The Secret Of Syi’ah, Mengenal Ciri-Ciri dan Rahasia Syiah, Bocoran Dari Cewek Yang Pernah Dinikahin Mut’ah Sama Orang Syiah

The Secret Of Syi’ah, Mengenal Ciri-Ciri dan Rahasia Syiah, Bocoran Dari Cewek Yang Pernah Dinikahin Mut’ah Sama Orang Syiah


syiah+wadon21313819980..jpgNgomongin masalah cinta masa muda, jujurly gue bukanlah tipe calon emak-emak masa depan yang akan dengan bangganya menceritakan pengalaman cinta masa muda gue kayak emak gue yang dengan bangganya cerita berulang-ulang kalo dulu pernah ditaksir sama bapaknya si inih dan si onoh, pernah dilamar bekali-kali, pernah pacaran sama mas Bambang, Hartono, dll. Gue hanyalah gadis underrated yang menghabiskan masa muda gue di sekolah, kantin, tempat les, di depan TV dan sesekali ngemall sama teman-teman gue yang gak seberapa banyak dan sama-sama kuper nan jomblo kayak gue juga. Gue bukan tipe cewek remaja yang nongkrong di suatu tempat terus ketemu sama cowok, lirik-lirikan terus auto tukaran nomor HP, atau kenalan sama cowok lewat sosmed, ketemuan terus cocok dan kemudian cus pacaran. Gue adalah tipe cewek yang kalo naksir cowok dalam diam bahkan ngasi kode ketimbang lirikan manja ke cowok aja gue gak berani, giliran ada yang ngejar duluan, gue yang lari. Ini dilemma jomblo banget, yang gue suka gak suka sama gue, orang yang suka sama gue malah gak gue suka. Giliran cinta gue berbalas, gue malah keburu ilfeel. Gimana gue bisa lepas dari belenggu kejombloan ini?

Jadi, karena itu lah bisa dibilang seumur-umur gue gak pernah menjalin hubungan secara resmi sama seorang cowok manapun sebelum gue menikah dengan suami gue, bahkan sama suami gue sekalipun kita jodohnya via temenan, gak pake pacaran. Dulu, gue merasa hidup gue menyedihkan, sebagai gadis muda yang merasa gak laku, gak punya pacar apalagi mantan, gak pernah tau rasanya pacaran dan pergi ngedate, gue merasa menyia-nyiakan masa muda gue gitu yang hanya terjadi sekali ini, yaa… walaupun gue juga tau sebenernya itu sesuatu yang bagus dalam hal agama, tetep aja gue pengen ngerasain yang namanya pacaran, gue pengen tau apakah seindah adegan dalam drakor at least kisah-kisah dalam wattpad?

Sampai suatu hari, gue bertemu seseorang yang akhirnya menuliskan ‘sepenggal’ kisah singkat dalam curriculum vatae masa muda gue yang boring ini. Gue harus berterima kasih kepada orang itu, karena walaupun dia menunjukkan ke gue kalo pacaran gak seindah di novel-novel teenlit, apalagi drakor, namun karenanya gue akhirnya punya cerita cinta masa muda yang bisa gue bagikan sebagai pengalaman berharga, karenanya gue akhirnya menyadari kalo pacaran emang gak ada faedahnya, tapi dia memberikan gue banyak ilmu dan pengetahuan baru yang gak gue dapatkan dari google, buku, bangku sekolah ataupun kuliah. Yang akhirnya, bisa gue tuliskan dalam artikel ini, yang nyatanya bukanlah kisah cinta, melainkan kisah pengalaman gue hampir nyemplung ke aliran sesat yang bernama Syi’ah yang semoga bisa menjadi pengetahuan baru dan pembelajaran penting buat readers.

Flashback Tahun 2012…..

