Alasan Gokil Kenapa Loe Harus Nonton Moonlight Drawn By Clouds


image

Hidup loe belumlah sempurna tanpa nonton MDBC, Kawan

Ketika di negeri ini, anak jalanan sudah mulai naik pangkat dari sekedar pengamen menjadi anak motor, ketika peta India mulai bergeser menjadi salah satu negara bagian dari teritorial nusantara dan ketika putri duyung udah mulai mengikuti program wajib pemerintah yakni pendidikan 9 tahun.

Maka di belahan bumi yang lain namun disaksikan oleh seluruh jagad raya, di kampuang halaman gue nan jauh di mato, di tahun 2016 persaingan drama Korea semakin menggila ajah,  seakan seluruh insan per-drama-koreaan kagak pernah kehabisan ide untuk menelurkan ide-ide kreatif mereka untuk menciptakan  karya-karya membahana layak tonton, yang selalu fresh, cerdas dan anti mainstream dengan menggaet aktor dan aktris kenamaan demi mengikuti arus persaingan yang semakin deresnya.

Yaa.. 2016 ini drama korea yang bermunculan makin bersaing aja, semuanya pada berbobot dengan kualitas cerita, konsep, dan pemain yang gak biasa. Sebut sajo drama Reply to 1988 yang dibintangi oleh lakik gue sendiri *baca: Park Bo Gum*, yang mengudara di akhir tahun 2015 sampek awal tahun 2016 dengan konsep sederhana tapi fresh dan cerita anti mainsteramnya yang walaupun tayang di TV kabel, namun bisa memecahkan rekor dengan menembus angka rating 18 persen, atau yang paling mendunia baru-baru ini adalah Descendant Of The Sun dengan konsep militer romantisnya berbudget gede dengan pamain super syekali seperti Song Joong Ki dan Song Hye Gyo dan yang nanti bakal main di bulan november bakal ada Aa’ Lee Min Ho dan mamah syantik Jun Ji Hyun di drama fantasi romantis duyung-duyungan yang konon mengambil lokasi shooting di Brazil, *aje gilee!*.

Tentu saja ini menjadi hal yang sangat positif, itu artinya makin ke sini, drama Korea terus berkembang pesat dan semakin mendunia, itu membuat gue sebagai penikmat drama Korea cukup bangga dengan selera gue sendiri, tapi ya… Satu-satunya yang menjadi korban mengenaskan dari fenomona ini, tidak lain dan tidak bukan adalah kita-kita juga sebagai penikmat drama Korea, selain harus nyiapin budget khusus buat download drama tiap episode per minggunya dan juga musti update sosmed biar eksis, yaa… untung-untung ada wifi gretongan di kantor lah ya *itu sangat membantu syekali*

Hal terberat yang musti dihadapi oleh seorang K-Drama lover seperti gue inih adalah hati kami yang lemah lembut ini harus puas terombang-ambing dan harus bisa flexible dan gampang move on, berpindah dari satu hati cogan ke hati cogan yang lain, dari couple baper ke couple yang lebih baperin lagi πŸ˜‚, kayak misalnya gue sekarang inih, gue musti harus tetep menjaga hati gue untuk Park Bo Gum seorang, agar jangan sampek gue tergoda oleh tatapan mematikannya Abang Lee Jun Ki yang tajem menyayat hati.

Yang lebih musinginnya lagi adalah, di saat jadwal perpindahan hati gue sudah ter-skedule dengan sangat baik, maksudnya rencana masa depan gue sudah teragendakan dengan sistematis, yakni setelah MDBC kelar dan saat gue berhasil mengurangi bayang-bayang fatamorgana cinta Park Bo Gum, gue meyakini hati gue sudah bakal siap menerima kembali kehadiran Lee Min Ho Oppa di bulan november mendatang dengan The Legend Of The Blue Sea nya.

Namun ternyata eh ternyata hidup tidak semudah itu kawan, belom apa-apa, di kala panah tjinta Park Bo Gum masih menancap di hati,  dramanya Abang Ji Chang Wook, The K2 udah nongol aja dan mulai mengobrak-abrik hati inih bahkan bersiap untuk menembaki gue dengan peluru kasih sayangnya *prett!

image

Sekarat gue kalo begini caranyah!!

belom lagi ntar juga bakal ada Goblin, dramanya salah satu Ahjussi favorit gue Gong Yoo yang jangan-jangan bakal satu slot sama dramanya Aa’ Minho?

image

Segera tentuin pilihan Adek, kita gak mau diduain loh! *Bunuh Hayati di rawa-rawa Bwaang! :’D

ya Ampooon! Dimanakah hamba harus meletakkan hati inih kalo begini caranya, ya Alloh?! πŸ˜‚

Eniwey! Mengingat arus persaingan drama Korea yang semakin menggila dan ngegalauin tingkat Asia Pasifik inih, mau gak mau gue harus menentukan pilihan, gue musti setrong dan tegas dalam menetapkan hati kepada siapa hati gue akan berlabuh. Dan apa yang bisa gue jelasin kepada para jejeran Ahjussi macho, dan barisan Oppa karismatik? Karena kali ini hati gue sudah memilih untuk tetap berlabuh kepada brondong unyuk Park Bo Gum *gue dipelet kalik yee ama nih anak? #demiapa πŸ˜‚*

image

Pelabuhan terakhir gue untuk saat ini

Eniwey lagi, Terkait masalah berlabuhnya hati gue kepada sang brondong unyuk Park Bo Gum, setelah pada postingan sebelumnya gue udah ngebahas tentang fakta Ayang Bo Gum yang lumayan seabrek dan penuh dengan delusi dan halusinasi tragis, maka pada pembahasan kali inih gue akan kembali ngomongin Ayang tapi pada konteks do’i sebagai Putra Mahkota Lee Yeong di drama Sageuk cetar KBS2 ‘Moonlight Drawn By Clouds’. Berikut beberapa fakta tentang Moonlight yang biasa disingkat MDBC yang musti elo tau, inih sekaligus menyingkap tabir kenapa drama ini begitu populer dan layak tonton; chekidot!!

Fakta MDBC:

1. Terinspirasi dari sejarah kisah pangeran Hyeomyeong dari dinasti Joseon, walaupun bukan murni based on the true story, bisa dibilang kisah pangeran Lee Yeong ini diinspirasi dari kisah pangeran Hyeomyeong, putra mahkota dinasti Joseon yang aslinya kewong sama putri dari klan Jo pada usia 11 tahun dan meninggal di usia 21 tahun.

Mangkanya banyak fans yang menerka-nerka MDBC bakal berakhir tragis alias sad ending dengan kematian sang pangeran, seperti sejarah aslinya *reaksi awal gue tau fakta ini adalah, ANDWEEE!! INI GAK BOLEH TERJADI! Lakik gue gak boleh mati! Gue gak siap jadi janda muda Ya Allah!* πŸ˜‚

2. Diangkat dari Web Novel populer dengan judul yang sama.

image

Gurame Goreng

Kalo dalam bahasanya Korea nya judulnya kedengaran mirip-mirip kayak Gurame goreng gitu deh πŸ˜‚ Well, Web novelnya masih tersedia gratis di situs naver tuh, kalo elo nekat pengen baca, silahkeun saja, sok dibaca! dengan catatan elo minimal udah bisa chattingan sama Park Bo Gum  *kayak gue* karena tulisannya isinya Hangul semua choi πŸ˜‚ bisa baca kagak loe?😩

Well, Sejak awal PD-Nim MDBC sudah menyatakan bahwa Moonlight versi dramanya gak 100% ngikutin novelnya. Tapi… kalo  ngomongin masalah endingnya sad atau happy, berdasarkeun web novelnya, dan kalo penulis versi dramanya kagak kurang piknik, maka bisa dipastikeun Putra Mahkota Lee Yeong dan Hong Ra On bakal happily ending ever after, sang pangeran dan Ra On bakal punya anak kembar geetoh
*aseekk!

image

Prosesi memproduksi anak kembarnya

Adegan bikinnya ditampilin juga kagak yak?! πŸ˜† loohh? #penontonmesum.

Di beberapa forum juga banyak yang berasumsi, bahwa terinspirasi dari sejarahnya pangeran Yeong bakal malsuin kematiannya dan bersama Ra On bakal meninggalkan istana semacam kewong lerong chiin *kawin lari maksudnya πŸ˜†* dan hidup bahagia, bersahaja dan sederhana sebagai rakyat jelata bersama, Ra On nanti bakal melahirkan sepasang anak kembar, tapi konon anak mereka, mungkin salah satunya nanti bakal dirawat oleh sang Ratu *cewek yang dijodohin sama Putra Mahkota* ahh entahlah!

3. Melewati proses casting Lead casts yang Cukup Panjang

Sejak awal tahun 2016, berhembus banyak kabar tentang beberapa aktor dan aktris Rookie alias artis muda yang dikabarkan menjadi kandidat kuat sebagai pemeran putra mahkota Lee Yeong dan Hong Ra On.

