Korean Dramas Of The Century (Rekomendasi Drama Korea)


image

Rekomendasi Drama Terbaik Versi Hayati

Dari judulnya aja, so pasti you guys udah bisa menebak dong yaa, tema cuap-cuap manja yang lagi pengen gua bahas pada kesempatan kali ini?

Yupp!! Kembali ke kampuang halaman gue nan jauh di mato, Korea Selatan. Gue bakal bicara soal drama Korea, jadi sejarahnya, drama Korea yang pertama kali gue tonton adalah All About Eve dan Autumn in My Heart di awal tahun 2000-an. Di usia yang masih sangat belia *ceileeh belia?* gue sudah menyaksikan Jang Dong Gun Ahjussi nyisir rambut satu arah ke belakang.

image

Jang Dong Gun in All About Eve

Gue juga menjadi saksi hidup perjalanan karir Song Hye Kyo dari masa ke masa, hingga gue bisa mengambil kesimpulan bahwa Song Hye Kyo adalah salah satu spesias keluarga Cullen karena yang berubah dari Song Hye Kyo selama belasan tahun cuma bentuk alisnya doang,

image

16 Tahun Mahluk ini cuma mengalami perubahan di bagian alis doang

Dan bisa gue perkirakan 15 tahun yang lalu saat gue memulai debut gue sebagai pecinta Korean Drama, Lee Min Ho masih jadi anak sekolah biasa yang sukak main PS Mario Bross dan Song Joong Ki masih sukak datang ke sekolah pagi-pagi buta buat nyalin PR temennya *itu masa lalu gue bukan sih 😂* Ahaha intinya mah, jauh sebelom Lee Min Ho dan Song Joong Ki jadi superstar paling didambakan para Jones yang haus akan kasih sayang di seluruh jagad raya seperti sekarang ini, gue udah lebih dulu memikul profesi dan tanggung jawab sebagai seorang Korean Drama Lovers, *beuhh jangan sepelehin gue makanya.

Namun, dalam setiap hubungan pasti ada yang namanya pasang surutnya *duileeh* terjadi semacam dinamika dan fluktuasi hubungan, ada semacam love and hate disana, gue adalah tipe penggemar abadi drama Korea yang sangat selektif dan gak sembarangan memilih drama, makanya refrensi drama gue gak sebanding dengan lamanya gue mengenal drama korea.

Rating dan trend bukan menjadi patokan gue dalam memilih drama, selain pertimbangan kurang objektif yang menitikberatkan kelayakan sebuah drama kepada kadar ketamfanan sang aktor semata 😂, pertimbangan lain gue dalam memilih drama adalah gue lebih terpatok kepada genre, konten dan mood gue sendiri. Dimana kesemuaan unsur ini harus ada dalam drama sehingga mampu menarik minat dan mengesankan penonton kurang penting seperti gue ini.

Gak bisa dipungkiri, di antara sekian banyak drama series dari berbagai belahan dunia, drama Korea merajai jagad per-drama-an dunia, baik itu dari segi popularitas, variasi, visual, kuantitas maupun kualitas, apapun temanya, setiap drama korea selalu menampilan konten lengkap, di saat Hollywood hanya menampilkan sajian cerdas dan tekhnologi tapi gagal membangkitkatn feel dan roman picisan di dalamnya, drama Korea selalu menyisipkan bumbu feel dan baper di dalam setiap dalam setiap kisah. Atau di saat serial India hanya sibuk menampilkan kisah dan konflik internal pribadi antar keluarga, cinta, dan nilai-nilai moral. Maka Drama Korea selalu menampilkan sesuatu yang cerdas berbobot dan banyak memberikan ilmu dan wawasan luas tentang segala bidang kehidupan yang selama ini gak pernah terjamah oleh rakyat jelata seperti kita inih.

Inilah kenapa dari sekian banyak Drama Korea yang gue tonton, gue kerap kali dibuat bingung nan dilematis ketika ditanya soal drama favorit, bagi gue pertanyaan ini lebih sulit dari sekedar soal SBMPTN karena menurut gue semua drama korea itu udah bagus dan modal, gak kayaaakk sinetron tetangga sebelah 😛. Dan lagi, semua drama korea yang gue tonton, sudah gue seleksi dengan sedemikian rupa dan udah lolos 3 syarat penting yang gue sebutin tadi itu, istilahnya yang terbaik dari yang terbaik.

Maka, niatan mulia nan tulus gue pada kesempatan kali ini sebenernya pengen memberikan refrensi drama Korea dari berbagai genre yang menurut gue secara kualitas memang sangat recomended dan teruji secara rating dan penghargaan, dan selama ini gak banyak diangkat, walaupun akan sedikit memaksa, mencekoki serta mendoktrin otak pembaca buat ikutan menyukai drama-drama yang bakal gue cekokin pada kesempatan langka ini,  tentu saja sebagai mahluk kekinian gue gak bakal ngasih refrensi drama jadul jamannya Jang Dong Gun dengan rambut klimis yang disisir ke belakangnya, tentunya gue akan memberikan Drama Korea tergress dan terupdate  selama beberapa puluh tahun belakangan ini yang bakal gue bahas dalam beberapa poin dan bakal gue urutin secara random tanpa main peringkat-peringkatan, demi menghindari diskriminasi dan penganak-tirian, terlebih lagi demi menjaga perasaan para Ahjussi dan Oppa ganteng gue, inilah rekomendasi beberapa drama Korea wajib tonton versi Incess Nisa, cekidot!

