Teori-teori Tentang Jodoh


gambar-dp-bbm-islami-tentang-jodoh

Pernah gak ada satu fase dalam hidup loe, loe mulai sibuk mempertanyakan eksistensi jodoh loe? Loe pun mulai galau karena pengeran ber-laborgini putih loe yang entah mogok dimana kagak muncul-muncul menjemput loe? Bahkan dalam taraf yang sudah akut loe akan mulai ngerasa bahwa kisah cinta loe akan berakhir manis kayak kisah-kisah dalam drama korea, FTV-FTV SCTV, ataupun dongeng dalam film-film disney. Misalnya aja, suatu ketika loe masuk ke dalam lif terus secara kebetulan loe ketemu sama sesosok cowok yang loe banget, dengan wajah yang dikalem-kalemin, batin loe pun mulai jejeritan histeris dan berdialog dalam hati ‘kau kah itu?’, lif pun kerasa berjalan dengan lambatnya kayak adegan slow motion dalam fim MATRIX dan kemudian loe pun mulai berimajinasi yang enggak-enggak, kalau aja tiba-tiba lif yang kalian masukin itu rusak dan mendadak sinyal hilang, kalian berduapun gak punya pilihan lain dan kejebak semalaman di dalam lif, singkat cerita mau gak mau terjadi interaksi di dalam lif, kalian pun mulai akrab dan akhirnyaa…. ya! loe bisa bayangin sendiri.

Atau pas loe lagi naik angkot dan ketemu sama seorang cowok kece *namun kere* yang menyilaukan mata hati loe. Loe pun mulai kepikiran buat jatohin dan ninggalin HP loe di dalam angkot, berharap si cowok kece yang keliatannya jujur nan berbudi luhur itu  bakal nemuin HP loe, nyari alamat loe dan balikin HP loe, kejadian itupun menjadi awal perjalanan cinta loe yang romantis. Atau halusinasi yang lebih gila lagi, loe mulai menerka-nerka bahwa abang-abang pedagang opak di lampu merah yang tiap harinya nawarin loe dagangannya adalah anak orang kaya yang nyamar karena naksir berat sama loe alias penggemar rahasia loe dan mengamati loe dalam diam.

Jadi pertanyaannya pernah gak loe ngalamin hal autis macam di atas? Pernah gak loe? Pernah kan?! Yaa… gue yakin kalian pasti pernah, ngaku aja loe! gak mungkin cuma gue kan yang ngalamin hal-hal diatas? This is normal right? Yaa… kalaupun loe pade gak pernah ngalamin masalah psikis di atas, gue rasa loe yang gak normal *semacam pembelaan diri*, hanya ada dua kemungkinan kenapa loe gak mengalami hal-hal miris macam diatas, yang pertama mungkin karena loe belom cukup umur dan belom memahami arti dan tujuan hidup loe yang sesungguhnya. Yang kedua, mungkin loe adalah mahluk beruntung yang keburu laku dan gak pernah ngalamin masa-masa ngenes sebagai seorang jomblo, single. Yaa… ini bukan karena gue terlalu lebay dalam menyikapi kejombloan gue, masalahnya kita hidup di jaman dimana Jomblo menjadi bahan bullyan yang paling mengenaskan, penindasan terhadap kaum Jomblo gak ubahnya seperti penindasan rasisme kaum kulit putih terhadap kaum hitam, yang pada intinya Jomblo berada di tingkatan terendah kasta manusia abad ini, jadi gue sebenernya rada gak setuju sama lagunya Opie Andaresta yang berjudul ‘single happy‘ walaupun gue tau, maksud itu lagu bagus banget, semata untuk menghibur.