Beberapa di antaranya ada Sungjae BTOB yang sempet ngehits berkat kiprahnya di drama School 2015, namun entah kenapa pada perkembangannya do’i gagal dalam proses casting sebagai second lead man yang kemudian digantiin Jinyong B1A4.

Dan pada bulan maret 2016, terpilihlah Ayang Bo Gum yang gak seberapa ganteng tapi menggoyahkan iman itu :D, yang kali ini bakal memerankan sosok pangeran selengean nan imut-imut *waktu itu gue belom bisa kebayang karena masih terpaku pada sosok Choi Taek*

Sementara yang paling sulit adalah dalam pemilihan pemeran utama wanitanya, yaa… berhubung yang bakal jadi pangerannya adalah mahluk anti mainstream macam Park Bo Gum, maka dalam pemilihan pemeran utama ceweknya pun kagak boleh sembarangan, selama beberapa bulan Ayang Bo Gum seperti terombang-ambing dalam pencarian pasangan yang tak pasti, *jones dongg?!  #eeaaa beberapa aktris muda nan kompeten pun kabarnya sudah digaet buat jadi pemeran Ra On, sebut saja Kim Ji Won (Descendant Of The Sun) yang sempat digadang-gadang bakal jadi pasangan Bo Gum, tapi ternyata entah kenapa kagak jadi dan juga ada Kim Go Eun (Cheese In The Trap) yang juga sempet digaet tapi do’i menolak karena do’i memilih ngambil peran di drama Goblin bersama Gong Yoo Ahjussi. Duh… mereka gak nyesel apa yak udah melewatkan kesempatan dibelai sama Park Bo Gum?

Hingga akhirnya, lagi-lagi ini permainan takdir, dua bulan galau tanpa pasangan yang pasti, akhirnya Bo Gum dipertemukan dengan pasangan idealnya, siapa lagi kalo bukan gue Kim Yoo Jung yang akhirnya resmi dan dipastikeun bakal jadi pemeran Hong Ra On dan mendampingi uri Bogummy.

image

Cucok Bambang

4. Merupakan Drama yang paling berpengaruh di tahun 2016 setelah Descendant of The Sun,

Tidak bisa dipungkiri, rating telah mencerminkan sejauh mana drama ini melangkah. Eyaahh… sejauh ini di antara sekian banyak drama dari senin sampek senin lagi, ditengah-tengah persaingan yang semakin ketat dan mencekik, yang bahkan dapat rating 2 digit aja syusyah, terlebih lagi tayang di slot senin-selasa dimana konon pada slot itu Variety show bertebaran, namun Moonlight Drawn by Clouds adalah drama yang paling mampu menembus angka 20 % dan mengukuhkan posisi di nomor 1 selama berminggu-minggu.

Selain menjadi drama no 1, MDBC jugak menjadi drama yang paling banyak diperbincangkan selama 4 minggu berturut-turut, dan menduduki posisi nomor 1 sebagai Top Show secara keseluruhan bahkan udah ngalahin Infinity Challenge.

5. Sempat Dikritik Karena Adegan ‘Lilit Dada’

image

Adegan ini berbahaya bagi anak dibawah umur, *Alay dehh!

Kesuksesan MDBC sebenernya gak serta merta langsung melejit di awal episode. Tentu saja di awal-awal episode K-Netz yang emang terkenal sebagai nettizen paling bermulut gatal nan pedes macam cabe giling, langsung mengkritik kisah pertemuan pertama Lee Yeong dan Raon yang dinilai terlalu mainstream *tapi abis itu ditonton jugak #prett!

Tapi itu gak seberapa, kritik yang paling heboh tapi ekstra lebay adalah kritikan tentang adegan Yoo Jung lilit pay*dara yang dianggap terlalu vulgar buat anak seumuran Yoojung *ngook! Jangan-jangan di Korea iklan popok bayi gak boleh nampilin bayinya karena Bayi yang masih sangat dibawah umur terlalu vulgar kalo cuma pakek popok di TV 😩

6. Persaingan dengan Moon Lovers aka Scarlet Heart Ryeo.

image

Bergenre yang sama, tayang di slot yang sama, sama-sama menampilkan pemain-pemain muda segar nan ketjeh dan ruarr biasa, terlebih lagi dengan judul yang mirip *sama-sama berembel-embel bulan* mau gak mau membuat kedua drama ini menjadi ancaman satu sama lain. Sebelum kedua drama ini main, banyak pihak yang justru khawatir, Moonlight yang cuma digawangi oleh mahluk cilik macam Park Bo Gum dan Kim Yoo Jung dan segelintir artis yang gak tenar-tenar amat, apalagi tayang di slot yang sama dengan Moon Lovers, karena belom main aja popularitas Moon Lovers udah mendunia dan sangat diantisipasi.

Secara online dan global, kedua bulan yang bersinar terang menyinari malam gue dan menemani mimpi-mimpi gue ini kemudian cukup bersaing ketat. Gak sedikit forum yang banding-bandingin dan maen voting-votingan, bahkan di beberapa situs Moon Lovers lebih unggul dan tentu saja bukan sesuatu yang mengherankeun mengingat Moon Lovers diadaptasi dari Novel terpopuler yang sebelumnya sudah sukses didramain di China dan berisikan cogan-cogan penggoyah iman yang popularitasnya sudah tidak dipertanyakeun lagi, sebut sajo Lee Jun Ki si raja Sageuk, Kang Haneul, Nam Joo Hyuk bahkan Baekhyun EXO.

Namun justru di negara asalnya sendiri, Moon Lovers sepertinyah bukan ancaman serius bagi Moonlight karena perbedaan rating yang jomplang, bahkan jangankan ngejar rating Moonlight, dramanya Lee Jun Ki yang disebut-sebut sebagai the King Of Sageuk inih, hanya harus puas bertengger di posisi terbawah untuk slot drama senin-selasa.

Why Oh Why…?

Kenapakah Moonlight Drawn By Clouds begitu memikat hati jutaan rakyat Korea padahal mereka musti dihadapkan kepada begitu banyak pilihan drama cetar? Dan kenapalah selera dan pandangan gue sama banget kayak selera Korea? *apakah sebenernya gue putri dari Korea yang tertukar dan terbuang ke negeri inih? #halah! πŸ˜†*

Maka setelah gue lihat-lihat, gue raba dan gue terawang *wajahnya Park Bo Gum* maka gue pun menemukan segudang alasan kenapa Moonlight Drawn By Clouds  emang layak tonton dan pas di hati, dan kali ini gue bakal menjabarkeun penyebab pastinya sacara count down, yakni dari yang paling kurang penting sampek yang maha penting, chekidot!

8. Ost Yang Endang Bambang

image

Ini lagu yang gue puter berulang-ulang di playlist gue.

Gak bisa dipungkiri, Ost merupakan salah satu elemen penting yang dibutuhkan dalam sebuah drama untuk menjadikan feel drama itu lebih berasa dan tiap adegan yang ada di dalam drama makin dikenang hanya dengan mendengar soundtracknya. Ost mempunyai daya jual dan pasar tersendiri di luar dramanya.

Kayak misalnya, gue gak tertarik nonton DOTS tapi gue suka banget sama lagu-lagunya yang gue akui Endang Marindang Soekotjo. Dan seolah mengulang kesuksesan DOTS dari berbagai aspek, MDBC juga menunjukkan kesuksesan melalui OST, dengan segudang OST yang ngehits dan hampir semuanya endang bambang bahkan masuk chart musik nasional. Mau bagaimana lagi? Dinyanyikeun oleh penyanyi yang bisa disebut para ost master macam Gummy, Baek Ji Young dan Sung Shi Kyung membuat setiap adegan dalam MDBC semakin berasa dan terngiang-ngiang.

Gue setiap kali dengerin lagunya Gummy yang berjudul ‘Moonlight Drawn By Clouds’ itu tiba-tiba aja langsung kebayang Park Bo Gum melangkah gontai dari balik horden kamar ke arah gue 😍 atau saat gue mendengar lagu mellownya Sung Shi Kyung, gue pun langsung terbawa suasana dan ngebayangin taarufan bareng Park Bo Gum dan ngucapin bahasa isyarat cinta dari jauh 😍 *dan kemudian ost ini membuat gue mulai gila πŸ˜‚*

7. Sageuk (Kisah sejarah) Yang Gak Kayak Sageuk,

image

Di jaman Dinasti Joseon ada Gadget Choii!

Biasanya, sebrilian dan sebagus apapun kontennya kisah drama Sageuk kebanyakan terkesan berat dan njelimet macam benang kusut, penuh intrik politik, selalu dipenuhi dengan obrolan licik kumpulan bapak-bapak tua berjenggot yang ngomongin konspirasi politik yang kadang-kadang ganggu banget dan membuat gue gak jarang gagal paham.