1. Reply To 1988 (2015)

image

Drama ter-gak nyangka

Genre : Family, Comedy, Romance
Content : 1980’s style
Rate : 9,5/10

Predikat : Drama Ter-Gak Nyangka

Ini drama yang bener-bener mengajarkan gue akan sebuah pepatah klasik yang mengatakan bahwa “Don’t Judge The Book From Its Cover”, yang artinya Jangan makan sayur tanpa garem.

Dimana drama ini bener-bener mematahkan segala syarat dan 3 unsur wajib  dalam sebuah drama yang bisa membangkitkan minat gue untuk menonton sebuah drama. Syarat dasar gue bahwa harus ada Ahjussi atau Oppa-oppa pembawa vitamin A bagi kesehatan mata dan hati gue aja udah gak bisa dipenuhi oleh drama ini. Konten tahun 80 an, setting yang keliatan bulukan, pemain-pemain baru yang sama sekali gak terkenal *setidaknya gue gak cukup familiar* membuat gue bener-bener under-estimated sama ini drama awalnya,  gue bener-bener kehilangan gairah dan hasrat untuk menonton nih drama.

Lalu kemudian, entah ini kehendak Yang Maha Kuasa yang ingin menunjukkan gue jalan yang benar, tiba-tiba saja hati gue tergerak, file yang udah berbulan-bulan ngendap di laptop sampe ada sarang laba-labanya akhirnya tanpa sengaja ketonton jugak.

Dan.. Voila!! 3 episode awal gue masih gagal paham sama story linenya. Gue hanya disuguhi oleh guyonan khas korea yang menurut gue yang masih penggemar fanatik lawakan ala Sule ini merasa kegaringan dan maksa. Namun, episode 4 ke atas?? Inilah yang kata orang Italia kalo lagi makan spagheti sambil nonton telenovela, lafonte aldente siempre siempre partelamor… Aselik! gue mulai bertanya kepada rumput yang bergoyang dan kepada hati nurani gue, kemana aja gue selama ini?

Menurut gue ini adalah Reply… terbaik dari dua rangkaian drama pendahulunya yang masih satu produksi dan mengusung tema yang sama yakni Reply to 1997 dan Reply to 1994.

Sebagai tukang cela tontonan, yang entah gen dari mana rada mirip sama kenyinyiran Farhat Abbas, bagi gue drama ini adalah drama termasuk-akal dan minim celaan sepanjang sejarah perjalanan gue menjelajahi sungai Han.

Well, secara konten drama ini sangat sederhana, dan hanya mengangkat kehidupan sehari-hari masyarakat Korea yang hidup di tahun 1988, di jaman gak enaknya Korea, era ini adalah era krisis moneternya Korea Selatan, jadi disinilah kesempatan loe ngeliat kehidupan masyarakat Korea yang gak jauh beda sama kehidupan madesu (masa depan suram) di Indonesia, misalnya tempat cuci piring duduk.

Menceritakan tentang kisah beberapa keluarga yang hidup dalam satu komplek dan bertetangga dan memiliki anak-anak yang seumuran, jadi disini kita bisa ngeliat kisah hidup pertetanggaan yang solid, persahabatan antara para emak-emak dan bapak-bapak, juga persahabatan anak muda.

Drama ini mencerminkan bahwa setiap keluarga dan individu mau kaya ataupun miskin, sama-sama memiliki masalah dan keberuntungan masing-masing, dan mengajarkan kita buat selalu bersyukur. Ada juga hubungan antara anak dan orang tua, antara persahabatan dan cinta yang dikemas secara apik dan comedy sederhana namun ngakakin, ini drama sukses banget bikin gue ngakak guling-guling dan terharu di saat yang bersamaan.

Yang membuat gue terkagum adalah, walaupun drama ini sangat sederhana, tanpa adanya sepak terjang Chaebol songong gila jabatan seperti yang sering kali menghiasi drama mainstream kebanyakan, tapi drama ini sangat detail terutama masalah setting, berlatar tahun 1988, tentu saja bukan hal yang mudah, dimana semuanya harus disetting sesuai dengan kondisi pada jaman itu, mulai dari fashion, lagu-lagu, kebiasaan masyarakat pada jaman itu, moment-moment penting bahkan sampe acara TV. Dan menurut gue drama ini cukup sukses dan menyulitkan gue untuk mencela.

Tentunya selain segudang pelajaran moral, totalitas dan komedi ngakakin dalam drama ini, tak lupa pula seperti drama Korea pada umumnya drama ini tak lupa menambahkan bubuk Baper di dalam ramuannya. Seperti 2 pendahulunya, sudah menjadi ciri khas kisah cinta dari Reply to… dimana penonton bakal selalu dibuat terkecoh dengan pemeran utama cowok yang nantinya bakal menjadi pasangan hidup si cewek yang beruntung itu.

Dimana di awal-awal hingga pertengahan cerita, penonton bakal diajak kepo dan menebak-nebak siapa yang bakal jadi suami si cewek nantinya, biasanya penonton bakal dibuat galau dan di PHPin tingkat tata surya, dan dihadapkan pada pilihan pria-pria yang sangat kompeten, lalu kemudian dihempaskan ke jurang kehancuran ketika pada akhirnya si cowok bukan seseorang yang diharapkan, penulisnya seolah pinter banget mengombang ambing dan menciptakan fan war di kalangan penonton yang sibuk memilih pria yang paling pantas mendapatkan cinta dari si cewek.

Dan Reply to 1988 pun gue pastikan bakal ngebuat elo pade sibuk menebak-nebak si pemeran utama cowok yang nantinya bakal sama siapa dan siap-siap terkecoh, karena mahluk yang luput dari pandangan loe itu lah yang bakal jadi pasangannya si cewek.