Gambar-Lucu-Jomblo

Kami sebagai kaum jomblo lajang sudah merasakan sendiri beban penindasan itu dari setiap sisi dan lini kehidupan, di dunia maya gak perlu ditanya, gak terhitung banyaknya meme bullyab terhadap kaum jomblo, jomblo bener-bener menjadi lambang kefakiran yang paling halal untuk ditindas, dalam pergaulan kami biasanya menghindari atau minimal harus berpikir panjang dan mempersiapkan mental untuk menghadapi reunian atau acara kondangan teman seangkatan dimana kami harus bertemu dengan lebih banyak orang karena teman-teman seangkatan yang dulunya bareng kami kemana-mana sekarang udah pada bawa pasangan dan buntut, hingga yang tersisa cuma kami para jones yang dateng bareng teman sesama jones, *gue sebut kami, supaya gue kesannya ada temen*. Bahkan dalam keluarga yang sangat kami harapkan bisa men-support kami malah lebih menyakitkan, selain reunian acara keluarga menjadi moment yang paling kami hindari, karena di sanalah para jones dibikin frustasi tingkat skripsi dengan diberondongi pertanyaan yang sangat monoton tapi nyesek yakni ‘Kapan acaranya?’, ‘mana pacarnya kok gak dibawa?’, atau pertanyaan pamungkasnya adalah ‘kapan kawin?’ yang kalo gak dijawab dengan lugas, semacam cari mati karena akibatnya bakal lebih barabe karena gue bakal langsung dapat hadiah jackpot dengan kandidat rekomendasi cowok yang bakal dijodohin, sepupu sendiri pulak *maklum budaya orang bugis*. Yaa… selain pengen melakukan pembenaran terhadap gejala autis gue, sekalian ini emang semacam ajang curhat sih, hohoho.

Tapi menyangkut soal jodoh, kisah cinta di dunia realitas memang gak bakal se-dramatis dan se-romantis kayak kisah cinta yang ada dalam drama korea, atau se-happy ending FTV-FTV SCTV, apalagi se-bullsh*t dongeng ala disney yang selalu happy ending ever after. Tapi sebagai sutradara realita yang paling handal di antara segala yang handal, Allah telah menciptakan setiap kisah cinta setiap miliaran manusia dan jutaan pasangan di dunia dengan alur dan settingan yang berbeda-beda dan ajaibnya semuanya akan terasa jauh lebih indah dibandingkan melihat sebuah tayangan drama bagi setiap orang yang mengalaminya. Dan sebagai manusia biasa, sejatinya masalah jodoh adalah misteri yang gak bakal pernah dipecahkan bahkan oleh peramal seahli apapun, dengan siapa, dimana, kapan dan bagaimana pertemuan itu, gak akan pernah ada yang menduganya.

Meski begitu gue adalah tipe orang yang percaya sama lagunya Afgan bahwa 🎵Jodoh pasti beertemu🎵. Tentu aja, kepercayaan gue ini bukan cuma sekedar menghibur diri semata *sekalian sih*. Tapi kepercayaan gue didukung dengan dalil dan teori yang jelas adanya dapat dibuktikan secara empiris dan pragmatis *apalah!*. Untuk itu, izinkanlah gue disini untuk mengelaborasikan tentang teori-teori jodoh yang udah gue pelajarin semenjak seperempat abad ini malang melintang di dunia fana ini;

– Setiap Mahluk diciptakan Berpasangan

Berpasang-pasangan Dalam Penciptaan

“Dan diantara tanda-tanda kekuasaanNya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikanNya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir” (Ar-Ruum 21)

Ini ayat yang sering dicantumin diundangan pernikahan

Maha Suci Tuhan yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui.” (Al Qur`an, 36:36)

“Dan segala sesuatu kami jadikan berpasang-pasangan, supaya kamu mengingat kebesaran Allah” (Adz Dzariyaat
49)

Nah Tuh!! Allah, melalui kalam-Nya sudah memastikan bahwa setiap mahluk sudah diciptakan berpasangan, dengan kata lain berpasangan merupakan naluri alami dan fitrah setiap mahluk, seperti hujan dengan bumi yang walau turun dari langit yang nun jauh disana hujan gak pernah kemana-mana dan jatuhnya tetap ke bumi, sapi betina dengan sapi jantan, benang sari dengan putik bunga, panci dengan tutup pancinya, bahkan pintu wc dengan gembok wc nya, semuanya tercipta untuk saling berpasangan dan melengkapi, bahkan gak ada mahluk yang utuh tanpa pasangannya, bumi akan kekeringan dan tandus jika tanpa air hujan begitu juga hujan gak akan punya arah dan tujuan selain jatuh ke bumi, kita gak bakal pernah melihat keindahan bunga kalau aja putik benang sarinya gak bersatu, makanan di dalam panci pun akan terkontaminasi dan cepat basi tanpa tutup panci yang pas, bahkan pintu wc pun akan selalu kebuka dan mengeluarkan pesingnya tanpa adanya gembok WC dan sang gembok WC pun akan kehilangan jati dirinya dan tanda pengenalnya tanpa pintu WC *Apasih.