Namun sejak memulai teaser nya, Park Bo Gum dengan tarian aje gile Boombastic yang cihuyy dan sangat berpotensi buat dijadikan inspirasi bikin flash mob atau mungkin senam jum’at sehat πŸ˜‚ sudah memperlihatkan dengan pasti bahwa drama ini gak bakal bikin loe setres dan kejang-kejang nontonnya seperti drama Sageuk kebanyakan.

Dan emang iyaa… sejak awal episode, drama yang tadinya meraih rating biasa aja ini, langsung membuat nettizen Korea tercengang dan langsung berpendapat bahwa nonton MDBC gak kayak nonton drama Sageuk, dengan tingkahnya Ayang Bo Gum sama dedek Yoo Jung yang ngakakin abis macam anak-anak kekinian.

6. Kisah Mainstream dengan Rasa anti Mainstream.
Bagi Korean Drama lover sejati kayak gue pasti gak sulit menemukan hal-hal mainstream dan predictable malesin yang ada dalam drama ini.

Sebut sajo penyamaran wanita yang pura-pura jadi lakik walaupun jelas-jelas masih keliatan cantik, padahal udah dari jaman fir’aun belom menemukan balsem geliga, konsep beginian udah banyak bertebaran di banyak drama Korea dari yang berkonsep Historical sampek Modern, Udah ada Park Shin Hye di drama You Are beautiful, ada Suzy dalam Gu Family Book, ada Sulli di TTBY bahkan yang paling mirip adalah Park Min Young di Sunkyunkwan Scandal.

Terus kisah cinta segi empat yang sangat amat klasik.

image

Cinta segitiga mainstrem dengan rasa anti mainstream

Eyaahh… kisah cinta cowok A dan cewek B yang saling mencintai, adanya kehadiran cewek C yang selalu mintak dijambak ampek botak karena selalu menghalang-halangi cinta suci Cowok A dan Cewek B, dan kehadiran Cowok D yang selalu mintak dipuk-puk dan diberikan sandaran karena harus menjadi korban PHP yang paling tragis dan menyedihkan, cintanya sepihak yang hanya bisa berkorban tanpa pamrih. Semua kisah beginian udah gue temuin dari sejak manusia purba belom menemukan api!!

jinyoung-540x779.jpg

Tapi second man ini emang gak bisa diabaikan sih 😍

Lahh… gue pikir Ayang Bo Gum setelah main di drama anti mainstream macam Hello Monster dan Reply to 1988 bakal milih drama yang lebih anti mainstream lagi, yang lebih berbobot, berat dan lebih brilliant lagi, kenapakah Ayang milih drama roman picisan beginian?! Alesannya apa coba?! Dan akhirnya setelah gue menonton dan meresapi bener-bener esensi cerita dari MDBC, maka  gue memahami maksud Ayang, Alesannya Bo Gum memilih menjelma menjadi sosok Putra Mahkota  Romantis dari dinasti Joseon karena Bo Gum selalu mengerti apa yang wanita mau *woahahanjayy!*

Emang, apa sih hal baru yang ditawarkeun MDBC selain cinta, kasih sayang tulus dan ketamvanan seorang Park Bo Gum? hal yang paling berbeda dalam drama ini adalah;

Visualisasi yang emejing,
Gue kasih standing applause dan 1000 jempol buat seluruh jajaran kru MDBC yang bertugas, karena betapa mereka memahami esensi dan arti dari sebuah keindahan, selain termanjakan dengan pemandangan angelic dari semua pemain yang pada good looking nan pada seger-seger, hal yang paling membuat MDBC jadi nontonable adalah karena viewnya yang bagaikan vitamin A.

Aselik! ini drama sageuk tapi dengan pemandangan kekinian, terutama dari segi cinematografi dan pengambilan gambar yang sangat pas, segalak shoot, zoom in dan zoom out angle, detail dan latar yang disetting dengan sedemikian indahnya sehingga membuat penonton betah melotot lama-lama.

Selain itu 1000 jempol kaki jugak buat jajaran wardrobe dan costum designernya yang sudah menyediakan kostum yang super kece, dari segi design sampek perpaduan warna yang membuat aura seluruh pemain terutama Ayang Bo Gum tampak shining shining shining, twinkle twinkle like a star 😍.

Sumfehh! Baru kali ini gue ngelihat kostum drama sageuk yang sangat fashionable dan kekinian tanpa harus melenceng dari kostum sejarah aslinya. Dan karena ngelihat hanbok Ra On yang cantik gilak, gue mendadak jadi terobsesi pengen punya hanbok syar’i kayak ngono jugak 😍 *kemudian langsung ke tukang jahit*

Kontennya yang lengkap dan seimbang, walaupun bergenre romance comedy, tapi Moonlight seolah gak pernah melupakan latar dan nilai Historis di dalam kontennya, tiap episodenya penonton selalu disuguhi dengan konten yang selalu lengkap sehingga gak monoton, selalu ada adegan cinta ngebaperin sampek bikin laper, obsesi kekuasaan, politik pemerintahan, keluarga, persahabatan, antara konflik, ada sedihnya juga, tapi diselingi suguhan komedi, semuanya dikemas dengan porsi yang pas dan mengenyangkan *mie gelaas kalik ahh!.

Alur yang pas dan gak bertele-tele, setiap episodenya tentu saja selalu ada konflik baik di tubuh istana maupun bagi cinta Lee Yeong dan Ra On, namun masalah muncul dan kelar dalam satu episode atau pasti ada sebuah titik terang di endingnya, jadi gak berlarut-larut dan membuat penonton jenuh, sehingga gak sempat mengombang-ambing emosi penonton pada konflik yang muter-muter.

Dan yang paling emejingnya adalah ending yang selalu pas, gue pernah baca artikelnya strategi MDBC inih terinspirasi  dengan strategi drama pendahulunya DOTS. Dimana setiap ending ditempatkan di detik-detik krusial yang sudah pasti bakal membuat penonton tercengang, penasaran dan mulai bertanya-tanya dan menjadikan drama ini selalu dinanti-nanti tiap minggunya, ending yang paling emejing dan paling sensasioneul sajauh ini tentu sajo adalah adegan nembak dan first kisseuπŸ˜— di akhir episode 7 yang sukses menembus rating 20%, *penonton mah sama aja yak? Sukaknya adegan yang begonon πŸ˜‚*

5. Kisah Cinta Yang Membuat Salah Paham,

image

Inilah konsep kisah cinta yang membedakan MDBC dari kisah cinta yang lain, karena sejak awal pertemuan dengan Hong Ra On, melalui tatapan manja nan mendebarkan jiwa dan raga itu, aksi-aksi cinta maksa sang Putra Mahkota emang sudah menunjukkan ketertarikannya kepada cewek cantik yang ngaku-ngaku jadi cowok itu, apalagi setelah Ra On terjebak jadi kasim di istana.
Pada perkembangannya, semakin lama cinta itu semakin tumbuh dan berkembang dan semakin ditunjukkan sang pangeran. Berbagai adegan romantis pun dilakoni, puncaknya adalah adegan kuda-kudaan itu πŸ˜† *ehh maksud gue adalah saat berdua di atas kuda, ketika sang Pangeran tak kuasa lagi untuk memendam rasa cintanya, sebuah ungkapan cinta paling gak pereuz tapi dalem sampek ke tulang-tulang dan membuat sesak nafas terutama bagi penonton rapuh seperti gue ini pun diungkapkan dengan cara yang ganteng.

image

Namun kemudian, mengingat pernyataan cinta itu terjadi ketika Putra Mahkota masih mengenal Ra On sebagai seorang lakik, maka gak cuma dalam drama yang ngegosipin putra mahkota adalah seorang maho, alias penyuka sesama jenis tapi banyak penonton yang juga ikut-ikutan beranggapan demikian, gue sebagai kubu yang menentang keras LGBT, gak terima dong pastinya, gue pun mulai galon aqua, apa iyaa… ini pertama kalinya drama Korea bakal mengusung tema LGBT? ANDWE!! Ini gak mungkin terjadi! kalo itu terjadi, mungkin gue akan berusaha melepas cinta gue kepada Putra Mahkota untuk selama-lamanya πŸ˜‚.

image

Dann!! Sekali lagi, Ayang Bo Gum memberikan sebuah kejutan tak terkira, dia mah emang gak pernah mengecewakan Noona cantiknya ini lah! Ada sebuah kenyataan bahwa walaupun Jeoha taunya Ra On adalah seorang laki-laki, tapi dia melihat ada sosok wanita di dalam diri Ra On yang dari tampang mulusnya aja udah kelihatan dengan jelas dan sekaligus menunjukkan bahwa betapa tjinta suci Putra Mahkota Yeong itu bener-bener tulus tak bersyarat #eeaaa

4. Pesona Putra Mahkota Yeong yang Begitu Memikat Hati.

image

Ahh… Helep! My Heart is attacked

Duh Gusti…gue gak bisa mengukur sejauh mana sang Pangeran dari Dinasti Joseon inih mampu meluluh lantakkan hati sanubari inih 😍 yang jelas setiap tindak tanduk yang dilakukan sang pangeran selalu mampu mendebarkan nurani yang senantiasa mendambakan siraman cinta dari pria-pria tamvan inih 😍.