2. Kill Me Heal Me (2015)

image

Drama Tertunda

Genre : Medical, Romance, Comedy
Rate : 9/10

Gue sebut ini drama yang tertunda, mengingat betapa lamanya gue menunda-nunda buat nonton drama ini karena alesan mood, gue rasa Kill Me Heal Me adalah drama yang paling jablay karena betapa lama ngendap di laptop dan gak terjamah sedikitpun.

Padahal kalo untuk ukuran kriteria gue, drama ini sudah sangat memenuhi kriteria. Udah ada Jisung Ahjussi sebagai pemenuhan vitamin A, konten dan konsepnya sangat unik dan menarik membuat gue langsung tertarik sekali denger sinopsisnya, rekomendasi dari berbagai pihak pun sudah berusaha mempengaruhi gue bahwa betapa layak tontonnya drama Ahjussi favorit ini, sayangnya kelamaan bertapa di sungai Gangga membuat gue sejenak lupa diri dan mengabaikan godaan Ahjussi.

Hingga akhirnya gue kembali menyelami sungai Han dan langsung disambut dengan belaian kasih dari Jisung Ahjussi melalui drama Kill Me, Heal Me ini.

Dan benar saja, emang penyesalan selalu datang terlambat, gue terlambat menggilai drama ini di saat euforianya udah gak ada lagi, ibarat nonton siaran ulang piala dunia, orang-orang udah lempeng karena udah tau skor akhirnyanya gue masih aja tegang dan berdo’a semoga team favorit gue yang menang, ini bener-bener ter-lam-bat! semua orang udah nonton dan gak ada satupun yang bisa gue ajak diskusi tentang drama ini karena udah basi.

Namun yang basi tentu saja hanya euforianya doang, secara cerita mah, seperti halnya Ji Sung Ahjussi yang umurnya kepala 4 tapi masih rasa Oppa, drama ini pun gak ada matinya. Kill Me Heal Me sendiri mengisahkan tentang kisah seorang pemuda *duileh*, anak Chaebol pewaris tahta *beuhh ini yang gue gak demen* yang diam-diam mengidap penyakit DID alias kepribadian ganda, gak tanggung-tanggung choii kepribadian Ahjussi disini ada tujuh, TUJUH *gue ulang lagi biarkan kesannya Wow*

Dan loe bayangin dong? betapa keren dan luar biasanya Ahjussi memerankan 7 kepribadian sekaligus, sumfehh! Akting setotal ini hanya dimiliki oleh seorang aktor yang luar biasa! Tell me, aktor mana yang udah pernah meranin 7 kepribadian yang berbeda dan sangat kontras, dan langsung berubah-ubah dalam waktu singkat?? Cuma Ahjussi gue seorang yang bisa ngelakuin hal se-emejing inih, CUMA JISUNG AHJUSSI *deuh sayang lakik orang*

Sedikit sinopsis, dari ke 7 kepribadian kontras Ahjussi, ada 3 kepribadian yang bener-bener mengesankan bagi gue, yakni kepribadian Shin Segi, Ahn Yoo Na dan Ferry Park. Shin Segi adalah kepribadian yang paling dominan dan hampir menyeimbangi kepribadian aslinya, kepribadian ini adalah tipe bad boy, serampangan, pemarah, namun flamboyan yang paling mudah memikat hati ciwik-ciwik, gue sangat berharap kepribadian inilah yang akhirnya menjadi asli, dan bayangin betapa patah hati dan kehilangannya gue, ketika kepribadian Shin Segi lenyap dari peredaran😂. Plis deh! Penulis-nim maunya apa sih? Kenapa dia membuat gue jatuh hati begitu dalam kepada sosok Shin Segi kalo pada akhirnya kami akan akan berpisah jugak?! Kenapa?! 😂

image

Kepribadian Ter-Favorit di Kill Me Heal Me

Selanjutnya ada Ahn Yona yang selalu menjadi kejutan dan paling nyenengin saat do’i muncul, kalo ni kepribadian muncul siap-siap dah ketawa ngakak, karena kepribadian Ahn Yona adalah kepribadian gadis remaja ababil macam cabe-cabean yang hobby fan-girling dan cuma tau pacaran. Gue gak bisa bayangin gimana reaksi bininya Ahjussi saat melihat suaminya yang macho berperut kotak-kotak menggoyahkan iman berubah drastis menjadi gadis remaja sok imut, sukak pink dan pita di rambut 😂 Anehnya, dan salah satu pembuktian bahwa betapa kerennya akting Ahjussi adalah, ketika do’i memerankan karakter Ahn Yo Na dengan segala kecentilan dan pakaian serba pinknya, gue sama sekali gak geli melihat seorang Ahjussi banci nan kemayu, tapi emang kayak remaja centil walaupun resek.

image

Maksudnya 'Peace'

Karakter lain yang paling gue sukak adalah karakter Ferry Park, gak kalah kocaknya dari Ahn Yona, Ferry Park adalah karakter bapak-bapak tua dengan logat daerahnya yang kental dan seleranya yang kuno, hobbynya minum, mancing dan yang paling unik adalah ngerakit bom dari rice cooker 😂 Gue takjub tuh penulisnya nemu darimana coba karakter begonoan? Sayangnya Ferry Park Ahjussi jarang keluar, kalaupun keluar bentar doang, jujur gue kurang puas ngeliatnya 😂

Kembali ke story line, love line dalam drama ini pun cukup ngebaperin, romantis dan yang pasti mengharukan. Kisah cinta antara seorang psikolog dan pasiennya, gimana perjuangan sang dokter mengobati sang kekasih dengan segala keanehannya, itu menurut gue heart touching me banget.

