Drama Korea Vs Drama India


image

Bisa dibilang gue ini pecinta Korean Drama kelas kakap, tentu saja banyak hal yang menjadi bukti kecintaan gue terhadap Korean Drama. Salah satu pencapaian dalam karir sebagai penggila drama tingkat kabupaten yang sudah pernah gue raih adalah gue pernah begadang sampe jam 4 subuh demi maraton ngabisin 16 episode Heart String hanya dalam waktu dua hari. #Ituwowya?

Dengan kecintaan gue yang sebegitu mendalamnya sama drama Korea, maka kayaknya kecil kemungkinan gue bakal berpaling ke yang lain, orang-orang normal pada umumnya cuma akan menganut satu aliran berdasarkan selera, mentok-mentok yang suka K-Pop, juga suka sama J-Pop yang sepintas mirip-mirip wae.

Namun tidak demikian dengan gue yang sangat amat multitaste dan penggila Romantic Story garis radikal inih. Sebenarnya gue bingung siapa yang diselingkuhi dan yang jadi selingkuhan dalam hal ini, karena jauh sebelum gue mengenal yang namanya K-Drama dan jatuh begitu dalam akan pesona kasih So Ji Sub Ahjussi, gue sudah terlanjur jatuh hati duluan kepada Om Amir Khan di film Mann, dan walaupun pada perkembangannya Si Om sedikit tercampakkan dan posisinya mulai tergantikan oleh Jang Dong Gun Ahjussi di Drama ‘All About Eve’, namun sejatinya Bollywood gak pernah benar-benar hilang dari dalam hati sanubari gue meskipun kadang-kadang gue membohongi hati nurani gue karena gengsi untuk mengakuinya.

Dan pesona Harshad Arora di serial Beintehaa akhir-akhir ini cukup mengganggu tidur gue, dia mulai masuk ke mimpi-mimpi gue, ya Allah pertanda apakah inih?, intinya Harshad Arora sudah berhasil kembali membangkitkan kecintaan dan gairah gue terhadap bollywood yang telah lama mati *hallah, gue sudah jatuh terlalu dalam ke lautan tatapan si Bewok Harshad, efeknya pun sudah mulai keliatan, gue sudah berani menunda-nunda downloadan She Was Pretty episode 12 dan 13, karena sibuk nonton streaming serial Beintehaa yang tanpa subtitle itu. Akibatnya, terjadi pertempuran besar antara Harshad Arora dan Choi Siwon dalam memperebutkan singgasana di hati gue, ya Alloh kuatkan hati hamba  dalam menghadapi ujian cinta inih!😂😂

Yaa… keduanya emang berbeda, perbedaannya seperti membandingkan Sungai Gangga yang udah tercemar tapi dianggap suci oleh yang mengimaninya dan Sungai Han yang selalu terjaga kebersihannya dan tak terjamah, seperti itu juga gue ngeliat muka brewokannya cowok India dan muka marmer kinclongnya Korea, wkwk. Namun disitulah letak pesona keduanya yang tidak dimiliki masing-masing dan membuat gue merasa terlengkapi, dan merasa menjadi wanita paling sempurna di dunia, aseekk! Maka disini izinkanlah gue mengelaborasikan perasaan gue, serta hal-hal unik dan berbeda antara Korean Drama dan Bollywood, yang suatu saat akan loe sadari keindahannya, dan akan menjadi sebuah kolaborasi cinta yang sempurna #eeaaa;

1. Pria Kekar India Vs Pria Cute Korea

image

Deuuhhh, ini lebih sulit dari dikasi pilihan disuruh milih minum jus mengkudu atau makan kecoa mentega dah daripada disuruh milih mereka yang Unchoosable banget inih. Pada dasarnya sih gue akan selalu ser-seran sama cowok macho, gue suka cowok semi kekar dengan rahang kotak plus mata Hazel dengan tatapan tajam ala-ala artis Bollywood (Kayak-kayak Harshad Arora gitu deeh), namun bukan berarti wajah-wajah mulus tanpa bulu kayak model ‘Veet‘ nya Jisung Ahjussi dengan badan kurus Jangkung ala Jo In Sung atau mata sipitnya So Ji Sub gak mengalihkan dunia gue loh ya! Inilah yang namanya teori relativitas 😆.