Sang sutradara seolah sangat tau, sosok mahluk seperti apa yang mampu membuat jutaan wanita dari berbagai ras dan kalangan bakal jatuh cinta se cinta-cintanya. Kalo selama ini sosok pangeran yang selalu digambarkeun dalam dongeng atau drama korea kebanyakan selalu identik dengan sosok pemuda tampan nan karismatik, dewasa, bersahaja, tegas, adil, bijak dan selalu memikirkan kepentingan rakyat di atas segalanyah, namun rada  jaim dan disegani kayak Kim Soo Hyun di the moon embraces that the sun.

Maka sebagai calon pemimpin Joseon yang kelak bakal mengemban tugas maha berat, justru sang putra mahkota gak memiliki keseluruhan kriteria seorang pemimpin yang amanah dan fatonah semacam itu, diceritakeun sang Pangeran inih justru mengidap insomnia, mangkanya susah bangun pagi *rejeki calon raja dipatok ayam entar loh πŸ˜†* sang pangeran gesrek juga radak tempramen dan kadang sukak marah-marahin para pelayan, do’i sangat berjiwa muda, sesuai banget sama umurnya.

image

Putra Mahkota Gesrek

Sebagai anak muda ke-Joseon-an yang penuh gejolak, sang pangeran sangat berjiwa bebas dan petualang, do’i sukak bertindak semaunya selagi do’i merasa itu benar, sang pangeran sukak kelayapan keluar dari istana buat seneng-seneng, dan juga memiliki karakter pemberontak sebagaimana anak-anak muda seusianya, selain itu, selayaknya anak muda Joseon yang kekinian, Lee Yeong masih punya rasa egois dan  kekeuh mempertahankan apa yang dia mau, gak peduli apapun anggapan orang sekitar yang under estimate sama kemampuannya. Intinya mah jangan mengharapkan segala kriteria seorang pemimpin dari sang putra mahkota deh!

Namun bukan berarti Seja Jeoha yang tampan tak terkira ini gak pantes jadi seorang pemimpin apalagi pemimpin dalam rumah tangga loh πŸ˜†. Putra Mahkota yang satu inih selalu di luar prediksi, penuh kejutan mencengangkan dan yang pasti selalu keren dalam setiap tindak tanduknya, awalnya gue ngeliat kelakuan CP Lee Yeong ini, gue agak sedikit ngeganjel gitu di hati sanubari, dalam benak gue, jujur saja kalo sang Putra Mahkota ini nyalonin di Pemilu Kada, gue pasti udah ragu mau nyoblos, karena galau mau milih antara mempertimbangkan ketamfanan dan karismanya ataukah kelayakannya jadi seorang pemimpin.

Tapi seperti biasa, Park Bo Gum di setiap peran apapun selalu menyalahi prediksi dan melawan gaya gravitasi namun selalu sesuai dengan harapan. Begitu juga dengan pangeran Lee Yeong inih, lagi-lagi di luar prasangka, di balik jiwa muda yang penuh gejolak itu, tersimpan jiwa seorang pemimpin sejati dan rasa tanggung jawab, kayak misalnya waktu adegan Jeoha dengan kerennya ngelabrak dan menghunuskan pedang ke Diplomat dari dinasti Qing yang terhormat saat mau macem-macem sama Ra On, semua orang dalam drama menduga dan gue pun ikut-ikutan menduga bahwa betapa egoisnya sang Putra Mahkota yang cuma karena seorang kasim rendahan, dia bisa menjatuhkan dinastinya di mata dinasti Qing dan mengorbankan kemaslahatan dinasti dan rakyatnya.

Padahal mah dan rupa-rupanya, dibalik aksi heroiknya untuk menyelamatkan wanita yang dicintainya dengan sepenuh jiwa dan raga itu, ada alesan yang lebih kuat dan penting, dan bukan kepentingan pribadi semata, yakni ngebongkar aksi penyelundupan yang dilakukan oleh akik-akik jahanam Diplomat dari dinasti Qing itu. Sekali tepok 2 laler mati gitu deh istilahnya *keren kan?*

Selain itu pangeran jugak sangat cerdas, dan gue bisa ngeliat itu dari betapa keren dan mempesonanya dia saat menghadapi para penjilat istana macam perdana menteri bangkotan yang gila kekuasaan sama sang ibu tiri, si Ratu jahanam yang selalu berusaha buat jatohin dia. Deuhh! Tiap kali melihat ekspresi songongnya Putra Mahkota dan kata-katanya yang ngena dan nyelekit sehingga mampu membungkam lawan, gue serasa langsung merinding disko dan demam tinggi geetoh. Bawaannya pengen nyipok basah Putra Mahkota deeh aiihh πŸ˜—πŸ˜

3. Unlimited Romance Without Hot Scenes.

1 kata yang paling mudah untuk menggambarkan seorang Putra Mahkota Lee Yeong adalah ROMANTISSS!!

Ini mungkin salah satu alesan terbesar kenapa gue begitu baper gak abis-abis sama ini drama dan semakin cinta sama sosok Park Bo Gum. Lagi-lagi karena sosok Putra Mahkota Lee Yeong ini bener-bener kriminal. Sejak awal drama ini emang terprediksi bakal romantis karena emang dari genre dan novelnya sendiri udah keliatan. Namun yang mengkhawatirkan tentu saja karena pemainnya masih terlalu muda untuk melakukan adegan yang lebih jauh, di stasiun TV KBS yang aturan siarnya ketat udah kayak calon Bapak mertua ajah, apalagi umur Kim Yoo Jung yang butuh nunggu 2 tahun lagi buat dianggap dewasa, awalnya gue pikir, berbeda dari Reply to 1988 yang mana merupakan drama TV kabel tvN yang rada minim sensor sehingga Bo Gum dengan leluasa melakukan adegan kisseu yang ‘Hot’ sama Hyeri, maka kali ini gue pikir Bo Gum pasti bakal mati gaya dan gak bakal bisa ngapa-ngapain bahkan walaupun cuma ngikutin adegan di novelnya yang aslinya melakukan adegan cipokan kurang lebih 6 kali πŸ˜‚

Tapi sekali lagi, the unpredictable Park Bo gum selalu membuat gue tertegun manja.  Gue akui, soal romantis-romantisan mah drama Korea emang paling jago lah ya meramu situasi dari sebuah adegan  menjadi sesuatu yang memorable nan ngebaperin, segala hal yang romantis emang selalu bertebaran di setiap drama berbagai genre.

Namun sayangnya, romantis ala drama Korea selalu diidentikkan dengan adegan kissing, sehingga adegan kissing emang selalu dinanti-nantikan oleh segenap penonton mesum di seluruh jagad raya inih. Emang iyaa… gak munafik gue puun demikian, tentu saja drama Korea bakal jadi kurang asik tanpa adanya adegan ‘wajib’ itu. Tapi sejujurnya segala sesuatu yang berlebihan jatohnya bakal jadinya gak nikmat lagi dan mulai ngenekin. Biasanya di drama-drama yang diperanin sama artis-artis dewasa, mentang-mentang boleh dan sah, frekuensi adegan kissing scenenya jadi kebanyakan dan membuat gue gak merasakan rasa baper lagi bahkan terkadang malah eneg.

Namun, MDBC  mengajarkan kepada kita bahwa banyak hal yang lebih indah dari hanya sekedar adegan cipok basah. Park Bo Gum masih sangat bisa membuat jutaan penonton baper tak berdaya tanpa harus melanggar pasal undang-undang perlindungan anak di bawah umur πŸ˜†. Berikut ini rentetan adegan Romantis nan baper di MDBC yang gak bakal loe lupain seumur hidup loe;

Rayuan Gombal Simple, Klasik Ala Joseon namun dengan Rasa Kekinian.

Jangankan tindak tanduknya, bahkan perkataan dan diamnya sang Putra Mahkota adalah sebuah keniscayaan dan keindahan yang patut disyukuri dari yang Maha Kuasa 😍😍 Gue gak ngerti Pangeran Lee Yeong ini berguru sama Kahlil Gibran, Majnun atau gimana buat bisa melontarkan berbagai rayuan maut yang terkesan biasa tapi esensi dan efeknya bikin wanita manapun kejang-kejang dan mampu menggebrak Rating.

photogrid_1475376421089.jpg

Kamvrettt!! Cewek waras mana yang gak tergila-gila sama buaian cinta inih?

photogrid_1475376796648.jpg

Terus yang ini, Elo bisa apa kalo ditembak sama cowok macam Park Bo Gum dengan gaya sok ganteng tapi emang ganteng ginih? Ahh, gue bisa mati bediri!! 