Dan segala kekerenan dan totalitas Ahjussi inipun terbukti ngeborong gak kurang dari 7 piala MBC award di tahun 2015 lalu. Emejiiiingg!! 👏👏

3. Ghost / Phantom (2012)

image

So Ji Sub - Lee Yeon Hee, Kasih tak sampai

Genre : Police Story, Action
Rate : 9
Predikat : Drama Terberat

Eeaa!! Ini satu lagi drama Ahjussi favorit Hayati yang sukses menumbuhkan benih-benih asmara membabi buta beda usia antara gue dengan So Ji Sub Ahjussi 😍.

Well, setelah berhasil mengenali jati diri gue, akhirnya gue memahami satu hal, bahwa gue sebenernya bisa nonton drama dari berbagai genre mana aja, selagi itu berkualitas dan memancing mood gue, namun tentu saja pengecualiannya adalah, gue paling gak betah sama drama mellow menye-menye dan konflik yang terlalu njelimet macam benang kusut, apalagi yang penyakitan dan endingnya mati, no way!! Dimana-mana mah, semua harus berakhir dengan bahagia, karena filosofi dari hidup gue adalah, jika itu gak bahagia, berarti itu bukan akhirnya. *ngokk!

Satu genre lain yang kayaknya susah berdamai sama gue adalah action dan tekhnologi, karena gue yang sangat sensitif nan berhati lembut inih lebih sukak tontonan yang menggetarkan jiwa dan main perasaan, ketimbang musti mikir. Begitu pula dengan drama Ahjussi gue yang satu ini yang bertajuk ‘Ghost’ eits! jangan salah kaprah, judul yang terkesan horror sama sekali berbeda dengan isi cerita, karena ceritane sama sekali gak ada horror-horrornya, apalagi kalo ngeliat pemandangan ahjussi menyejuk kalbu 😍.

image

Duh Gusti! Ampunilah diri ini yang mendadak berniat pengen ngebully artis di sosmed, biar diciduk sama polisi Cyber beginian 😍

Kembali ke cerita drama, awalnya gue berpikir, gak ada tempat di hati gue untuk drama berat yang minim romance ngebaperin macam Ghost gini, gilak! Apaan?! Gue nonton buat relax choii! Buat seneng-seneng, cuci mata, bukan disuruh mikir dan malah nambah setres!

Namun lagi-lagi, drama Gost kembali mematahkan segala pikiran cetek gue. Karena faktanya, drama Ghost adalah satu-satunya drama yang membuat gue bertahan di depan laptop selama 6 jam! ENAM JAM SODARA-SODARA!!

Karena selain sudah jatuh terlalu dalam dan terjebak ke dalam angan-angan fatamorgana cinta sang Ahjussi, alesan paling masuk akal kenapa gue sangat amat betah, lupa waktu dan lupa diri adalah karena emang cerita dalam drama yang bener-bener keren dan membangkitkan rasa penasaran jiwa dan raga ini, yang kalo dihentikan bisa kebawa mimpi *lebay!*

Secara garis besar, drama ini menceritakan tentang dunia Kepolisian forensik yang menangani masalah Cyber Crime, alias kejahatan di dunia maya, So Ji Sub Ahjussi disini berperan sebagai kepala departemen Cyber Crime dan si syantik uhlala bambang Lee Yeon Hee berperan sebagai seorang polisi cyber syantik yang diem-diem sukak sama sang pimpinan, *duileeh.

Tentu saja yang ditangani bukan kejahatan konyol macam pembullyan artis di dunia maya, kayak kasusnya Dedy Buldozer *eh salah ya?*. Dan tentunya kasus yang jauh lebih berat, menguji nalar, menantang, memacu adrenalin serta menguji keimanan, yakni sepak terjang para Hackers, yang sangat bisa melakukan aksi kejahatan apapun hanya dengan duduk anteng di depan komputer atau ngutak-atik smart phone, seperti bobol Bank, matiin listrik PLN *ini yang gue gak abis pikir*, neror orang, bahkan bunuh orang. Jadi kasus utama dalam drama ini adalah kasus pembunuhan seorang artis yang lagi naik daon *ulat bulu kalee!*.

Secara konten dan cerita, gue akui drama ini seakan tanpa cela, teruntuk bagi yang emang doyan tontonan wajib mikir. Tapi bagi gue? Gue sangat-sangat menyayangkan karena hingga akhir cerita, kagak ada satupun adegan romantis, cerita diakhiri hanya sampe kepada kenyataan bahwa si polwan cantik diem-diem jatuh cinta sama Bapak pimpinan, dan Ahjussi yang sok cuek dan taunya mikirin kerjaan doang, sebenernya memiliki rasa care terhadap si cewek. 😂 Tapi sampai disitukah perjalanan cinta suci mereka? Sumfehh, ini bener-bener fatal bagi gue, wahai sang penulis yang budiman dimanapun kau berada, coba bayangkan kalo elo makan kimchi tanpa air minum, seret kan?! dan bayangin kalo elo pergi ke taman gak ada bunganya, itu bukan taman lagi, tapi cuma lapangan!! Dan itu lagunya Bang Haji Oma Irama! Ini sudah 3 tahun berlalu sejak gue nonton Ghost, tapi sampai detik ini gue masih sukak merenung galau dan ngawang-ngawang, ngebayangin apa sang Bapak polisi sebenernya mencintai si polisi cantik atau malah wanita lain? Mereka udah jadian apa belom?! Deuh Gusti, tega-teganya sang penulis inih membiarkan penonton dengan segala pengorbanannya seperti gue ini terkungkung dalam imajinasi semu hingga akhir khayat! 😂😂

4. Secret (2013)

image

Drama Yang Bisa Ngalahin Rating The Heirs

Genre : Drama, Romance
Rate : 9

Drama Secret adalah drama yang tayang di jaman penayangan dan satu slot dengan drama cetarnya Aa’ Lee Min Ho The Heirs. Jadi, alesan gue sebenernya nonton ini drama, awalnya adalah karena rasa sensi dan gak terima terhadap drama yang pemainnya isinya Ahjussi dan Ahjumma semua ini membuat gue gemes dan gak terima, berani-beraninya ni Drama ngalahin drama boomingnya Minho Oppa? Gilak! Sebagus apa tuh drama sampe ngalahin rating bertabur mahluk-mahluk kece macam The Heirs?!