Apalagi manusia yang udah ditakdirkan untuk berpasangan lengkap dengan rasa kasih sayang dan cintanya. Maka seorang manusia pun gak akan utuh sebagai manusia tanpa pasangannya, bahkan dalam islam dikatakan seorang muslim belumlah sempurna agamanya kalo belom punya pasangan alias menikah. Kesimpulan penting pada poin ini adalah, ternyata pasangan paling romantis itu adalah pintu wc dengan gemboknya, eehmh…! maksud gue adalah, pada poin ini jomblo lagi-lagi terpojokkan, dan kali ini gue gak bisa melakukan pembelaan diri, karena sejatinya gue yang notabene adalah seonggok jomblo ini belomlah utuh sebagai manusia saudara-saudara! Gue mungkin masih sebangsa sama Renesmee di Breaking Down yang cuma setengah manusia. *halah*

Teori Tulang Rusuk

حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ وَمُوسَى بْنُ حِزَامٍ قَالَا حَدَّثَنَا حُسَيْنُ بْنُ عَلِيٍّ عَنْ زَائِدَةَ عَنْ مَيْسَرَةَ الْأَشْجَعِيِّ عَنْ أَبِي حَازِمٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اسْتَوْصُوا بِالنِّسَاءِ فَإِنَّ الْمَرْأَةَ خُلِقَتْ مِنْ ضِلَعٍ وَإِنَّ أَعْوَجَ شَيْءٍ فِي الضِّلَعِ أَعْلَاهُ فَإِنْ ذَهَبْتَ تُقِيمُهُ كَسَرْتَهُ وَإِنْ تَرَكْتَهُ لَمْ يَزَلْ أَعْوَجَ فَاسْتَوْصُوا بِالنِّسَاءِ

“ Saling berpesanlah kalian (bermakna: tawasau) untuk berbuat baik kepada kaum perempuan, karena perempuan diciptakan dari tulang rusuk dan bagian tulang rusuk yang paling bengkok adalah bagian paling atas. Maka jika kamu berusaha untuk meluruskannya, kamu akan mematahkannya, dan jika kamu membiarkan sebagaimana adanya maka ia akan tetap dalam keadaan bengkok. Maka saling berpesanlah kalian untuk berbuat baik kepada kaum perempuan.” HR. Bukhari 3084

Jauh melebihi teori Big Bang atau teori Abiogenesis, teori tulang rusuk kayaknya jauh lebih melegenda dan paling terkenal di Indonesia. Gimana gak? siapa yang peduli dengan teori Big Bang yang menjelaskan bahwa dulunya semesta alam merupakan sesuatu yang satu padu namun terjadi sebuah ledakan dahsyat yang kemudian memisahkan semesta menjadi kepingan-kepingan kecil hingga membentuk tata surya? sebodo amat sama teori abiogenesis yang meneliti bahwa mahluk hidup berasal dari benda mati, kalau ada teori yang lebih keren, lebih menarik dan menggelitik bernama teori Tulang Rusuk?

Teori ini percaya bahwa konon wanita pertama di muka bumi ini yakni neneknya seluruh ummat manusia, Siti Hawa berasal dari tulang rusuk suaminya Nabi Adam AS dan khusus untuk kaum muslimin harusnya percaya akan teori ini karena sudah ada dalil shahehnya. Dengan adanya teori ini maka kita bisa percaya bahwa implemetasi legenda itu terhadap kita sebagai anak cucu Adam berarti setiap cowok di muka bumi ini udah menyumbangkam salah satu tulang rusuknya sebagai bagian dari penciptaan cewek yang bakal jadi pendampingnya kelak *duileh!*

“Apa yang menimpamu tidak akan meleset darimu dan apa yang meleset darimu tidak akan menimpamu.”Diriwayatkan oleh Abu Dawud, Ibnu Majah dan Ahmad.

Dan sampailah kita kepada sebuah kesimpulan bahwa tulang rusuk bakal selalu kembali kepada pemiliknya dan gak bakal pernah salah alamat, chikichiuuw!! Jadi, mau seberapa sayangpun loe sama seseorang, seberapa besar hasrat loe untuk memilikinya, seberapa cocok dan serasinya loe sama doi, dan seberapa keras pun loe berusaha buat ngedapatin dia, kalo dia bukan tulang rusuk atau dia bukan penyumbang tulang rusuk sebagai bagian dari penciptaan loe, maka bisa dipastikan dia gak bakal jadi sama loe.