The Heart Touching Love Signal

Sejauh ini, episode 9 masih memecahkan rekor sebagai episode dengan rating tertinggi, mungkin itu karena salah satu adegan romantiss, baper dan paling memorable adanya di Episode 9, adegan penggebrak rating itu adalah ketika sang Putra Mahkota dengan  gemesinnya memainkan jemari dan kedua tangannya lengkap dengan tatapan lembut dan ekspresi penuh kesungguhan untuk mengungkapkan bahwa betapa dia sangat mencintai Hong Ra On dan ingin dia tetap disisinya #Eeaa

photogrid_1475376601973.jpg

Gombal Syariah jilid 2. Kagak usah dibelai wanita udah keder sendiri

Cuma disini loe bisa ngeliat adegan romantis versi syariah alias tanpa harus melakukan adegan belai-belai sentuh sentuhan apapun πŸ˜…, dari jarak jauh tapi feelnya berasa kayak lagi ngeliat Pangeran William dan Kate Middleton lagi melakukan Balcony Kiss.

Segala adegan Romantis dari Yang Biasa sampek yang Luar Biasa ada disini,

Seolah sang sutradara dan penulis ingin menebus dosa dan kesalahan karena gak bisa memenuhi harapan penonton dengan menampilkan taburan adegan hot kissing, maka mereka mengganti adegan kissing itu dengan rentetan adegan-adegan yang gak kalah baper dan mendalamnya, dengan kata lain di setiap episodenya, sang Putra Mahkota selalu mampu memenuhi harapan rakyatnya, karena selalu sajo ada moment-moment manja Yeong On yang tercipta yang selalu dinanti-nanti, yang jangankan Ra On, penonton yang cuma bisa melihat puun, seperti gue ikut merasa menjadi wanita paling bahagia di muka bumi ini 😍

Maka dari itu dari sekian banyak drama yang udah gue tonton, bagi gue pribadi sebagai pecinta Romance, MDBC adalah drama terbaik untuk urusan romance yang pernah ada, karena sampek detik ini, hampir semua adegan romantis udah diborong semua sama Yeong On, dan menurut gue gak ada satupun yang gak ada rasanya, semuanya terasa diluapi dengan perasaan cinta yang membuncah bukan cuma sampek ke Ra On, tapi bener-bener sampek ke hati penonton berhati rentan seperti gue inih.

Kayak misalnya adegan klasik narik tangan atau renggut paksa, adegan nerbangin lampion bersama, adegan kelelep terus ditolongin, adegan berdua di atas kuda, adegan ride piggy back, gelang couple,

 

adegan tidur di atas pangkuan, adegan india *lari-larian dibawah rinai hujan*

photogrid_1475516549538.jpg

Gelang couple YeongOn, udah dipasarkan dan udah Sold Out dan gue galau gak tau musti beli dimana

 

adegan pangku-pangkuan, adegan back hug, adegan bobo bareng *jangan ngeres lu pade* satu adegan romantis yang belom dilakuin adalah, nyanyi-nyanyi sambil ngitarin pohon, *loohh? Loe kate ini india apah? πŸ˜‚*

Bahkan walaupun semuanya berkesan, gue gak bisa ngejabarin satu-persatu tiap adegan romantisnya karena gue butuh postingan baru untuk itu *saking banyaknya*

Segala Jenis Gendongan pun sudah Diborong

Kalo ada yang pernah baca postingan gue tentang Drama Korea Vs Drama India, salah satu poin yang gue jabarin adalah perbedaan antara Korea dan India dalam hal gendong menggendong. Dimana beda negara maka beda pula cara gendong menggendong mesranya.

Pada drama Korea kebanyakan apapun genrenya, adegan gendong mesra yang sangat mainstream adanya cuma 1 macem, yakni ride piggy back, atau gendong punggung unyuk, sementara gendong bridal sambil pandang-pandangan tapi kagak kesandung-sandung sudah menjadi hak milik mahluk-mahluk keker nan brewok nya India.

Namun Bo Gum ini rupanya hobby sekali mematahkan hipotesis, research dan observasi yang udah gue kembangin dengan susah payah selama bertahun-tahun, Bo Gum kembali membuktikan bawah gendongan bridal gak cuma dimiliki oleh mahluk brewok yang sok kuat dari India, tapi Bo Gum yang bertampang kinclong dan unyuk pun bisa melakukan hal yang sama bahkan lebih dari itu.

Di MDBC loe bisa menemukan segala jenis gendongan yang loe impi-impikan selama inih dan membuat loe yang bertubuh ungendongable alias bobot badan yang susah digendong mendadak termotivasi buat diet dan membuat loe bawaannya pengen digendong ke pelaminan πŸ˜‚

image

Gendongan mainstream ala drama korea

 

screenshot_2016-10-02-10-56-04.png

Gendongan Bridal anti kesandung ala pria keker India, dan Bo Gum pun bisa melakukannya dengan gantengnnya

image

Gendongan anti mainstream ala prawedding perdana di MDBC

The Legendary Kissing Scene

image

Adegan kissing legendaris

Maka kenanglah adegan ini selalu karena kemungkinan besar dari 6 kali kissing scenes yang ada di dalam novel cuma bakal dirangkum dalam 1 adegan kissing di ending episode 7 ini yaa mentok-mentok ada tambahan adegan kissing yang seadanya lah πŸ˜‚ πŸ˜‚ Gue gak jamin nanti-nanti loe akan dikaruniai rejeki seindah ini sampe akhir episode, bahkan ya kalo gue analisis lagi, mengingat image dan umurnya Yoo Jung, sebenernya tadinya kagak bakal ada adegan beginian di MDBC, tapi berhubung secara mencengangkan ratingnya kelewat tinggi jadi adegan kissing baper ini ditampilin sebagai sebuah hadiah surprise yang super manis buat penonton yang selalu haus akan pemandangan Hot. πŸ˜‚

Maka inilah kenapa gue bilang adegan kissing Yeong On adalah adegan kissing paling legendaris di abad ini, karena ini adalah adegan paling langka dan selalu dinanti-nanti. Dan anehnya walaupun di antara sekian banyak adegan kissing ngebaperin yang sudah gue pelototin di tiap drama Korea yang selalu berlomba-lomba mengatur adegan kissing dengan setting se-menakjubkan dan se-hot mungkin, kissing scene Lee Yong dan Ra On ini justru terbilang adegan kissing super biasa, bahkan terlalu innocent tak berdosa, apalagi bagi orang-orang barat mah pasti nganggapnya ini kissing scene yang paling awkward yang pernah ada karena cuma nempel di permukaan bibir doang, hal itu sangat bisa dimaklumi mengingat ini adalah First Kiss nya YooJungie *chikichiww!! ini bakal dia kenang seumur hidupnya πŸ˜†* selain itu Ayang Bo Gum, si cowok alim, berbudi luhur dan menjunjung tinggi tata krama dan sopan santun, jadi ikutan sangat hati-hati nyium dedek Yoo Jung seolah YooJung adalah benda berharga semacam keramik peninggalan dinasty Tang yang musti hati-hati banget takut pecah πŸ˜‚

Namun lagi, the power of Moonlight ini selalu aja bisa menyulap hal biasa menjadi terasa luar biasa, adegan Kisseu awkward itu justru terasa jauh lebih berkesan, memorable dan ada manis-manisnya gituh dibandingkan kissing scene gaya apapun. I mean sequence nya itu loh! terasa mengalir begitu lembut dan membuai namun menyentak dan mendebarkan hati sanubari,

image

mulai dari Seja Jeoha nembak Ra On secara blak-blakan setelah sebelumnya dihindari, terus sabda cinta sang Putra Mahkota dengan suaranya yang menggelegar namun lembut selembut marsmellow yang sangat melekat di otak dan hati gue ketika dia bilang “I wanna try that bad love” 😍😍, terus dilanjutkan  dengan adegan maju mundur cantik dan terus secara paksa Yeong meraih pinggul Ra On ke dalam dekapannya sampek songkoknya jatoh, terus reaksi Ra On yang spontan namun sangat manusiawi gak kuasa menepis tatapan cinta sang pangeran *cewek manapun bakal melakukan hal yang sama* dan dengan pasrahnya Ra On merem seolah sudah siap dan ngarep banget buat ditindak lanjuti, daaann kemudian… jadilah choco crunch! Kissing scene kikuk namun mendebarkan tingkat tata surya ituh 😍😍

Duh… I’m sure di era modern dan globalisasi sekarang inih, kissing scene semacam inih cuma bisa loe temui dalam 100 tahun sekali dah, bahkan bagi gue pemandangan seperti ini lebih berharga dari sekedar lukisan Monalisa deh πŸ˜† maka gue selalu nyaranin, kenanglah selalu kissing scene legendaris inih karena belom tentu anugerah seindah inih akan loe temui hingga akhir khayat nanti, jangan sampek deh loe menyesal udah melewatkannya *lebay dahh!

The Innocent ‘Bed Scene’

image

Cuma disini loe akan nangis nonton adegan ranjang. *woakakamvrett!

Lagi-lagi ini di luar nalar dan kebiasaan, karena biasanya yang namane adegan ‘bed scene’ itu udah pastilah hot dan bikin loe terbengek-bengek, namun kali ini adegan bed scene YeongOn kembali melawan arus karena justru malah bikin penonton termehek-mehek.