Hehe… jangan heran kenapa dari tadi gue selalu nyebutin aktor yang sudah berumur semua, karena bisa dibilang gue pecinta Ahjussi garis keras, gue menolak jatuh cinta dengan aktor-aktor muda dan berwajah muda kayak Kim Soo Hyun atau Song Jun ki karena bagi gue aktor Korea itu baru bisa gue anggap The Real Man dan kelihatan macho yang berhasil bikin kaki gue lemes kalo udah berumur, kayak kelapa…. makin tua makin bersantan gitu lohh!

2. Cewek Hitam Manis India Vs Cewek Putih Kinclong Korea
image

Gue sangat memahami bahwa betapa sulitnya para cowok-cowok jika disuruh memilih dua tipe cewek beda ras tapi sama-sama Good Looking seperti halnya gue galau disuruh memilih antara Jisung dan Amir Khan.

Karena keduanya emang bener-benar Unchoosable, bagi gue yang cewek aja gue sangat amat iri setengah mati sama cewek India ber-saree dengan body berisi ditempat yang tepat *ngerti kan maksud gue?*, kulit eksotis serta rambut dan mata yang super indah kayak Aishwarya Rai atau Depeeka Padekone.

Sementara di sisi lain ada cewek korea yang gak kalah bikin iri dan membuat loe terobsesi untuk langsing dan mulai kepikiran buat melakukan suntik putih atau setidaknya pake pemutih wajah, artis Korea selalu memiliki tipe tampilan yang sama, body manequin ala barbie, style rambut yang modern, kulit putih mulus yang sekinclong marmer abis dipel pake ‘Wipol‘ dan wajah imut yang gak tua-tua macam Jeon Ji Hyun atau Park Sin Hye.

Andai saja gue terlahir kembali dan dikasih bonus buat milih, gue akan memilih punya body berisi, dengan mata hazel dan idung mancung serta rambut indah macam artis india, tapi kulit putih susu dan gak tua-tua macam artis Korea, perpaduan yang perfect bukan?.

3. Saree Vs Hanbok

image

Aduh gila!! Menurut gue pakaian terbaik di dunia yang akan membuat wanita kelihatan super cantik adalah Saree, cuma Saree pakaian terbuka di dunia tapi masih terlihat sopan dan elegan. Saking sukanya sama Saree, gue selalu bermimpi kalo nikah nanti gue akan mengusung tema Bollywood dan akan pake Saree di atas pelaminan, dan setiap kali ngomongin ini gue pun pasti langsung kena respon bully dari orang-orang sekitar, semua orang pasti bakal mengucapkan kalimat bullyan yang sama menyakitkan dan nyesek “Sejak kapan India pesek?”. Namun gue pun langsung menyadari, bener juga, cuma orang India yang cantik pake Saree, belom tentu gue yang punya idung yang super mini dan muka bakpao yang kata temen SMP gue kayak Po teletubbies ini akan secantik bintang bollywood kalo pake saree #sedih deh 😭.

Meskipun begitu, gue salut sama cewek-cewek India, meskipun keliatan rada ribet maksa gitu cuma di India loe akan tetap menemukan sebagian besar penduduknya masih mengenakan pakaian tradisional seperti Saree di jaman yang sudah cukup modern ini meski mereka sudah bisa menghasilkan elektronik.

Sementara di Korea sendiri, Hanbok bisa dibilang kayak kebaya, cuma di pake di even-even tertentu aja, namun loe masih bisa sering ngelihat cewek-cewek berhanbok di drama-drama bergenre Seaguk. Menurut gue Hanbok ter-design sesuai dengan karakter orang korea pada umumnya, simple dan calm. Dan yang paling gue suka dari hanbok tentu saja karena modelnya tertutup dan semi syar’i, bisa dipake para cewek muslim berjilbab. Cewek-cewek yang berpakaian hanbok biasanya bakal kelihatan sederhana tapi anggun, pake hanbok gak boleh dan menor-menor kayak Saree karena emang gak cucok, gue suka banget gaya rambut bela tengah yang super rapih cewek-cewek yang berpakaian hanbok, mengingatkan gue sama nenek gue yang rambutnya rapi dan mengkilap karena dipakein minyak kelapa, hehehe.