Terimprint

Dari sekian banyak hukum realitas bullsh*t yang ada dalam film Twilight Saga yang menimbulkan jiwa sinis bin sarkastik gue, entah kenapa gue paling tertarik dan paling percaya sama teori yang dinamakan Imprint

Imprint sendiri adalah sebuah istilah bagi para kawanan serigala hot berperut kotak-kotak dalam film twilight yang ketika salah satu dari kawanan serigala tersebut ketemu sama jodohnya dan menatap matanya bakal mendadak mendapatkan wahyu dan secara otomatis tervisualisasikan secara jelas dan nyata tentang kehidupan mereka bersama kelak, semacam I see my future in your eyes gitu deh!. Kayak kisahnya Jacob sang manusia serigala yang mendadak terimprint ketika menatap mata Renesme yang masih bayi.

image
Kalo terimprint sama yang beginian mah, adek ikhlas Bang!

Bayangin kalo Imprint ala twilight itu bener-bener ada dan terjadi di kehidupan nyata! mungkin gak bakal ada yang namanya pacaran, mungkin ada juga yang bakal frustasi karena harus menerima kenyataan bahwa jodohnya gak sesuai ekspektasi.

*ilustrasi
image
Kalo tragedi semacam ini yang terjadi, apa yang akan anda lakukan? 😂

Ya… tentu saja secara realitas, jangan harap loe bakal mengalami hal ajaib semacam Jacob yang terimprint sama Renesme hanya dengan menatap matanya, tapi bukan berarti juga Imprint gak benar-benar ada di dalam kehidupan nyata lho!.

Meskipun gak bakal seekstrim dalam Film, imprint sejatinya nyata dan pernah dialami oleh setiap pasangan yang langsung ngerasa klik pada pertemuan pertama atau semacam love at the first sight, dan gue yakin *meskipun belum pernah ngerasain* bahwa sebenernya setiap orang bakal terimprint saat bertemu jodohnya sadar atau tanpa sadar.

Dari informasi yang gue dapat dari salah satu drama medis korea, yang dibintangi sama kembaran gue Sooyoung SNSD *halah! Bahwasanya setiap anggota dan organ tubuh selain otakpun menyimpan memorinya masing-masing, jadi kayak misalnya transplantasi jantung, si penerima akan ngerasain reaksi dan detak jantung yang berbeda ketika melihat orang-orang yang familiar dari sang pendonor, meski mereka gak pernah bertemu sebelumnya.

Jadi kalo dikaitkan dengan teori tulang rusuk tadi, maka masuk akal sekali ketika pemilik tulang rusuk akan ngerasa familiar dan ada koneksi dengan tulang rusuknya begitu pula sebaliknya ketika bertemu pertama kali, meskipun ada yang kentara ada juga yang gak kentara, ini jelas semacam Imprint di kehidupan nyata.

Your ‘Jodoh’ is What You Are
image

“Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula)” (An-Nur 26)

Kalo selama ini kita mengenal istilah ‘you are what you eat’ maka please welcome sama istilah baru gue your ‘jodoh’ is what you are. Yepp! sesuai janji Allah, bahwasanya cewek yang baik sudah ditakdirkan hanya untuk cowok yang baik, begitu pula sebaliknya. So… sebenarnya bagi gue pacaran terlalu gak penting untuk dijalanin apalagi selama bertahun-tahun, kalo akhirnya kemudian harus putus, move on, cari yang lain lagi, terus jadian lagi, dan seterusnya, kalo kayak gitu buat apa?! apakah atas nama mencari yang terbaik? Emang loe yakin loe udah baik sehingga pantas mendapatkan yang baik? Loe fokus mencari yang terbaik, tapi loe sendiri gak berusaha untuk memperbaiki dan memantaskan diri, buat apa?. Sebenernya cara terbaik yang  bisa kita lakukan untuk mendapatkan imam atau pendamping yang terbaik tidak lain dan tidak bukan adalah dengan memperbaiki diri. Karena kecil kemungkinan loe bakal dapat cowok pemabuk kalo loe gak pernah ke club malam, dan loe gak bakal pernah dapat cowok alim kalo loe gak pernah nongkrong di majelis taklim, dan percayalah kehidupan nyata gak sama kayak FTV-FTV di Indosiar yang istrinya alim dan taat beribadah tapi punya suami pemabuk, tukang selingkuh atau pelaku syirik, yaa… kecuali istrinya baru tobat setelah menikah sama suaminya. Dan percayalah, bahwa cowok yang merasa dirinya gak bener bakal mikir dua kali untuk mendekati cewek berhijab dan kelihatan alim, gue udah ngalamin itu sendiri berkali-kali.