Adegan dimana YeongOn berada dalam satu selimut dan satu ranjang, Raon mandangin Putra Mahkota yang lagi tidur *malah tidur, kali ini putra mahkota bener-bener payah deh ah, ngerti kan maksud gue πŸ˜†* terus Raon nangis dan dengan inisiatif sendiri memberikan sebuah ciuman syariah (?) sebagai sebuah tanda perpisahan πŸ˜‚ ahh… syedih deh Hayati πŸ˜‚

3. Kiprah Kim Yoo Jung Yang Gak diragukan lagi

3

Masih 17 tahun loh Vrohh

Gak bisa dipungkiri, daya tarik terbesar dari MDBC tidak lain dan tidak bukan adalah karena kualitas pemeran yang semuanya terbilang muda nan fresh dan masih junior tapi dengan kemampuan senior.

Bukan secara popularitas, karena di Korea sendiri popularitas gak menjamin rating. Kim Yoo Jung salah satunya, pemeran Hong Ra On sang lead female yang polos namun sangat tau perasaannya dan apa yang dia mau, sosok cewek yang terpaksa harus nyamar jadi pria namun punya hati lembut dan pasrah-pasrah wae dibelai sang Putra Mahkota yang emang susah ditolak πŸ˜‚

Kalo dipikir-pikir sebelom nonton MDBC sebagian besar orang bakal susah ngebayangin seorang gadis kecil macam Kim Yoo Jung mampu memerankan tokoh Hong Ra On yang kocak dan musti menyamar jadi awowok. Karena dari sekian banyak dramanya, Yoojungie selalu identik sebagai seorang gadis bangsawan Joseon yang berjiwa lembut, kalm, pinter nan baik hati, belom lagi penampilan yang sangat tidak meyakinkan, istilahnya, Yoo Jung terlalu cantik dan terlalu manis untuk jadi sosok Hong Ra On.

Well, Kim Yoo Jung sendiri adalah gadis remaja belia yang baru berusia 17 tahun namun dengan pengalaman akting dengan list drama dan film yang beejibun, serta dengan segudang  prestasi dan menghargaan setumpuk sejak berusia 4 tahun.

Nih cewek bahkan sudah puluhan kali menjadi versi kecilnya artis-artis papan atas Korea macam Song Hye Kyo di film Hwang Jin Yi, Yoon Eun Hye dalam drama Princess Hour, Han Hyo Joo di drama kolosal Dong Yi dan yang paling booming pastinya adalah jadi versi kecilnya Han Ga In di drama The Moon The Embraces The Sun. Kalo bisa gue kasih gelar yaa… dilihat dari track recordnya Yoo Jung ini sudah pantes mendapatkan gelar sebagai The Queen Of Sageuk, karena lebih dari siapapun, mungkin Yoo Jung adalah artis dengan jumlah drama Sageuk terbanyak sejauh ini.

Namun begitu, popularitas Yoo Jung selama ini cukup stabil dan gak pernah booming-booming banget karena Yoo Jung sendiri walaupun dramanya bejibun tapi dia selalu mengambil peran dengan scene irit alias jarang banget jadi pemeran utama dari awal sampai ending, karena fakta yang nyalutin dari nih anak adalah, YooJungie tetep mengutamakan pendidikan formalnya, do’i lebih memilih sekolah di sekolah umum seperti anak-anak lain pada umumnya.

Dan melalui drama MDBC inilah kesempatan Yoo Jung untuk menunjukkan kemampuan akting yang sebenernya, dan kebukti tidak bisa dipungkiri Yoo Jung sangat out standing dalam merepresentasikan sosok Hong Ra On, menurut gue untuk anak seusianya, Yoojung bener-bener over emejing dalam hal akting, dia dapet banget untuk akting segala emosi, ceriwis di awal-awal dapet binggo dan ketika dihadapkan kepada begitu banyak permasalahan cinta, ekspressi dia pun mantap kali, dari deg-degan ditatap Ayang Bogum, ekspressi pasrahnya dia, ekspressi nangis yang ditahan-tahan sampek ekspressi nangis beneran itu bener-bener, itu tuh perfecto bengeutt!

Keberhasilan akting Kim Yoo Jung dalam memikat hati fans ini pun terlihat jelas dari pembludakan popularitas dengan menempati posisi teratas di berbagai forum dengan membandingkan aktris kenamaan lainnya. Bahkan sekarang Yoo Jung adalah model kosmetik terbaik kedua setelah Yoo Na SNSD dan bahkan ngalahin Suzy dan belom apa-apa aja  barusan udah memenangkan piala APAN Awards sebagai best new ectress 2016 *emejing sekali bukan gadis inih?*

Dan yang terpenting lagi adalah walaupun dia harus berpenampilan awowok, kecantikan alami tanpa pemanis buatan Kim Yoojung yang kagak main-main dan susah ditutupi, wajahnya yang bening dan fresh, muda belia membuat dia kelihatan begitu pas dipasangin sama Park Bo Gum yang kelewat ganteng, gue sampek gak bisa bayangin gimana jadinya kalo posisi Hong Ra On ini diperankan sama orang lain?.

2. Daya Pikat Sejumput Park Bo Gum

Gak terbantahkan lagi, pilar utama dan the center of attention dari drama Moonlight Drawn By Clouds  tidak lain dan tidak bukan adalah ‘bulan’ itu sendiri, my Honey Bunny Sweety Park Bo Gum yang belakangan selalu menyinari malam-malam gue dan menemani mimpi indah gue #eeaaa. Bahkan sekarang ibarat dikasih pertanyaan misterius, yakni mana yang duluan Ayam apa telor? maka pertanyaan yang njelimet bagi gue sekarang adalah, apakah MDBC yang membuat Park Bo Gum bersinar terang, ataukah sebenernya Park Bo Gum lah yang membuat semua orang menonton MDBC?

Yang jelas, dengan track record acting yang mencengangkan hingga menjelma menjadi sosok Putra Mahkota super ganteng, cerdas, penuh karisma dan romantis alias raja gombal, serta kepribadian asli yang dari sononya emang bener-bener berbudi luhur dan sholeh bahkan gak jarang disebut-sebut sebagai sosok yang sangat sempurna luar dalem, membuat Park Bo Gum begitu memikat hati dan pantas untuk dicintai.

image

Meme kekinian

Dan sekarang setelah virus Song Joong Ki mewabah ke seluruh jagad raya, maka kini giliran Bo Gum yang sudah menjelma menjadi sosok idola baru dan menjadi icon baru dalam dunia K-Drama. Bahkan baru aja gue dapat kabar, gak cuma dedek YooJung, Bo Gum pun turut memenangkan penghargaan Best Male Rookie Awards di ajang APAN AWARDS 2016, chukkae Bogummy!! 😍 *karena udah menang teraktirin Adek makan mie ayam langganan di depan klinik bersalin itu dong Bwang πŸ˜†πŸ˜‚.

1. Chemistry Park Bo Gum – Kim Yoo Jung (BoYoo) Yang Kagak Bercanda

image

Dan inilah alesan paling masuk akal kenapa MDBC menjadi drama yang luar biasa. Bahkan gue sempet bikin voting-votingan ini di forum One Hallyu, gue bikin voting hal apa yang paling membuat MDBC menjadi drama terfavorit? dan jawaban mayoritasnya emang sesuai, karena Chemistry aje gile antara Park Bo Gum dan Kim Yoo Jung.

Menurut gue, chemistry adalah sesuatu yang magis yang gak bisa didapatin cuma dengan usaha keras dan akting yang mumpuni dari sepasang aktor aja, ada begitu banyak artis yang dipasangin dan memiliki  kemampuan akting yang luar biasa dan dibanjiri dengan adegan kissing scene namun tak jua menghadirkan chemistry yang bener-bener real.

Dan hal itu emang terbukti, dari cerita Yoo Jung, dia sempet cerita kalo awalnya dia sama Bo Gum Oppanya berusaha keras buat membangun chemistry dengan sering jalan bareng *eeaaa udah kayak PDKT aje* tapi itu justru malah membuat mereka semakin kikuk satu sama lain tapi justru akhirnya chemistry itu terbangun dengan sendirinya tanpa harus dibikin-bikin. *apakah mungkin karena sekarang emang udah maen perasaan? #eeaaa

image

Udah gue bilang kan Chemistry itu gak bisa dibuat-buat seberapapun hebatnya akting loe?, *ini semacam anugerah dari Yang Maha Kuasa* sejauh ini, pasangan yang paling berhasil menampilkan chemistry yang paling gak bercanda dari drama Korea adalah Ji Sung dan Hwang Jung Eum (Secret & Kill Me Heal) yang paling fenomenor juga ada Song Joong Ki dan Song Hye Gyo *gue gak bisa menilai karena gue gak nonton DOTS tapi kayaknya iya banget sih*, dan kali ini Park Bo Gum dan Kim Yoo Jung mewarisi chemistry luar biasa itu.