Dan ternyata? Setelah awalnya nonton dengan perasaan nyinyir, gue baru ngeh bahwa ceritanya emang Aldente guys, drama ini petjahh, Ji Sung Ahjussi PECAH!! Drama ini sekaligus penanda awal tumbuh dan berseminya benih-benih cinta antara gue terhadap Ji Sung Ahjussi.

Jadi diceritakeun, seorang gadis yang diperankan oleh Hwang Jung Eum menjadi terdakwa kasus tabrak lari yang menewaskan korban, akhirnya dia dinyatakan bersalah dan dipenjara selama bertahun-tahun dan mirisnya do’i dalam keadaan hamil choi *di luar nikah pulak, deuhh ini yang gak enak.*

Dia pun hamil dan melahirkan di penjara, sementara Jisung Ahjussi disini lagi-lagi berperan jadi anak pewaris tunggal Chaebol songong yang dendam banget sama si cewek tadi karena ternyata korban tabrak lari dan yang tewas itu tidak lain adalah sang kekasih pujaan hati yang dicintai dengan sepenuh hati. Setelah Jung Eum keluar dari penjara, Ahjussi pun berusaha membalas dendam kepada si cewek atas kematian pacaranya tapi ehh malah tak disangka tak dinyana si Ahjussi malah kesem-sem dan balik jatuh hati sama cewek yang selama ini dia benci membabi buta itu.

Dan sesuai judul, ada begitu banyak rahasia yang di awal gak pernah kepikiran namun akhirnya satu-persatu terkuak. Yang paling mengharu biru adalah gimana Jung Eum harus ngerawat anaknya di dalam penjara dengan penuh tjinta kasih, kemudian harus dipisahkan karena seorang anak gak boleh dirawat lama-lama di penjara 😂, gue bener-bener terenyuh melihat kasih sayang seorang ibu disana 😭.

Dan yang paling ngebaperin di drama ini tentu saja adalah chemistry yang gak becanda antara Ahjussi dan Jung Eum, so.. wajarlah pasangan ini sukses meraih best couple di salah satu ajang penghargaan terbesar di Korea.

5. Prosecutor Princess (2010)

image

Jaksa penuntut umum kasus sianida musti nonton ni drama

Genre : Law, Romance, Comedy
Rate : 95

Lagi-lagi gue ngerekomendasiin drama yang isinya Ahjussi rasa Oppa. Ya.. gimana ya? gue kan emang pecinta Ahjussi garis keras geetoh! lagi pula yaa… setelah gue liat-liat drama yang isinya cuma Oppa-Oppa unyuk itu, mengurangi objektifitas penonton dalam menonton drama karena niatnya nonton bukan murni karena ceritanya yang membahana, tapi karena pengen cuci mata *ngaku lu*. Dan secara akting mahh, Ahjussi pasti lebih oke karena lebih berpengalaman, iya keun?

image

Satu lagi Ahjussi rasa Oppa Park Si Ho, sayang scandalnya rada ngaruh sama image buruknya walaupun itu gak bener 😂 duhh, Poor Ahjussi!

Hooke! Kembali ke Drama yang lagi gue bahas. Kita udah bahas Drama bertema medis, kepolisian sampek keluarga, nah! sekarang kita bakal mengulik sebuah drama bertema Hukum, aseekk!! Orang Batak mana suaranyaa?!! *Ahaha ya kan, rata-rata pengacara besar di Indonesia adalah orang Batak*.

Well, gue kasih nilai 95 buat drama ini karena konten drama ini udah memenuhi segala hasrat gue, di dalamnya gue dapat banyak ilmu tentang dunia hukum, cinta dan juga komedi. Ini kisah cinta antara seorang jaksa dan seorang pengacara.

Jadi, diceritakeun Ma Hyeri yang diperankan oleh Kim So Yeon adalah seorang Jaksa yang kelakuan dan penampilannya macam Syahrini, ahaha sama-sama dipanggil Incess yak😆 *entah siapa yang niru siapa*.

Do’i adalah seorang Jaksa yang notabene PNS tapi dandannya kayak mau ke mall atau bahkan club malam, orang-orang jadi under estimate sama kemampuannya karena penampilannya itu, di kejaksaan dia jadi kagak punya kerjaan di saat orang lain sibuk dengan setumpuk kasus.

Sebenernya Hyeri punya sejarah masa lalu kenapa do’i pengen selalu tampil cantik dan glamor, karena ternyata do’i dulunya gemuk banget dan sukak dibully sama temen-temennya dan dimain-mainin sama cowok taksirannya.

Dan kelak hidupnya perlahan bakal berubah ketika bertemu dengan belahan jiwa, pemilik tulang rusuk, seorang pengacara cucok marucok yang diperan kan oleh Park Si Hoo Ahjussi yang ternyata menghabiskan banyak hidupnya hanya untuk membersihkan nama baik almarhum bapake, juga mencari keadilan atas kematian bapakee yang rupa-rupanya pelakunya adalah Bapaknya Hyeri!! awalnya si pengacara ngedeketin Hyeri demi memudahkan balas dendamnya sama bapake, ehh.. cinto mah emang gitu, kalo datang sukak kagak bilang-bilang 😆.

