan yah? Kenapa jadi brondong EXO sih? kan ngagetin juga! Cuma kembali lagi, restu gue akan selalu mengalir deras selagi yang dipacarin itu masih lawan jenis, cukup umur dan masih single.

Tapi kemudian gue mendadak jadi gak nyantai, emosi gue mulai tersulut!! Jiwa gue mulai digoncang prahara! Ketika melihat berbagai pemberitaan gonjang-ganjing reaksi Fans terhadap kencan Baekyeon inih! Sejauh ini sih fans SNSD nyantai-nyantai aja, laah ibarat kate udah blenger sama berita kencan para member yang satu persatu terkuak, tapi yang kacau adalah fans ababilnya EXO. Ketidak-setujuan banyak fans terhadap hubungan mereka ini seakan memberikan efek domino, bahkan berimbas ke EXO. Penayangan Baekhyun di roommate ditunda, musikalnya juga katanya mau ditunda, katanya mau ada Black Ocean di penampilan solo Baekhyun di konser EXO, bahkan yang lebih lebay lagi hampir 200 ribu fans EXO di Fan Cafe berkurang, duuuh ini gue bener-bener gak ngerti, kenapa pacaran jadi lebih membuat fans berduka ketimbang tenggelamnya feri Seol yah? Ini dunia K-Pop apa pesantren sih?

Berbagai komen negatif kian bermunculan di kalangan fans, bahkan gue udah pengen nangis guling-guling aja liat berita yang katanya Baekhyun yang jadi MC di Mubank malah diteriakin ‘Pengkhianat’ ama fans-fans itu. Terakhir di IG nya Taeyeon gue nemu komentar-komentar cercaan yang menggugah jiwa kepahlawanan gue. Duuuhh… Seandainya saat ini gue ada di sisi Baekhyun, akan gue berikan pundak empuk gue ini untuk dia sandari. Dan seandainya aja gue bisa ada di sisi Taeyeon Eonnie,  bakal gue ajak dia cuci piring bekas sambel terasi cocolan lele penyet di warung Cobek langganan gue, terus air bekas cuci piring itu, gue pake buat nyiramin mukanya fans ababil ituh!

Yang paling bikin gue jadi pengen nendang dispenser yang gue beli dari duit beasiswa ini adalah pas ngeliat komen-komen di Koreanindo.net, tentang 200.000 Fans Meninggalkan Fancafe EXO dari labil Fans yang kata gue gak kunjung sadar akan posisi dia.

winonasita
21 June 2014
10:44 am
Ntah kenapa seneng aja gitu ngebacanya>.< Uda ikhlas sih
tpi masih patah hati aja klo ngebaca berita terkait L baekyeon
-_- Sekalian aja semua penggemarnya ninggalin:) bubar deh exo #patah hati berat

Terus ada yang bales

12buhe
21 June 2014
10:47 am
setuju banget~
biar kapok lagian baru dua
taun udah sok-sok an go public
gayanya kaya udah terkenal slma
10 tahn pdhl ya mash 2 taun huh
gini biar tau rasaaaa udah exo ganti sm rookies aja apa baekhyun
di ganti sklian gitu sm ten smrooki
koreanindo.net/2014/06/21/hampir-200000-penggemar-tinggalkan-fan-cafe-exo/#comments

Duh Gustiiii….!! Ini kenapa mendadak gue jadi pengen nge-ruqiah orang yak? Liat komen ini gue bersyukur banget adek gue cuma suka nonton GGS, daripada jiwa suci putihnya harus ternodai dan menjelma menjadi fans norak macam ini!

Yaahh… Gue sebenernya lebih ke prihatin aja sih, I mean… Mungkin mereka belum dewasa dan belum mengerti arti hidup yang sebenernya *Saddaap*. Yang gue gak ngerti, kenapa yang berpikiran picik kayak gini adalah para generasi muda Indonesia sih??!! Kenapa juga mereka harus ikut-ikutan punya mindset Fantasy mendalam macam inih??

Maksud gue adalah, yang gue tau satu-satunya fans posesif macam ini hanyalah Korean fans, sejarah mencatat udah berapa idol yang jadi korban keganasan Korean fans hanya karena Idol tersebut pacaran bahkan cuma deket sama lawan jenis, dan biasanya yang bakal jadi objek penderita paling tragis adalah pihak cewek. Udah berapa banyak penghinaan dan antis yang dituai SNSD sejak debut hingga bisa sukses hanya karena mereka deket sama sunbae-sunbae mereka yang selalu menjadi impian para wanita itu?? Kasusnya Jonghyun Shinee yang kegap pacaran sama Shin Se Kyung, sampe Jonghyun mesti merendahkan diri minta maaf sama fans-fansnya dan akhirnya putus, terus Eunhyuk-IU yang di rumourin pacaran lengkap dengan bukti foto-foto, dan itu sukses membuat IU jadi panen antis bahkan sampe merambah ke masa lalu IU yang kelam. Dan sekarang mahkota derita itu kini berpindah ke Taeyeon Eonnie.