Mengenal Mahzab Bernama Syiah

“Kamu orang Syi’ah ya?” Tanya gue kepada pemuda di hadapan gue yang baru gue kenal dan baru gue temui tapi akan segera sering gue temui karena kami tergabung dalam 1 kelompok KKN, sebut saja namanya Alfonso *nama samaran*

Hari itu kami sedang mengadakan rapat kelompok pertama di Aula kost gue, seketika yang ditanya tersentak kaget, bukaann!! Bukan karena terpukau melihat kecantikan gue! Beneran deh bukan karena itu *itu faktor keduanya* 😆 tapi karena gue jelas-jelas lagi ngajuin pertanyaan super SARA, di tengah-tengah 6 anggota kelompok yang lain pulak! Tampangnya kaget banget, pucat pasih, matanya nanar, persis macam tampang maling helm yang dengan telaknya gue ciduk di parkiran mall. *OK kejadian yang sebenernya tidak sedrama itu*

Tapi keterkejutan itu sesaat menghilang, dia kembali berusaha bersikap santai dan dia pun balik bertanya, “Kok kamu tau?” tanyanya singkat sambil menyeruput botol pulpy orange nya yang tinggal isi tetesan terakhir itu, alasan gue bisa berkesimpulan demikian karena dari awal ketemu, mata gue langsung fokus tertuju kepada baju kaos hitam bergambar Imam-imam yang dia pakai, ditambah lagi dia langsung menyapa Pak Atok *nama samaran* yang saat itu sedang melintas.

Jadi, Pak Atok ini adalah Bapak pemantau utusan yayasan yang sering wara-wiri di kost kami, walaupun gak netap, tapi dia setiap harinya suka wara-wiri ngecek kondisi dan mengatasi keluhan kami kalo ada. Tapi apa hubungannya syi’ah, baju kaos bergambar imam dengan Pak Atok? Dan beginilah jawaban gue, “Tau lah! kost ini kan kost punya yayasan orang syi’ah, tadi Bapak yang kamu sapa itu, juga orang syi’ah, ya kan?” tebak gue dengan sotoynya tapi itu emang apa adanya.

Gue bertanya sotoy gak sepenuhnya sotoy juga sih, ada beberapa hal yang pernah gue denger tentang syiah karena gue sempet ngeliat tayangan di TV entah channel apa, yang nayangin orang-orang syiah di Iran pas lagi hari Asy-Syura lagi nyambuk-nyambukin diri mereka sebagai bentuk penyesalan dan kesedihan akan meninggalnya imam mereka, Yang belakangan dia ngasi tau, kalo itu namanya Syiah Ghulat, Karena syiah itu juga masih banyak jenisnya, dan dia bukan temasuk orang golongan syiah ghulat.

images (7)4633774806747089250.

Selain itu, sebagai mahasiswa FISIPOL, gue tentu gak asing dengan berbagai organisasi politik dunia, dalam mata kuliah Pemikiran Politik Timur Tengah yang sempet gue ambil, gue dapat ilmu bahwa di negara Iran dan Iraq dan timur tengah secara umum, ada 2 kelompok Mahzab yang pada perkembangannya justru dipolitisasi dimana disana bukan lagi menjadi aliran agama tapi sudah jadi aliran politik, kedua aliran ini bernama Sunni dan Syi’ah, Sunni itu adalah aliran Ahlus sunnah wal jama’ah seperti yang seharusnya kita ikuti, dan diakui di Indonesia serta sebagian besar ummat Muslim dunia, sementara Syi’ah? Yaa… inilah yang bakal gue bahas secara lebih rinci, tentang paham, perbedaan dan segala tetek bengeknya yang akan gue tuangkan dalam tulisan gue kali ini.

Ya… gue tinggal di kost milik yayasan Syi’ah, kost yang rada butek dan kurang terawat namun cukup besar dan dilengkapi dengan kamar mandi di dalam kamar termurah se-Asia Pasifik, 500K satu kamar, yang ngisi 2 orang, jadi dibagi 2 cuma 250K doang, gue ngekost sama sepupu gue yang sudah lebih dulu ngekost di sana, pertama kali gue menginjakkan kaki di kost itu, gue langsung mendapati informasi itu dari sepupu gue, ya… kost kami tercinta itu gak punya Ibu kost yang siap nagih-nagih tiap bulan, kami cuma punya ketua kost yang berasal dari teman kost kami sendiri, tempat kami membayar uang kost tiap bulan yang kemudian nantinya bakal disalurkan ke sang empunya kost. Pokoknya ini kost idaman para mahasiswa perantau melarat kayak gue gini deh!