Jadi ya gitu deh, ntar keduanya pun bakal sama-sama galon aqua karena si pengacara musti memilih mencari keadilan buat bapake atau malah mengurungkan niat nya karena yang harus ia tuntut itu tidak lain adalah Bapak dari wanita yang dicintainya. Sementara Hyeri juga ikut tergalau ria karena dia jugak harus memilih antara bapake yang dia sayangi atau keadilan? Deuhh cinta terkadang membawa derita tiada akhir yak?

Dan disinilah prinsip bahwa keadilan gak pandang bulu itu diuji, kepada pasangan jaksa dan pengacara inih, aksi penyelidikan ala detektif dan berbagai macam kasus-kasus kejahatan diungkapkan dengan cara yang kerween!!
Well, Mengingat drama ini gue gak abis pikir aja sama kasus Kopi sianida yang kagak kelar-kelar, kejahatan mana sih yang gak bisa diungkapkan?! Pengen sekali rasanya gue ke Jakarta dan ke pengadilan cuma mau bilang, nonton Prosecutor Princess Woyy!! Atau sekalian, Kenapa gak manggil jaksa Ma Hyeri aja? Kan gak perlu riweh dengan sidang sampe belasan kali!

6. You Are Beautiful (2009)
image

Genre : Musical, Romance, Comedy.
Rate : 97

Sebenernya drama favorit gue gak meluluk isinya Ahjussi kece sih! Gue sebenernya juga punya banyak refrensi drama anak muda kekinian yang menyegarkan mata dan memenuhi segala dahaga para jomblowers dimanapun kalian berada, yang bisa gue sebutin, di antaranya adalah Dream high, Reply to 1997, dan yang terbaru sampe School 2015.

Tapi tentu saja yang paling fenomenor dan membekas di hati sanubari gue dan sepertinya kagak bakal terlupakan hingga akhir khayat yang udah gue tonton lebih dari 3 kali tentu saja adalah drama yang satu ini. Yupp! You are Beautiful, ini drama bertabur cogan kedua yang gue tonton setelah Boys Before Flower. Secara visual, gue akuilah ya karisma, ketampanan dan pesona Lee Min Ho kagak tertandingi walaupun disandingin sama Jang Geun Suk yang lebih cantik dari gue dan konon sebenernya Geun Suk yang udah lebih dulu tenar awalnya adalah kandidat terkuat yang bakal memerankan tokoh Goo Jun Pyo. Tapi mungkin saat itu emang lagi rejekinya Lee Min Ho dan rejeki gue jugak kali yaa bisa mengenal mahluk seindah Lee Min Ho *ngok! karena saat itu konon Jang Geun Suk udah keburu nerima tawaran untuk drama lainnya.

Walaupun gak setenar dan sebombastis BBF, menurut penilaian gue, secara konten dan materi, YAB jauh lebih berisi dan lebih brillian. Drama ini adalah drama Korea pertama sajauh yang gue tonton yang mengusung tema penyamaran cewek yang belagak jadi cowok, katakanlah YAB adalah pelopor, karena sejak YAB diluncurkan akhirnya banyak drama Korea yang mengusung tema penyamaran yang sama dan lama-lama membuat gue keki. Bagaimana tidak?! Loe pikir cewek-cewek mukak kinclong macam Park Shin Hye atau Suzy Miss A bakal sebegitu mudahnya menutupi kecantikan mereka hanya karena dandan ala cowok? Tentu saja tidak! Tidakkah mereka memikirkan perjuangan cewek-cewek lain di luar sana yang berusaha keras melukis alis demi keliatan cantik?! Lahh mereka malah dengan semena-mena make up minimalis dan membuktikan bahwa mereka tetep lebih cantik walaupun tanpa make up!

image

Kami gak perlu lukis alis buat keliatan cantik. *kan kampret! 😂

Balik ke YAB nya lagi, YAB yang mengusung konsep musical comedy romance, menceritakeun tentang Go Mi Nam seorang pemuda yang memiliki saudara kembar perempuan yang sangat identik walaupun beda jenis kelamin bernama Go Mi Nyu yang dua-duanya diperanin oleh Park Shin Hye *ini yang agak maksa, tapi itu gak penting lagi*

Go Mi Nam adalah calon anggota baru dari sebuah band terkenal bernama A.N.Jell. Namun sebelum nanda tanganin kontrak Go Mi Nam mendadak mengalami masalah dengan pita suaranya yang mengharuskan dia buat berobat ke luar negeri, Manager yang gak mau nyia-nyiain kesempatan emas gabung sama Band super tenar, akhirnya punya ide gila dan minta Go Mi Nyu yang seorang calon biarawati buat sementara waktu nyamar jadi Go Mi Nam, niatnya sih cuma buat nanda tanganin kontrak, ehh… takdir dari sang sutradara mempermainkan hidup Mi Nyu, do’i harus terjebak pada situasi dimana do’i harus melanjutkan penyamarannya sampai pada waktu yang gak ditentuin dan mengubur impian solehahnya untuk menjadi seorang biarawati.