Jadi kalo mau gue klasifikasiin, chemistry pasangan generasi pertama diraih oleh Ji Sung – Hwang Jung Eum, generasi kedua oleh double Song dan generasi ketiga sekarang tentu saja dipegang oleh Park Bo Gum dan Kim Yoo Jung.

Gak diragukan lagi, Bo Gum sebagai raja chemistry bin raja gombal emang selalu cocok dipasangin sama siapa aja, tadinya sih gue galau memilih mana yang paling pas buat Bo Gum, apakah sama Irene RV (Music Bank) Hyeri (Reply to 1988) atau Yoo Jung sendiri? Tapi lama-lama melihat setiap adegan magis antara YeongOn di MDBC yang tampak begitu nyata, membuat mulai menyadari, seolah-olah mendadak Yoojung adalah pasangan yang paling pas buat Bogum, gak ada yang lain, bahkan gue gak yakin gue bakal segila ini ngelihat adegan bapernya kalo Bogum melakukannya sama artis lain *yaa kecuali sama gue lah* yaa.. walaupun rayuan maut tanpa script sudah sering dilontarken Bo Gum kepada Irene, dan 3 kali kissing hot bareng Hyeri Girls Day, tapi chemistry Ayang dengan Dedek Yoo Jung makin kesini semakin kuat tak terkalahkeun dari pasangan manapun, walaupun hanya dengan cipokan unyuk di ujung bibir dan gombalan mematikan dengan script *eeaaa.

Karena selain modal akting yang seimbang dari keduanya, emang ada faktor magis yang emang ngebuat pemasangan BoYoo begitu terasa pas dan sangat manis di setiap adegannya, ini semacam chemistry dari langit gituh dan sekarang chemistry segudang itu juga tampak dari moment-moment BTS YeongOn loh guys. *duhh ini tanda-tanda jiwa shipper gue kumat deh*

image

Itu bukan tatapan seorang Putra Mahkota kepada kasimnya, *Al Ratu Songong*

Yaa… namun begitu, walaupun sudah terbaper-baper sama pasangan muda inih, gue udah bertekad untuk pensiun dari jagad pershipperan, kali ini sih gue memutuskan untuk gak ikutan sekte sesat perjodohan alias shipper BoYoo seperti kelakuan gue yang dulu-dulu yang hobby banget merangkap jadi mak comblang, karena kalo gue udah jadi shipper bahaya banget Vroh! gue gak akan kuat ngelihat couple kesayangan gue dipasangin sama yang lain jadinya, dan gue gak mau ngehambat karir lakik gue, eheheh. Yaa.. walaupun makin ke sini gue mulai gak tahan jugak sama keserasian BoYoo sih πŸ˜‚ tapi gue tetep harus kuat dan gak mau tergoda sama godaan BoYoo shipper. Kali ini gue cukup mengamati dari jauh apa yang bakal terjadi mereka selanjutnya, karena gue percaya akan chemistry itu, dan seperti sub judul super indah MDBC di episode 12 “Let the trust be the destiny” biarkan keyakinan itu menjadi takdir, #eeaaa

Keinginan gue cuma satu sih buat BoYoo, peliiiss setelah ini kalian harus tampil bareng, bergandengan mesra di aja red carpet dan menangkanlah kategori Best Couple *lohohoh jiwa shipper kumat lagi ikihh* πŸ˜‚ Btw, bagi loe yang punya perasaan yang sama dan senasib gilak kayak gue, silahkeun tinggalin jejak yak! share perasaan kamyu dan ramein artikel gilak gue inih, buat motivasi bikin artikel lebih gila berikutnyaah, bye

25 thoughts on “Alasan Gokil Kenapa Loe Harus Nonton Moonlight Drawn By Clouds

  1. Gue ga tergila2 sama you who come from the star and DOTS, tapi gue ga bisa waras kalau menyangkut moonlight….!!! Tanya kenapa?. Jawabannya ada di postingan ini…. Detail dan keren banget artikelnya… πŸ˜€

  2. no koreksi dikit min, sungjae itu btob bukan b1a4.. selalu ketwa klo bca postingan dsini.. hehehe.. pi emang benar sii boyoo couple itu emang serasi n sweet.. ga butuh hot kiss cukup ngeliat cara mereka pandang2 dah sweet bgd.. semoga bogum bisa real date ma yoo jung suatu saat nnti.. karena pasti banyak yg ngantri buat yoo jung salah satu nya sii lee min ho (93).. secara 17 thun aj dah cantik bgd no oplas lagi.. ehmm semoga nnti mereka bisa dtg bareng di kbs awards akhir thun nnti n bisa menang best couple karena biasanya kbs penghargaan buat best couple lebih dri satu.. ditunggu cerita2 selanjutnya..

  3. Ini yang sekarang gue rasain..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ gue kira cuma gue doang mbak-mbak nggak tau umur yang hampir gila cuma gara-gara dedek Unyuh ngegemesin cem Bogum ini..😘😘 Eh, ternyata gue ada temennyaaahh jugak!! Seneenggg… toslah kita…πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ gue juga kagak nonton dots!!! Kagak ngelirik-lirik drama sebelah jugak *yang katanya lebih bagus dari ini* #Ohok Gue tetep terngehe-ngehe sampe terseok-seoknya cuma sama Moonlight… Seeeetdah…πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  4. Ini yang sekarang gue rasain..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ gue kira cuma gue doang mbak-mbak nggak tau umur yang hampir gila cuma gara-gara dedek Unyuh ngegemesin cem Bogum ini..😘😘 Eh, ternyata gue ada temennyaaahh jugak!! Seneenggg… toslah kita…πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ gue juga kagak nonton dots!!! Kagak ngelirik-lirik drama sebelah jugak *yang katanya lebih bagus dari ini* #Ohok Gue tetep terngehe-ngehe sampe terseok-seoknya cuma sama Moonlight… Setdah…πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  5. Daebaak…Kereeen sukaa bacanya.jd senyum2 sendiri…pengen nonton bogum..krn kangen sama kknya bang onki..ah ade nya pun gpp..alesan 1..alesan 2..aih bombastik bikin penasaran..lirikan mata bombastik bogum bikin meleleh..pengen ntn nih drama..3.dan tnyt kereeen sesuai ulasannya..bersyukur couple imut n lucu ini bisa bikin move on dr abangny 4.otak shipper kumat..hayoo lah mrk pacaran bak glen alinski dan chealsea olivia wkwkwk…

  6. Artikelnya keren, mewakili isi hati banget kenapa suka dengan MDBC. Terlebih soal chemistry BooYoo couple. Aduuh ini yg paling jelas banget, bener dari langit kayanya. Sama, sy jg kalo udah suka sama couplenya susah banget liat mereka dipasangin dgn yg lain, dan pilihan couple yg disebut di sini jg sama…hahaha. Iya kita liat aja gimana nantinya, soalnya KYJ jg rencana nge-date baru umur 25, masih lama, kalo jd sama PBG di dunia nyata. Saya ngedukung 1000%. Pokoknya semua scene romance di sini bikin happy banget.

  7. Jujur aja gue bukan kdramalovers, gue kpop fangirl yg punya kebiasaan nonton 1 kdrama setiap tahunnya dr jaman Endless Love muncul. Taun ini sampe DOTS tayang gue masih galau bakal dapet tontonan drama taun ini atau gk, akhirnya gue mutusin nyoba nonton DOTS dan hasilnya gue mandek nonton di ep 2 karena emang gk Sreg, tdnya nyerah, gue mau nunggu Hwarang, tp…begitu liat teaser Boombastic ala Bogumy…OMG…gue gk bisa nahan buat gk nonton Moonlight, dan gue bersyukur, ni drama klop banget sama hati gue hahaha. Dan semua fakta yg ada disini itu BENAR!!! Tanks udah bkin tulisan yg super gokil tapi bener banget ini 😍

  8. Kereeeennn banget.. kirain cuma gw emak2 yang di hipnotis sama charming nya PBG 😍
    Makasih ulasan nya yg dasyaaattt sejagat raya yg bikin gw ngakak waktu baca nya hahahah

  9. Daeebaaaak yang buat tulisan ini aseli dari atas sampe bawah ga di skip runit bacanyaaaa ngakak sejadi jadinyaaa senyam senyum sendiri hahahaaha , sepemikiran bangetttttt beneran deh drama ini bikin penasaran terus dan yap ini drama fenomenal setelah dots hahahahaa

  10. Suka banget banget banget, senyum sendiri dari awal smpe akhir bacanyaaa, OMG,,,,,,,,aku sbenernya nungguin drama ini gara2 yg main uri yoojung, hohoho,,,,,dn ternyata g kcewa sm skali, dibikin penasaran setiap eps nyaaaa,,,, gomawoo

  11. secara keseluruhan aku suka bngt dg article yg mimin tulus tapi ada yg kelewat dg bts adegan first kiss nya yoojung yg g kalah sweet nya dg yg di drama apa lg lihat Boyoo pada malu2 stlh adegan itu 😚😚