4. OST Pop Modern Vs Ost Traditional Music
Duuhhh… selain memilih aktor-aktornya pilihan tersulit bagi gue berikutnya adalah memilih OST. Gue adalah tipe penikmat lagu bergenre apapun dan dari negara manapun asal nada dan suara penyanyinya enak. Pers*tan  dengan artinya yang penting nadanya enak ajah, satu-satunya lagu yang susah berdamai dengan kuping gue selain ‘Lingsir Wengi‘, adalah lagu thailand, karena bahasanya gak enak didenger! Sumpah!.

Ost K-Drama itu biasanya beragam genre sesuai dengan suasana scene di dalamnya, lagu Korea biasanya emang agak asing di kuping awal-awalnya,  tapi bikin nagih kalo dengar secara berulang-ulang, dimana setiap kali dengarin OST nya loe akan langsung kebayang adegan romantis per adegan romantis dalam drama. Tapi gue paling gak tahan sama ost Instrument biola ala-ala drama bergenre berat kayak Innocent Man atau Baker King, kedengarannya terlalu tragis aja gituh ya…, tapi rata-rata drama Populer dan Booming hampir semua lagunya enak-enak sih, kayak Ost nya BBF atau You Are Beautiful.

Sementara biarlah orang berkata kuping  gue norak, karena faktanya kuping gue emang paling gampang akrab sama lagu-lagu India, gue suka Instrumental khas dengan suara melengking nan merdu penyanyinya dan lagu yang terdengar super ear catching dan artistik. Cuma lagu India yang bisa bikin gue ngerasain sensasi ketiup angin sepoi-sepoi di bawah pohon rambutan, sambil nyandar di bahu Harshad Arora walaupun gue sama sekali gak ngerti arti lagunya, muehehe.

5. Love at the First Sight Vs Love Because of Being Used To

Pertemuan pertama dalam film dan serial romantis India selalu meninggalkan kesan yang mendalam, dimana di setiap pertemuan akan selalu dikasi efek Slow Motion, back sound yang romantis, tidak lupa efek angin-anginan, kadang-kadang juga dikasi efek tambahan seperti efek burung-burung beterbangan #halah, hal ini dikarenakan para sutradara di India sepertinya penganut paham Love at the first sight garis keras, dimana kebanyakan si tokoh utama pria akan selalu terpesona akan kecantikan si tokoh cewek sejak awal pertemuan.

Sementara lain halnya dengan drama Korea, loe akan sangat jarang menemukan sang pemeran utama akan jatuh cinta dari awal, malah justru rata-rata dalam drama Korea pertemuan pertama selalu memberikan kesan negatif dan terkesan impossible untuk jatuh cinta, beranteman dulu, semacam benci jadi cinta gitu deh, beberapa drama korea juga suka menceritakan si cewek dan si cowok yang sudah saling mengenal dari kecil namun akan saling jatuh cinta ketika dewasa nanti karena kebawa suasana atau kalo kata orang jawa, tresno ja@#$*@#*, ya itu lah pokoknya artinya, cinta datang karena terbiasa.

Dalam hal ini gue lebih mendukung cinta karena keterbiasaan ala korea sih ya, karena gue bukan penganut paham Cinta pada pandangan pertama, berhubung gue gak cukup good looking untuk dicintai sejak awal pertemuan, hehe 😂. Tapi relative sih ya, kalo suatu saat nanti cowok macam Imran Khan terpesona karena kesederhanaan dan keluhuran budi pekerti gue sejak awal ketemu, ya gak apa-apa juga! Apalagi kalo dia langsung bilang “Uhibbukum Fillah” dan langsung ngajak gue taarufan, yahh… gue bisa apa? Gue gak punya kuasa untuk menolak iya kan??