Dari yang gue denger, konon orang Syi’ah punya yayasan dan pesantren sendiri, dan biasanya mereka memberikan beasiswa ke Iran bagi para pemuda kader mereka, biar makin loyal dan bisa jadi kader pengembangan aliran mereka berikutnya. Konon, orang syi’ah cuma shalat 3 waktu dalam sehari, konon juga masjid orang syi’ah yang dibangun di sebelah kost kami yang mempunyai kubah aneh gak kayak mesjid-mesjid lain pada umumnya, 3 buah kubah yang sama besar dan sejajar yang katanya punya simbol khusus, melambangkan Allah SWT, Muhammad SAW, dan Ali bin Abu Thalib Ra, konon kata temen gue yang sempet terpaksa hadir memenuhi undangan orang yayasan perwakilan kost kami, orang syi’ah kalo ngerayain maulid nabi, ada ritual anehnya, macam ada sajen-sajennya. Ini semua cuma konon loh! Gak ada satu hal pun yang bisa gue pastiin karena gue cuma denger ceritanya.

Gue cuma sempat sekali ngeliat orang syiah datang berkunjung ke kost kami, gue inget banget, malam itu malam jumat abis sholat magrib, agenda rutin kita sholat jama’ah di aula kost dan baca al ma’tsurat, kala itu kami kedatangan tamu tak diundang, Pak Atok memandu orang-orang berperawakan arab, seorang pria berjubah putih, pake sorban, orangnya tinggi guede, dan tentunya bercambang lebat dan seorang cewek berhijab biasa yang juga mukanya arab, dan 2 orang lagi gak gue perhatiin, gue denger mereka bercakap-cakap pake bahasa Arab ala-ala Fahri di Ayat-ayat Cinta, si Akhi berjubah putih lalu nyapa kami dengan ngucapin salam dan berlalu begitu saja, dan berkeliling kost entah nyari apaan, survey kalik ya? udah! sebatas itu aja yang gue tau tentang mereka, gak ada yang terlihat aneh, bahkan si Ukhti-ukhti arabian itu pake hijab yang keliatan modis macam ukhtea-ukhtea gahool jaman now, satu hal yang cuma gue bingung, malam jum’at bukannya sholat magrib dan baca Al Kahfi, ngapain pada ngelayap disini ya? apakah benar yang dikatakan kalo mereka sholat 3 waktu doang dan gak sholat magrib?

Dan, pertanyaan gue itu terjawab setahun kemudian, Setelah gue bertemu Alfonso, dan inilah kisah ‘cinta sesat’ antara gue dan dia yang gue samarkan namanya, Alfonso…

1,5 Bulan Bersama Orang Syi’ah

Akhirnya program KKN kami dimulai, program ini bakal diadain selama 1,5 bulan ke depan. Dan 1,5 bulan bukanlah waktu yang singkat bagi kami, karena kami bakal KKN di sebuah daerah terpencil nun jauh di sudut belantara sana, kami bakal tinggal dan melakukan banyak hal bersama-sama, pas kena bulan Ramadhan pulak!

Di bus keberangkatan kami menuju lokasi KKN adalah awal dari ‘Kisah Cinta’ *with no Romance* antara gue dan si Mas Alfonso…. Jadi diceritakeun sebelum berangkat si Alfonso nyamperin gue, dia ngasih gue sebuah kotak yang dibungkus dengan secarik kain hitam. Dia bilang, dia dan temen-temennya bakal ke lokasi KKN dengan naik motor biar di sana ada kendaraan buat kemana-mana, sedangkan kami bakal naik bus, jadi dia nitip benda berharganya itu ke gue, gue tanya benda apa? Dia ogah ngasi tau tapi dia bilang jangan dibuka selama dalam perjalanan.