Well, gue sukak bandingin drama ini sama BBF karena gue ngerasa kurang adil aja kalo ini drama kalah populer dari BBF hanya karena penonton telah dibutakan oleh ketampanan Lee Min Ho dan kawan-kawan, padahal YAB menurut gue selain lebih berisi, walaupun sama-sama bertema flower Boys, tapi semua peran dalam YAB sama-sama punya karakter yang kuat yang masing-masing layak buat dicintai *eeaaa! Jang Geun Suk, sang leader yang emang sedikit menonjol dari yang lain dengan perangai songong mintak dicip*k basah, Yong Hwa CN. Blue yang kelak bakal jadi bias gue, punya sifat dewasa, kalem dan lembut tapi jadi korban PHP paling mengenaskan di abad ini, namun itu justru membuat gue terkena syndrome second man dan semakin mencintainya 😍 dan Lee Hong Ki FT. Island yang ceria, ngegemesin dan lucu yang selalu menjadi mood booster saat gue lagi galau liat kisah cinta tak terungkapkan dalam drama ini.

Belom lagi kisah cinta segi 4 (1 cewek diantara 3 pilihan cowok) yang anti mainstream dan sedikit bikin iri, menurut gue cukup romantis barcampur komedi, ngebaperin dan membuat gue ikutan galon dalam memilih antara 3 pria kece yang semuanya kompeten.

Nilai plus lagi dari drama ini adalah semua pemerannya adalah penyanyi dan hampir semua soundtrack nya yang endang bambang dinyanyiin sendiri ama mereka. Dengan semua ke-emejingan drama ini, gue sebenernya ingin memberikan nilai sempurna andai ada gading yang tak retak, ehehehe.

7. Full House (2004)

image

Dan Inilah Korean Drama Of The Century yang sesungguhnya!!

Genre : Comedy Romance
Rate : 98

Makin ke sini list drama gue semakin menua alias jadul ya 😂 Gue rasa seperti halnya DOTS yang fenomenal nan membahana di tahun 2016 ini, Full House juga adalah drama Korea terfavorit sepanjang masa yang udah ditonton oleh hampir semua kaum wanita di negeri ini.

Kalo gue bilang sih. Woahh! Loe parah loe kalo kagak pernah nonton Full House! Gimana loe selama ini menjalani hidup tanpa pernah nonton Full House? Hidup loe belom sempurna vroh kalo belom nonton Full House!

Yaa… dari sekian banyak Drama Korea yang udah gue tonton dari masa ke masa, gak ada drama yang lebih berkesan dari drama yang masangin Song Hye Gyo dan Rain inih, kagak ada! Drama komedi romantis terbaik dan gak mati jaman yang pernah gue tonton. Gue udah nonton drama ini mungkin udah lebih dari 5 kali dan sampek sekarang gue masih sukak nonton beberapa scene-scene yang paling memorablenya.

Awal nonton drama ini, waktu gue SMP dan masih unyuk, gue sempet takjub ngeliat perubahan drastis karakter Song Hye Gyo dari karakter menye-menye, pendiem dan penyakitan di drama Autumn in My Heart ke karakter yang ceria dan cerewet. Bahkan gue sempet terobsesi niru-niru gaya iket rambut dan style berpakaian ala Han Ji Eun di masa itu.

Terlebih lagi, gue paling takjub sama pemasangan antara Rain dan Song Hye Gyo yang bener-bener diniatkan buat terkesan kocak, dimana biasanya pasangan bakal dibuat tampak seserasi mungkin termasuk tinggi badan, tapi Full House malahan masangin cowok super tinggi macam Rain dan Song Hye Gyo yang tinggi badanya emang di bawah rata-rata artis Korea, tapi gak mengurangi kecantikannya, membuat gue yang mempunyai problem yang sama jadi semangat dan optimis bakal dapat suami kece dengan tubuh proporsional macam Rain *bangun woyy! 😂*

Well, tentu saja gue gak bakal buang-buang waktu dengan nyeritain sinopsis Full House lagi, karena semua orang juga minimal udah pasti pada tau jalan cerita Full House. Namun gue disini bakal ngerekomendasiin full house versi baru yang kebetulan bukan dari negeri ginseng, tapi dari negeri gajah putih alias Thailand

image

Nihh... pemainnya kagak kalah kece Choii!!

Meskipun bukan produk made in Korea, tapi Full House Thailand emang gak malu-maluin dan cukup sukses nge-remake drama fenomenal sepanjang masa inih, segala properti dan setting yang cukup modal dan niat serta pemilihan cast yang oke punya.
image

Menurut gue secara visual dan karakter, Mike D Angelo dan Aom Sucharat cukup berkompeten buat merepresentasikan karakter Lee Young Jae dan Han Ji Eun. Segala tinggi badan dan perangai semuanya sesuai dan pantes-pantes aja, bikin gue rada malu sama sinetron-sinetron jiplak di negara kita yang menyedihkan.

Hemmhh, berhubung secara garis besar ceritanya emang sama, jadi gue rada sedikit galau buat ngebandinginnya. Secara cerita sih, Full House Thai seolah pengen melengkapi dan menjelaskan segala yang ambigu dan gak dijelasin di versi aslinya, misalnya tentang Bapaknya Aom Em atau juga kerjaannya selama ini jadi penulis gagal.

Jujur gue pribadi gak bisa ngegantiin ke-emejingan Full House versi aslinya dengan versi manapun, terlebih lagi gue emang lebih ngena sama banyolan dan komedi spontan khasnya Korea dibandingin sama komedi ala Thailand, apalagi bahasanya, beuhh!! Bukan bermaksud rasis chinn, tapi gue rada keganggu aja gituh dengernya 😆

Tapi beberapa komentar yang udah pernah gue denger termasuk dari adek gue, gak sedikit juga yang lebih doyan Full House versi Thailand karena lebih fresh dan lebih romantis ketimbang versi Korea yang isinya tereak-tereak muluk 😂 Tapi bagi gue sih, apapun kata orang itu semua menyangkut selera, gue sih tetep doyan yang gaya Korea karena mungkin lebih akrab daripada gaya yang laen.