6. Gendong Bridal Vs Gendong Punggung
image

Dua adegan romantis ter-mainstream di masing-masing drama namun masih suka bikin baper gila-gilaan tiap kali liatnya adalah adegan gendong-gendongan. Beda negara, beda pula cara gendongnya, di film-film dan drama India, adegan romantis gendong bridal gini selalu terjadi, biasanya dilakukan oleh para cowok buat ngegendong pengantin wanitanya ke kamar pengantin tapi sering juga dilakuin untuk alasan yang kurang penting, disinilah para cowok-cowok macho India akan memamerkan kekuatan dan keperkasaan mereka, dimana si cowok sama sekali gak boleh kelihatan keberatan dan capek meskipun harus gendong ceweknya jauh-jauh, biasanya di adegan ini si cowok dan si cewek akan saling pandang-pandangan namun anehnya kagak nabrak-nabrak, dengan efek-efek slow motion dan diiringi dengan back sound romantis yang bikin melted, mau dong Bang digendong bridal ke pelaminan!

Sementara bagi para pecinta drama Korea tentu saja adegan Piggy Back alias Gendong Punggung atau kata orang Banjar ‘ambin’ sangat amat tidak asing bukan?? Gak kalah bikin bapernya dengan India, adegan piggy back juga melambangkan romantisme sejati, dimana Ride piggy back di setiap drama punya alasan masing-masing yang tetep so sweet, seakan-akan segala beban si cewek akan di pikul oleh si cowok hanya dengan menggendong. Adek lagi galau? Sini abang gendong, Adek lagi mabok? Sini abang gendong, kaki Adek terkilir? Sini abang gendong, Adek lagi lelah? Sini abang gendong, pokoknya apapun masalah loe akan gue tanggung dengan gendongan unyu ini. Mau dong digendong jugak! Adek lelah bang! Lelah menunggu keajaiban.😂

Yaa… kali ini cowok-cowok Korea agak sedikit terkalahkan emang, dimana keperkasaan mereka sedikit dipertanyakan karena cuma berani gendong punggung padahal cuma gendong badan cewek-cewek Korea yang bisa ditimbang pake timbangan ikan asin saking kurusnya. Namun tentu saja itu lebih realistis daripada gendong bridal romantis ala Bollywood yang gak kesandung-sandung dan gak nabrak-nabrak walaupun harus menggendong sambil pandang-pandangan.

Hayoo! Pilih mana loe? Digendong Cowok perkasa ala Bollywood, atau digendong cowok realistis yang siap mengurangi beban hidup loe kayak cowok Korea? kalo gua mah apa aja lah, apalagi kalo digendong ke pelaminan, shippo!

7. Masuk Angin Bersama Atau Demam Bersama?

image

Ini saat yang tepat untuk kita memadu kasih

Yang namanya cinta, emang harus berbagi, kau dan aku adalah satu tubuh, jika kau sakit, akupun ikut sakit.”

Begitulah kira-kira prinsip percintaan dalam drama yang sering terjadi. Hujan-hujanan bareng, menangis dan tertawa bersama di bawah rinai hujan akan sangat sering loe temui dalam drama Korea, biasanya adegan klimaks entah kenapa selalu terjadi tepat ketika hujan, dimana hujan seakan menyadarkan kedua tokoh utama akan cinta suci mereka, adegan random yang sering terjadi atau mungkin itu kebodohan karena cinta yang membabi buta adalah ketika si cewek yang awalnya bawa payung namun ketika si Cowok tiba-tiba nyosor meluk atau nyium, maka payung pun akan terlupakan dan tercampakkan di jalan dan tak berharga lagi, asalkan bersama abang, adek rela demam dahh!

Sementara bukan India namanya kalau realistis, efek paling alay yang gak pernah dihilangin dari jaman batu oleh film maupun serial India adalah efek angin-anginan, dimana angin sepoy-sepoy akan selalu muncul ketika pemeran cewek dan cowok pertama kali bertemu dan langsung terpesona, atau lagi pandang-pandangan, lagi adegan mesra atau mereka lagi nyanyi-nyanyi sambil ngitarin pohon. Asumsi positif gue mungkin saja curah angin di India emang paling tinggi kali yaa?, tapi jujur gue curiga dan khawatir, kalo aja abis Shooting selesai mungkin para artis India tersebut bakal pada kerokan karena masuk angin.