Menurut loe, dari 6 orang cewek di kelompok gue, kenapa dia harus milih gue dan ngasi kepercayaan ke gue buat dia titipkan benda berharganya? Tentu saja temen-temen langsung berkesimpulan kalo tuh orang beneran naksir gue, jadilah gue jadi bahan ledekan anak-anak sekelompok. Karena belom apa-apa aja udah kejebak cinlok 😂

Gue sih biasa aja digodain gitu, sumpah! Gue biasa aja, nothing special! you know? 😁 gue sama sekali gak geer karena menurut gue nitipin barang itu gak ada maksud apa-apa, gue kalo ke super market juga gue suka nitipin barang tapi gak ada tuh Mas-mas penjaga barang yang kegeeran dan minta nomor HP gue, kagak pernah! *apa guenya yang gak menarik kalik ya? * 😅😅 lagi pula gue gak merasakan sama sekali getaran-getaran asmara nan malu-malu ayam seperti hal nya dulu waktu SMA, Pak Polisi tamvan bersenyumkan sepasang lesung pipi yang bantuin gue buat nyeberang jalan tiap paginya 😍

Selama perjalanan, gue bener-bener ngejaga amanah dari dia buat gak ngebuka kain apalagi kotak titipan dari dia itu, walaupun sebenernya gue penasaran dan belakangan gue akhirnya tau bahwa gak geer adalah keputusan yng paling tepat yang gue ambil daripada akhirnya gue terhempas ke jurang kehancuran yang dalam karena malu, karena ternyata eh ternyata, barang titipan berharga yang dia maksud adalah seekor ULAR, njirr! ini mah bukan ngasi kepercayaan, tapi ngasih mara bahaya! Dia mau jadiin gue sebagai tumbal apa gimana sih?! Tau gitu, tuh titipan udah gue hempaskeun di pinggir jalan yang ada hutan-hutannya.

Yupp! Itu bener-bener seekor ular sanca peliharan tersayangnya yang gak tega dia tinggal sendiri selama KKN, katanya do’i masih punya reptile yang lebih extreme lainnya, karena ternyata dia adalah salah satu anggota organisasi pecinta reptile. Yaelah! Cukup tau dia pecinta reptile aja gue udah amit-amit! Tapi tetep aja temen-temen gue pada ngotot menyimpulkan kalo dia suka sama gue, dia nitipin ular itu ke gue biar gue terbiasa dan ikutan suka apa yang dia suka. *appaan?! 😂

Dan setelah perjalanan panjang selama sekitar 6 – 7 jam, sampailah kami di daerah lokasi KKN, sebuah desa terpencil yang lebih pantes gue sebut sebagai hutan belantara, dimana setiap rumah diapit dan berpagarkan oleh pepohanan rimbun beratapkan langit biru. Tujuan gue buat ikut KKN buat ngerasain back to nature ala-ala primitive run away bener-bener terealisasi, bukan hanya back to nature, tapi back to the Jungle!

Di desa itu ngarepin bisa nongkrong di cafe yang cozy dengan wifi gratisan super cepat bagaikan pungguk merindukan bulan, jangankan sinyal wifi, sinyal nelepon 2 batang buat teleponan sama keluarga di rumah aja udah syukur! Selain itu, jangankan terjangkau oleh batas jangkauan delivery pizza ataupun google maps, dari jangkauan PLN dan PDAM aja kagak! Di sana listrik cuma nyala pada malam hari dan cuma berdurasi 3 jam, itupun setiap rumah musti punya genset, sementara airnya disedot dari kali yang warnanya kecoklatan yang bikin kami sekelompok lebih memilih buat mandi pakek tisyu basah selama 3 hari pertama. *Duh ini kenapa gue jadi OOT gini yak?*

Ok, kembali ke kisah awal, beberapa hari kami di lokasi KKN, waktu memasuki bulan Ramadhan, seperti wajibnya, bulan Ramadhan adalah moment bagi setiap muslim buat banyak-banyak beribadah, di bulan suci itu pula kesempatan bagi gue untuk melihat banyak tabir yang terungkap dari si Alfonso berkaitan dengan keyakinannya.

FYI, satu kelompok KKN itu terdiri dari 8 orang, 6 cewek dan 2 cowok termasuk si Alfonso, 1 cowok lain sebut saja namanya Christian *nama samaran* beragama non muslim jadi mau si Alfonso shalat sambil kayang juga dia gak bakal ngerti. Sementara temen-temen yang lainnya memilih untuk cuek mungkin karena emang gak peduli atau gak ngerti, tapi gue satu-satunya orang yang berani mempertanyakan setiap gerak-gerik dia yang bertentangan dengan nilai-nilai syar’i yang gue pahami, dan beberapa hal menyimpang yang gue pertanyakan di kala itu, bakal gue jabarin dalam beberapa point penting;