Dann sampailah kita kepada saat yang berbahagia, dimana gue bakal menyudahi cuap-cuap gue kali inih. Inilah Sekelumit (?) Gambaran drama Korea terbaik Versi gue, yang bisa gue bedah pada kesempatan kali ini.

Silahkeun dipilih, nohh udah begitu banyak Variasi, elo sukaknya yang bergenre gimana? Silahkeun kemukakan pendapat kalian, siapa tau Mamah bisa memberikan solusi keluarga sakinah 😆 kalo komen juga gak rugi kok. Nantikan terus tulisan ngelantur gue berikutnyah yo Guys! Sekian, dehhh

😗😘😘😚

Advertisements

8 thoughts on “Korean Dramas Of The Century (Rekomendasi Drama Korea)

  1. Mbak nisa ko koreanya dulu sih,…..?
    Kapan imprintnya dilanjutkan???
    Tapi maaf mbak, saya ga suka drama korea,….
    Sukses terus buat mbak nisa,….
    Dan aku tunggu kelanjutan imprintnya

  2. “Don’t Judge The Book From Its Cover”, yang artinya Jangan makan sayur tanpa garem. #lol
    But film petualang dirimu cin bakal gue cobain pake nasi bakar sm ikan teri hmmm yamannaa.. dr 7 film diatas 70% udah gue sikattt ahaha. Gue penasaran sm film.y ahjussi yg sudah mulai memporak2dakan sanubari ini “ghost” mau dong jd tersangka.y wkwkwk
    IRIS jg bolehlah diperhitungkan klau genre action 😉

  3. Dari sekian referensi itu yang pernah aku tonton cuma Full house aja sih 😀😁
    Itu aja awal nonton waktu masih SD apa SMP gtu 😆
    Dan berulang ulang nonton dari stasiun tv ngetop sampai yang yang sepi tetep ga bosen 😄

    Btw, kenapa 49Days gak ada?
    A thousand days promis juga ga ada?

    Selain dots, kan jaman dulu juga ada itu the king 2 heart yang ala ala tentara juga.
    Apa itu tidak recomended ya?? 😅

    Atau seleraku ya yang aneh 😂

    Tapi yang sebenernya di jaman dulu aku lebih kenal sama telenovela sih..
    Baru masuk SMP itu baru kenal drakor 😆

    Kenapa ga sekalian bahas telenovela ? ✌✌

    Kan dari drakor, drama india, kali aja gitu bahas telenovela sekalian 😄😆😅✌✌

  4. 👆 full house and you are beautiful yg aq tonton, cuma lbh sukak full house b drakor yg aq ttn kebykan yg jadul 😁, all about eve, autumn in my heart , WINTER SONATA👈😍, jang geum, princess hours ,memori of bali, 18 vs 29 😘😘😘…hahaha lama bgt y 🙈🙈yg agak2 kekinian… gumiho, sungkyukwan scandal, rooftoop prince …..👈 yg main mickey yoochun y DOTS nonton cuma 2 episode awal 😀. Q liat2 lumayan drakor yg q tonton 😁😂 segitu aja DARI AQ 😍😘

  5. hay eonni choi runnisa yg membahana ulala. 😙 ..kemarin ane mau ninggalin jejak tp apa daya mata ini sangat lelah, 😴cuma nyempatin baca doang *maap yaak*. 😇
    Emmb, berhubung ane gak doyan” banget sama drakor jd kagak terlalu excited bacanya,😂😂 eeiitss tp itu gak mengurangi rasa kesenangan ane saat baca lho, di beberapa paragrafnya bikin ane senam bibir *ketawa gak jelas maksudnye* 😂
    ada sih drama korea yg ane suka yaitu full house, sampe kasetnya bulukan, gak cuma full house sih yg punya ada jewel in the palace aka jang geum & the moon that embrace the sun. Betewe dari ulasan info di atas yg ceritane tentang jaksa sama cyber crime bagus kayaknya ya *udah memenuhi syarat masa kagak bagus sih* pengen nonton sih tp masalahnye, saya nonton apanya? *orang kagak ada kaset/filenya #nasib”. Wes iku tok wae, tracakku wes entek.
    Semangat 45 buat mbak nisa 😊

  6. mbak nis kok lma imprint 4’y,,0 udh gk sbar nunggu cerita yg mkin buat aq pnasaran, jngan lma” ya kn udh lbih dr 1 minggu hehhe

  7. Bener banget, menyedihkan sekali SINET indo yang ngejiplak. Yang pernah gue tonton dan masih gila sampe sekarang itu Full House. Becandanya bukan main dah.. bapernya apalagi. Istilahnya: “Couple yang marahan banget, candaannya banget, bapernya bakal 10x lipat dari semuanya”. Dan yang kedua gue suka itu Secret, sumpah beneran itu jauh lebih keren dari The Heirs yang bagi Minoz itu avalah avalah. 😂
    Dan gue juga suka ama Descendants Of the Sun, tapi entah kenapa setelah postingan ini dikirim, ane jadi suka lagi bahkan 1000kali lipat lagi ama Full House. Jadi kangen ama chemistry nya Song Hye Gyo ama hujan, eh Rain. Gila deh! Itu dulu komenan gue yang gajelas dan lebih avalah avalah dari leeminho dan lebih keren dari ahjumma ahjumma korea. Dan lebih sekseh dari Suzy Miss A (vangun oi vangun… :v)
    udah deh nyinyirnya… good luck! Annyeong!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s