Tentu aja gue sama sekali gak membenarkan tindakan fans kayak gitu. Sungguh aneh melihat fans-fans yang merasa dirinya memiliki idolnya sepenuhnya, dan menganggap Dating itu adalah sebuah kriminalitas besar, pengkhianatan tak termaafkan, dan perselingkuhan menyakitkan, serta penjajahan tiada akhir,  yang harus diperangi sampe titik darah penghabisan!! Seakan kalo idol nya dating, maka mereka akan kehilangan hal terbesar dalam hidup mereka, dan dunia mereka akan segera berakhir! dajjal segera telah turun di muka bumi ini! malaikat isrofil udah ngambil ancang-ancang meniupkan sangkakalanya! *duuuh alay lebay pisan euy*

Tapi gue gak bisa terlalu  menyalahkan ke-lebay-an fans korea tersebut karena ke-lebay-an mereka dalam menanggapi idolnya pacaran sebanding dengan kelebayan mereka mengorbankan segala yang mereka punya demi idol tercinta mereka, beli kaset bisa sampe 5 biji, segala tentang idol mereka mati-matian harus didapatin, pokoknya separuh dari jiwa mereka telah tenggelam ke dalam samudra cinta sang idol, tanpa mereka sadari bahwa yang mereka sukai, gak mungkin mereka miliki seutuhnya, idol mereka juga manusia biasa bukan Robot kabutaku!!

Yang gue gak ngerti lagi, kenapa internasional fans juga jadi ikut-ikutan lebay kayak Korean fans?? TERMASUK FANS INDONESIA. Yang gue tau, orang Indonesia itu tipe orang yang bahagia saat artis idola mereka bahagia, bahkan waktu Raffi-Yuni pacaran aja masih banyak yang tetep dukung, sampe ada fans khususnya segala.

Terus kenapa kita mesti ikut-ikutan fans Korea yang seenak jidat menghakimi Idolanya sendiri yang cuma mengejar kebahagiaannya? Di sini bukan gue membenarkan pacaran idol dalam prinsip gue pribadi, karena sejatinya gue adalah seorang muslimah yang menjadikan K-Pop sebagai sarana hiburan semata, tentu aja dalam ajaran agama gue gak ada yang namanya pacaran, yang ada hanyalah taaruf.

Hanya saja gue disini memandang dari segi posisi idol itu sendiri dan psikis para fans yang menurut gue udah melampaui batas kemanusiaan. Mereka tentu cuma mengenal yang namanya pacaran sebagai sarana mendekatkan diri dan menyalurkan cinta kepada lawan jenis, dan gue rasa semua fans K-Pop juga gak akan melihat dari prinsip pribadinya dia.

Maka di sini, gue menilai betapa egois dan anehnya seorang fans yang cinta berlebihan terhadap idolanya bahkan ngelarang idolnya untuk pacaran. C’mon Guys… Open your Eyes, Open your Mind, Open your heart! WAKE UP!! Mau gimanapun caranya, idol gak akan pernah bisa loe milikin seutuhnya, *ya paling banter loe cuma bisa milikin kasetnya plus nonton konsernya doang*. Masalahnya idol bukanlah Boneka Teddy Bear yang dibuat dalam rangkap yang banyak dan setiap orang dapat memilikinya satu-satu dan bisa langsung dibawa pulang, idol itu mahluk limited edition yang hanya akan ada satu di muka bumi ini dan hanya akan ada satu orang yang bisa memilikinya, dan orang itu sudah pasti punya akses besar untuk memilikinya. Percayalah!! kalo mereka pacaran atau nikah sekalipun, gak akan ada ruginya juga bagi fans! *dengan catatan loe sebatas suka sama idol loe dari karya-karyanya dan dari penampilannya*

Pahamilah! Mahluk hidup selalu punya insting untuk melestarikan keturunan, termasuk juga manusia sebagai sarananya adalah C.I.N.T.A, gak terkecuali seorang idol, mau dia masih muda ataupun yang sudah tua. Baekhyun hanyalah salah satu dari ribuan cowok normal yang tergoda dengan kecantikan seorang Taeyeon SNSD,,, dan apalah daya seorang pria unyu seperti Baekki yang mendapatkan sambutan belaian kasih sayang dari Taengoo? *dooohh jadi puitis ya gue*.

Terlebih lagi gue ingetin sama yang suka ngecouplein bromence Baekhyun dengan sesama cowok, bagi yang ngatain EXO adalah kumpulan pria homo. Loe liat!! sekarang Baekki berhasil membuktikan, dia cowok normal, dia punya ‘PISANG’!! Inget itu!!

Advertisements

3 thoughts on “Ketika Idol Jatuh Cinta

  1. hahahaha, sumpah ngakak banget eonni baca postingannya
    akhirnya masih ada orang waras yang bisa ngeposting kayak gini
    semoga fans fans ababil itu pada sadar semua ya eon, amiiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s