  1. Percaya Takhayul, Say No To ‘Ikan Tongkol’

ToWLtTsogOFEXSy-800x450-noPad

Nyeritain ini rada bikin gue kesel sebenernya! karena ini berkaitan dengan ikan tongkol, loe tau kan ikan tongkol paling enak dibumbu bali, diabon, diasapin dan dibikin jadi ikan kayu atau digoreng terus dicocolin sambel dabu-dabu? *maaf gue laper 😂*

Maksud gue disini adalah, gue gak terima kalo ada orang yang ngehina makanan favorit gue. Jadi gini ceritanya, gue gini-gini salah satu juru masak di kelompok KKN kami, soalnya temen gue yang laen skill masaknya parah banget dah!😂 Suatu hari gue membeli ikan tongkol dari abang-abang penjual ikan yang lewat yang kalo neriakinnya kayak neriakin maling kutang, karena si Abang naik motornya rada laju.

Gue pun masak ikan tongkolnya ala-ala steak berbumbukan bumbu bali ajaran emak gue, bakal menu berbuka puasa sekalian sahur. Dan biasanya si Alfonso adalah salah satu penggemar masakan gue, mungkin itu juga menjadi bibit-bibit asmara gaje di antara kami, tapi hari itu dia membuat gue kecewa karena dia sama sekali gak nyentuh ikan tongkol buatan gue.

Gue yang gak terima langsung saja bertanya kenapa dia gak mau makan ikannya? katanya, penyebab dia gak boleh makan ikan tongkol adalah dahulu kala Ali Bin Abu Thalib Ra, pernah menyihir orang kafir menjadi ikan, ikan jelmaan orang kafir itu konon punya ciri-ciri khusus yakni gak bersisik dan Voila! Ikan tongkol yang berkulit mulus itu pun jadi korban fitnah mythologi, makanya dia ogah makan ikan tongkol karena takutnya yang dia makan adalah orang kafir yang disihir sama Ali ra, yaelah hari gene?! 😂 Ya syudahlah ya, orang syi’ah gak makan ikan tongkol juga ikan tongkol tetap lah ikan ter-badabez bin Number 1 bagi gue! Tapi dengan begitu satu hal yang kita tau dari paham syi’ah adalah mereka percaya Takhayul.

2. Waktu Berbuka Puasa Lebih Lambat

Kalo ada hadist yang memerintahkan untuk menyegerakan alias gak menunda-nunda waktu berbuka puasa kalo udah waktunya, justru si Alfonso buka puasa lebih lama, sekitar 15-30 menit atau bisa lebih dari yang seharusnya. Gue sih kasian aja dia pasti sekuat tenaga nelen ludah saat kami lagi asik berbuka puasa dengan nikmatnya sambil menyeruput es kelapa muda yang seger plus gorengan yang super gurih nan garing, sementara dia masih bertarung dengan perut keroncongan.

Kami pun kompak dibuat bertanya-tanya dan akhirnya kami pun bertanya ada apakah gerangan? apakah dia lagi sariawan, atau lagi diet? Dan ternyata, menurut penuturannya, dalam kepercayaan orang syi’ah berbuka puasa itu saat matahari udah bener-bener terbenam di ufuk barat dan udah bener-bener gelap, karena ada dalil yang menyatakan bahwa “berbukalah, saat kau tidak bisa membedakan benang merah dan benang putih”. Nah kalo ini sih gue gak mau banyak komentar karena walaupun gue tentunya gak setuju, tapi apalah daya diri ini yang terkungkung dalam ketidaktahuan dan keterbatasan ilmu?

Tapi kali ini bagi gue it doesn’t matter, semuanya sah-sah aja kalo punya dalil yang kuat, soal waktu berbuka puasa gak ada pertentangan karena setiap ulama sudah kompak dengan hasil ijtihad mereka, asal jangan buka puasa jam 4 sore atau jam 1 pagi aja sih 😂

3. NO Shalat Tarawih

Ya… Tarawih emang bukan shalat wajib, tapi tarawih adalah shalat sunnah yang sangat dianjurkan, dijanjikan banyak ganjaran pahala, dan cuma ada dalam bulan Ramadhan, rugi aja sih kalo mengabaikan Shalat tarawih. Ya… kalo gak shalat tarawih emang gak dosa, tapi pahala berlipat ganda rugi banget buat disia-siain.