Kalo gue mah mau masuk angin atau demam, gue mah terima-terima aja asal dibikinin wedang jahe sama Kim Hyung Joon atau dikerokin sama Imran Abbas mah, gue iklas!

8. Disosor Atau Dibelai Dulu?

image

Ini agak rancu sebenarnya, dimana cowok-cowok berwajah unyu macam cowok Korea nyatanya gak seunyu aksinya, siapa sangka cowok cute macam Kim Soo Hyun atau Lee Jong Suk ternyata cukup beringasan dan suka nyosor dan nyolong ciuman? kadang-kadang mereka suka brutal dan membabi buta, mereka bisa melumpuhkan lawan hanya dengan sebuah genggaman, pelukan, back hug, bahkan ciuman. Mereka sangat sadar bahwa mereka terlalu Indah untuk ditolak, cewek normal mana yang bakal nampar dan ngelaporin ke polisi atas tuduhan pelecehan seksual, kalo yang ngelakuin itu sekece Lee Min Ho atau Jang Geun Suk? Kalo gue mah bakal tetap lapor, tapi lapornya langsung ke KUA ajah 😆. Tapi gak gitu juga lah Bang, enak sih enak, tapi kan ngagetin juga! Entar kalo adek ketagihan gimana?

Sementara, bertolak belakang dengan tampilannya, cowok India yang berewokan dan bermuka sangar nyatanya adalah cowok lembut yang sangat hati-hati dan suka bikin geregetan dalam melakukan skinship. Jujur saja, gue kerap kali dibuat geregetan dengan aksi lelet cowok India yang suka ngulur-ngulur waktu ditambah dengan efek slow motion yang menguji kesabaran, pemanasannya kelamaan abang! mau nyium aja mesti diawali sama tatapan jangka panjang dulu, belai-belai rambut dan wajah dulu kayak mau facial di salon, genggam tangan dulu, udah keringat dingin dan deg-degan nunggunya tapi ujung-ujungnya cuma cium pipi dan itupun tetap dengan efek slow motion! Ambooi!! Rasanya ituu, kayak lagi nonton bola dimana sang striker udah ada di depan gawang, sementara keepernya lagi lengah, dia tinggal nendang doang, namun udah ditunggu lama ujung-ujungnya gak Goal juga, bener-bener kampret moment tingkat provinsi mah!!

Meski cukup rada ngeselin-ngeselin enak, tentu saja gue suka gaya apapun, gue akan ikhlas nerima perlakuan romantis apapun mau disosor ataupun dibelai-belai dulu, asalkan itu halal. Segera halalkan aku bang!! 😂

Kesimpulan
Jeng jeng!! Siapa yang menang dalam pertempuran kali ini?? Kalo bagi gue mah semuanya udah memenangkan hati gue. Yaa… Intinya mah cinta gue terhadap keduanya dibangun atas dasar perbedaan yang membentang jauh, namun disitulah letak kebahagiaannya, terkadang loe pun butuh keberagaman untuk membuat hidup loe lebih berwarna dan gak ngebosenin, loe butuh memperluas diri dan memperluas pengetahuan loe, That’s why Allah created the difference.