  12. Salam kenal Mba Nisa… Tangan tetiba gatel pengen ninggalin jejak abis baca artikel Mba… Tapi maaf duluan ya Mba Saya, bakal panjanh banget kayaknya πŸ˜…

    Kereeeeeeen 😍😍😍
    Lengkap abis lah tulisan Mba ini mewakili perasaan Saya buat MDBC. Semua poinnya sama banget sama alasan kenapa Saya nonton MDBC dan mengabaikan Jun Ki Orabeoni di channel sebelah. Padahal justru drama dia yang Saya tunggu – tunggu.
    Ada yang sedikit agak berbeda diurutan alasan punya nya Mba sama alasan Saya. Saya naroh ost. di urutan tengah, antara 3 atau 4 gitu. Karena Saya pecinta ost. dan bisa baper sendiri dengar ost meski nggak nonton dramanya πŸ˜…
    Plus 1 alasan lagi buat Saya kenapa MDBC jadi tonton-able banget : Sinematografi dan Costume Design-nya Masya Allah, cantik dan menawan. Menurut Saya tim MDBC ini benar – benar tau yang namanya cantik dan menawan itu kayak mana. Bukan cuma pemain yang memanjakan mata, latar/pemandangan dan kostum yang ada disepanjang dramanya juga.
    Mau itu adegannya di pagi yang masih ada embun2nya, siang pas matahari terik dan terang benderang, menjelang malam yang dominan merah kegelap-gelapan sampai malem yang benar hitam pekat, latar yang ada indaaaaah banget.
    Lanjut, mau itu cuma sekilas dan numpang lewat, tapi kostum yang mereka pakai juga nggak melupakan yang namanya cantik dan menawan.

    Aduh, beneran panjang ternyata, lama – lama nge-blog sendiri di sesi komem blog orang. Maaf ya Mba Nisa πŸ˜‚ Tapi inilah efek MDBC ke Saya. Kalau ada yang mulai bahas, Saya tetiba merasa diajak dan akhirnya nggak berhenti ngoceh…

    Udah dulu ya Mba… Keep being ajussi lover. Saya bahagia lho nyangkut kesini lewat IG Mba. Ternyata ada juga yang hampir satu selera sama Saya.
    Kita punya banyak kesamaan lho Mba *meski ini agak maksa dari Saya :
    – Kita seumuran kayaknya πŸ˜† tapi Saya nyaman banget manggil Mba, Mba…
    – Setuju untuk JiSung-Hwang Jeong Eum. Mereka couple favorit sejak Secret dan Kill Me Heal Me. Bersyukur mereka bisa reunian di drama dalam waktu sedekat itu.
    – Saya juga nggak nonton DOTS, tetiba Stuck di eps 4. Entah kenapa nggak bisa lanjut lagi. Nggak sreg.
    – So Ji Sub nya sama GHJ aja boleh? Ajussi yang makin tua makin menggila cakepnya. One of My Fave Ajussi in KDramaland.
    – Saya juga merasa bersalah menyukai lakiknya mba *baca : Park Bo Gum*. Bukan karena dia lakiknya mba, bukaaaan… tapi karena umurnya. Harus dia itu Adek Saya gitu?
    – Dan saat ini Saya juga lagi berjuanh habis2an melawan nafsu shiper-menshiper BoYoo… Tiga kali Saya nge-ship dan tiga2nya ngajarin Saya gimana rasanya patah hati. Sakit Mba (lha, curhat?) karena Saya memberikan seluruh hati dan pikiran kalau jadi shippe. Jadinya berjanji buat nggak mau ikut ambil bagian di OTP manapun. Cuma beberapa hari ini, janji tinggal janji. Nggak mau nge-ship hanya mimpi… BoYoo terlalu menebar banyak kode, banyak petunjuk, buat dilewatin gitu aja. Tapi ini tetap masih usaha buat nggak terjum bebas ke alam pershipperan mereka.

    Ini beneran udahan deh Mba. Kalau Saya lanjutin masih banyak lagi kesamaan (beberapa mungkin Saya paksakan sama πŸ˜†) antara Kita. Maaf sudah begitu menyampah dengan komen sepanjang ini.

    Terus menulis dengan gaya gokilnya ya Mba. Seru 😍😍😍

  13. Dramanya ketceh bangeet min..baca tulisan mimin makin ga bisa move dari drama satu ini..ini drama sageuk ke2 yang akk tonton dengan hikmat setelah ”moon that embrace the sun”..coz biasanya ga prnh betah nntn drama sageuk..tapi drama yang ini bkin ga bisa pindah ke lain drama😘😘😘😘 sukkaaaa

  14. Kerenn yang buat postingan ini..πŸ‘
    Benar-benar sesuai dengan isi hati saya dari atas sampe bawah selalu bikin ketawa2 sendiri bacanya.. hahahaaha , Dan bener banget ini drama Sageuk yang paling keren dan nggk seperti drama-drama sageuk pada umumnya dan menurut gue setelah d.o.t.s drama ini yang paling masuk di hati dan susah berpindah kelain hati πŸ˜‰πŸ˜ƒcemistry BoYoo yang dapet banget apalagi melihat matanya Park Bo Gum membuat mood bangkit lagi 😚

  15. Review persis seperti awal mula pas nntn drama ini, awalnya nyobaΒ² karena yg main yoo jung (sdh suka sama akting yoo jung pas dia main jd dong yi cilik,tambah suka pas dia main jd yeon woo, bahkan menurutku akting yoo jung lbh mengena dari yeon woo dewasa ) apalagi pas tau kl yoo jung bakal main bareng sama bogum yang mana akting super dupeer ciamik di hello monster (tdk nntn reply 88 jd kurang tau akting dia pas jd choi ta ek gmn). Tp setelah nntn episode pertama ga nyesel memutuskan memilih drama ini, dr yg sebelumnya selalu nntn drama setelah drama berakhir berubah menjadi pantengin link tiap senin malam ( tanpa sub) dan nntn lagi keesokan harinya (setelah ada sub), tidak ada lagi i hate monday krn selalu menantikan ke cute an couple ini 😍😍. Tiap episode dibuat dgn cinematografi yg baik, skript, aktor dan scenery smua saling mendukung. Storyline mengalir dengan sangat baik lebih cenderung kaya drama western yg konflik akan langsung cepat terselesaikan tanpa harus berlarutΒ² ala sinetron ga jelas. Namun jujur ending drama agak terburuΒ² ( mgkn krn ga rela MDBC cmn 18 episode) harusnya ditambah 2 episode lagi,biar storyline lebih mengalir dengan pas. Bagaimanapun drama ini akan menjadi drama yg selalu aku ingat,seperti kata bogum tiap melihat bulan aq akan teringat MDBC. Too many sweet memories here…
    Smoga mereka bisa dipertemukan lg di drama lain, krn chemistry yg boyoo miliki terlalu kuat….hopefully so
    Utk admin what a great review…πŸ‘πŸ‘πŸ‘

  16. Waaah…udah rada telat ya komen saya…tapi engga apalah….sebenarnya saya bukan pengemar drama Korea banget …saya pengemar Dorama yg cuma 10 episode tapi penuh dengan nilai kehidupan. Pas nonton MDBC saya akuin ini drama Korea terbaik dan berbobot ceritanya serta para pemainnya. Bahkan DOTS saja kalah bobot walau ada si ganteng Song Joong Ki.

    Saya salut dengan acting Park Bo Gum yang luarbiasa …dari mimik mukanya dalam setiap adegan menyiratkan dan bermakna dalam…tidak perlu banyak kata2 sudah tersirat perasaan mendalam pada perubahan wajahnya. Waktu mengagumi mimik Park Bo Gum saya cuma ngebatin ala cenayang..wah ini mah bego aja juri award apapun yg tidak bisa menilai bobot karakter dan mimik wajah Park Bo Gum yg begitu mendalami setiap perasaan dalam setiap adegan. Dan ternyata dugaan saya benar..si Oppa ini memenangkan award. Syukurlah jurinya pintar2…hehehe

    Setelah nonton MDBC ini saya mencoba mencari drama korea lain..namun apa boleh buat..jadi tampak kembali tanpa bobot..hanya adegan ala cinderela atau cerita ringan atau penuh intrik nga karuan….dan saya kembali nonton Dorama.

    Tampaknya MDBC ini akan tetap menjadi drama Korea yg berbobot seumur drama Korea lainnya.

    Terima kasih kepada penulis yg super kocak kekinian untuk ulasan MDBC yang membuat saya jadi tertarik untuk comment.

    LOVEEEE Park Bo Gum…lagu Boombasticnya saya pakai untuk last dance acara kantor saya…sampai sekarang adegan disco Park Bo Gum di Boombastik tetap menjadi penyemangat hari2 disaat suntuk.

  17. Dan ini adalah review yang sangaaattt panjang dan ga ngebosenin buat dibaca,, plus halunya yang bikin gw ga berenti senyum-senyum dan ketawa selama baca ini…. kereeeeeeeeeennnnn πŸ˜€

Leave a Reply