Yaa.. gue sih gak menutup kemungkinan lain bahwa di luar sana ada pasangan yang saling bertolak belakang, tapi satu hal yang harus kita yakini bahwa Allah gak pernah menyia-nyiakan usaha mahluknya untuk menjadi yang lebih baik. Seorang berjilbab namun kelakuannya masih gak bener tetep akan diperhitungkan amalan berjilbabnya walau disisi lain dosanya pun tetep diperhitungkan, jadi agak aneh sebenernya kalo seseorang yang ingin melakukan pembenaran terhadap dirinya yang belum berjilbab dengan alasan melihat cewek berjilbab yang masih ngelakuin sesuatu yang gak bener dan malah dikatain ‘percuma berjilbab’, padahal bukan dia yang menilai dan menghakimi amalan manusia mana yang sia-sia dan mana yang terus diperhitungkan, seenggaknya yang berjilbab itu masih mencetak amalan berjilbabnya, daripada sudah berbuat dosa tapi juga gak dapat amalan apapun. Intinya mah, gak bakal ada yang perlu dikhawatirin, selama loe masih berusaha untuk menjadi yang lebih baik serta berpegang teguh, percaya dan berbaik sangka sama Allah SWT.

Dp Bbm Jodoh Pasti Bertemu

Dann… sampailah kita kepada sebuah kesimpulan, bahwa Jodoh tetaplah misteri Sang Pencipta yang gak bakal pernah bisa loe prediksi dan analisis seberapa keras pun usaha loe untuk menelitinya kayak para ilmuan jaman dulu. Namun satu hal yang wajib loe yakini bahwa jauh sebelum manusia dilahirkan di muka bumi ini, nama Loe gak tercetak sendirian, nama loe sudah tertulis berdampingan dengan nama seseorang yang kelak akan menemani perjalanan loe dunia akhirat  dan tinta itupun telah mengering hingga gak bakal ada yang bisa menghapusnya, di kitabNya yang abadi Lauhul Mahfuz.

Soal dengan siapa, kapan dan bagaimana, biarkan sutradara kehidupan yang mengaturnya. Soo… hanya perlu menunggu dengan sabar dan terus memperbaiki diri, melakukan amalan-amalan yang disunnahkan seperti puasa dan sedekah lebih baik lagi, sambil ngayal-ngayal dikit juga bisa, wkwkwk.

Dan sebenernya kami para Jomblo yang belum ada bayangan jodoh malah lebih beruntung loh!, *Yess! karena kami masih bebas berimajinasi berjodoh dengan siapa dan pertemuannya kayak apa sesuka hati kami, mana tau kan kalo ternyata, jodoh kami lama diketemuinnya karena dia lagi masih sibuk ngurus tesis Masternya di luar negeri atau sibuk bangun rumah mewah tempat keluarga kecil kami bernaung, *duileh. Mana tau kalau ternyata jodoh salah satu diantara stock Jomblo di dunia ini, tidak lain adalah Lee Min Ho yang tiba-tiba dapat wahyu, dia tiba-tiba ilfeel sama Suzy dan masuk islam dan entah gimana caranya berjodoh sama… gue misalnya, who knows? Iya kan? *mulai kumat*. Yaa… pokoknya intinya mah, menunggu Jodoh  itu gak perlu muluk-muluk, gak mesti mempercantik diri dulu, sulam alis atau keriting bulu mata dulu, cuma butuh kesabaran sambil terus memperbaiki diri dan yang terpenting berdoa, hingga pertemuan itu tiba dengan indahnya, chikiciuww! 

Advertisements

5 thoughts on “Teori-teori Tentang Jodoh

  1. Yes!!
    Gue dukung opini diatas, secara, gue juga jomblo yang udah ditanyain sana-sini ‘kapan nikah?’
    dari temen smp, sma, ortu temen, sampe yang paling ‘nyess’ itu ditanyain nikah sama orang yang kebetulan duduk disebelah gue pas naik bus. Mana cowo pula.
    Padahal kalo kata gue mah umur 22 menjelang 23 kaya gue itu masih muda deh, kenapa seolah kalo gue g secepatnya dapet jodoh itu artinya bentar lagi mau kiamat.(gue jadi curhat

  2. aah.. nemu yang senasib lagi. kita ga jomblo kok, kita lagi LDRan sama pemilik tulang rusuk *eh?*.. ngomong-ngomong, salam kenal ya.. aku baru nyasar disini *?*, nama ID yasminh, 93line. kita seumuran yak? hoho. ternyata ga aku doang yang dapet pertanyaan sejenis ‘kapan kawin?’, huu… santai dah, banyak artis di korea sana yang jomblo kok di usia deket kepala tiga. siapa tau ntar choi minho masuk islam dan jodoh aku *delulu mode on*, hahah… sekali lagi salam kenal. tetep woles, semangat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s