Bagi loe yang ngerasa keren dengan selera high class loe yang sukanya serial ‘Glee’ atau film-film yang lagi booming di bioskop, gue saranin sekali-sekali loe juga harus nonton drama-drama dan film-film Asia untuk membuat hati loe lebih peka dan lebih mellow, bagi loe yang udah ngerasa kekinian dan eksklusif karena sukanya sama anime dan J-Pop, gak ada salahnya loe nonton film-film bermuatan moral macam film-film India kayak 3 Idiots atau PK, bagi loe yang K-Popers Uni-Fandom yang cuma cinta mati dengan satu fandom hingga sensi sama Group pesaing Group kesukaan loe, dan lebih rela ngeship idolanya dengan bromance, gue saranin bertobatlah,  dan bukalah hati loe untuk Group yang lain, usahain kalo loe suka sama Boy Group, loe juga harus suka sama salah satu Girl Group, biar ngeshippnya yang normal-normal aja, gak ada salahnya kok, idol loe juga masih bisa loe liat wajahnya walaupun punya hubungan normal. Karena guepun begitu, meskipun terkadang gue ngerasa norak karena suka India dan ngerasa kekanak-kanak karena suka Korea, tapi jujur itulah yang membuat hidup gue lebih seimbang dan Indah meskipun Jomblo. 😂

Advertisements

16 thoughts on “Drama Korea Vs Drama India

  1. Hahahhaha seriusan deh sist… q tuh sll ketawa sendiri klo baca artikel kamu. Bahasanya kekinian bnget mudah dicerna tpi bikin sakit perut (krn ketawa terus) wkkwkw lanjutkan kreativitasnyee

  2. Sumpah, ngakak-ngakak gue bacanya…
    Kita sepikiran banget hahaha
    Anyway salam kenal ya… kita sama-sama penggemar India nih, specially ayah Aamir Khan hihi
    Sama-sama penggemar korea juga, tapi gue bukan penyuka Ahjussi sih.Aku lebih mending abang-abang kece kayak Song Joong Ki atau Yoo Seung Ho…
    ^^

    • Ahaha… slam kenal juga. Yaa.. sayang gk suka Ahjussi, rugi loh. Eke juga lgi ngegarap Drama Korea Vs India Part 2 nih. Stay tune yak

    • I’m disagree to your comment. Wah. Namanya mengici…anjay. Tapi mayoritas di Indonesia lebih banyak Drama Indianya dibandingkan Drama Korea ya seperti drama Yeh Hai Mohabbatein, Anandi, Naagin, Paakhi. Tetapi orang Indonesia mengundang Artis Ternama India dan membuat film bersama. Tapi sudah banyak seria seperti Nadin dan Cinta dipangkuan Himalaya. Banyak ditayangkan ada di Antv, Indosiar ( Jujur dulu ada drama koreannya sekarang ga ada, haha kacian ). Tapi selera sudah berbeda. #indianlovers #bollywoodlovers #bye

  3. Bingung antara korea ama turki kalo gue mah, tapi ga anti india juga :v
    Bener tuh, ahjussi macem jang hyuk juga waw ~
    Meskipun teteup, GoT sama HIMYM are my best

  4. Ngakak cukkk… lucunya banget ngulasnya.
    Dulu jaman2 SD diriku juga cinta Bollywood gara2 Kuch2 hota he. Om Shahrukhan terlalu mempesona. Tapi semakin lama hilang lah sudah..
    Diriku lebih milih dramkor atw drama2 Asia karena jalan cerita yg pas nda bertele tele. Byangkan juga kalau sampai dramkor dibikin panjang.. diriku bakal bergadang sampai mampuss 😂😂

  5. Hahaha gua juga begindang. Sumpah .. yg lain pada komen ngakak baca nya. Gua malah crazy smiling… Kadang gua pen dapat pacara kalo liat Bollywood ama drakor. Tapi apa lah daya. Hati gua udah di gembok ama manish goplani & jung yong hwa. Btw gua juga suka Taiwan drama. Gua rekomendasi in yg di bintangin ama Aaron Yan atau Mike He. Itu bener bener bikin baper akut adegan roman nya ..😍😍😍

  6. korea Vs India…. untuk saya ga bisa memilih, karena keduanya serial favorit saya untuk selalu nonton dan mengikuti kelanjutan semua yang terkandung di dalamnya…so,,, bingung dan pasti ga bisa milih… love.. kore and india….

  7. Gw gk suka org india dan filmnya, alur film lambat seringkali gak masuk akal dan para antagonist selalu menang gak berhenti2 sampai 1500 episode. Orgnya jg kebanyakan gaya, sorry….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s