Suatu malam gue dan beberapa temen gue lagi absen shalat tarawih, lagi dateng tamu bulanan, tapi ada juga yang karena lagi males alibinya masjidnya kejauhan *ciri-ciri orang yang rugi nih 😂* dan malam itu kami mendapati si Alfonso lagi khusyuk Shalat tapi super telat, itu perdana gue lihat dia shalat, sebenernya gue bingung itu shalat magrib yang kelambatan, apa shalat isya’ yang kecepetan? Melihat dia shalat untuk pertama kalinya, seketika muncul setumpuk pertanyaan di benak kami terutama gue, yang kalo gak gue lontarkan gue khawatir bakal jadi jerawat atau yang paling parah jadi bisul.

Salah satunya adalah TIDAK shalat tarawih, Shalat tarawih yang kita laksanakan sepanjang bulan Ramadhan selama ini menurut dia itu gak pernah diperintahkan, dan dalilnya gak shahih, *fiuhhh! Yaudahlah yah… mungkin karena shalat tarawih tuh cuma sunnah, jadi dia dan keyakinannya percaya kalo itu gak perlu.

Tapi tunggu! Ada yang ganjel dalam ingatan gue, gue inget banget hari pertama bulan Ramadhan dia shalat tarawih di masjid berjama’ah sama penduduk desa setempat, lahh… itu tarawih?! padahal jelas-jelas dia menolak dalil tarawih, kok bisa? apakah dia lagi labil? Apa dia punya kepribadian ganda? Tunggu… Nantinya gue dan readers bakal tau alasannya, makanya baca sampek kelar yo…

  1. Shalat Tanpa Sedekapphotogrid_1515478788830-1285844389

Pemandangan paling ganjil dari cara shalat si kisanak ini adalah cara shalatnya yang aneh, jadi dia cuma berdiri dari awal takbiratul ikhram sampek raka’at terakhir dengan kedua tangan yang lurus di sisi tubuhnya, dia gak sedekap guys!! Tau kan sedekap itu melipat dan meletakkan kedua lengan di atas perut saat shalat? Tapi dia sama sekali gak ngelakuin itu, tentu saja gue yang udah kepalang kepo kembali bertanya dan jawabannya lagi-lagi ‘mendustakan dan berusaha mematahkan keyakinan kami selama ini’, dia bilang sedekap bukan perintah Rasulullah SAW karena sedekap pertama kali dilakuin oleh orang kafir yang entah gimana ceritanya bisa ditiru oleh sebagian besar kaum muslimin hingga kini. Yang gue pertanyakan dalil apa yang dia pakek?

Tapi barusan gue dapat pencerahan dari Ustad Abdul Somad, kalo itu cuma masalah Fiqih, ada mahzab lain yang memang shalat gak pakek sedekap dan itu gak apa-apa selagi masih punya dalil yang sahih. Tapi yang gue gak terima tetep aja, kenapa dia bilang yang melakukan sedekap adalah orang kafir? pertanyaan gue, emang orang kafir shalat apa?!

5. Shalat Dengan Batu Di Atas Sajadah

photogrid_1515478827243-1433068274.jpgPemandangan paling ganjil lain yang jelas-jelas tertangkap oleh mata gue saat dia shalat adalah BATU, yup! Dia meletakkan sebuah batu di atas sajadah yang bakal nempel tepat di jidatnya saat dia sujud. Selain merasa aneh, juga rada kasian aja sama jidatnya, itu kepala benturan muluk sama batu, gak bahaya tuh? retak misalnya? *tuh kan? Gue mulai khawatir! Apa ini yang namanya Tjinta?* #prett

Dan ternyata setelah dikorek-korek, dia pun menjelaskan bahwasanya, batu itu adalah gumpalan tanah yang berasal dari Iran, logikanya kalo shalat, sebagai hamba kita tuh harus merendah, harus menyatu dengan tanah! Oke! Gue setuju kita musti merendah di hadapan Allah, tapi musti ya bersentuhan dengan tanah? Daripada repot-repot ngimpor tanah dari Iran, kenapa gak sekalian shalat di atas tanah aja? Tinggal keluar rumah noh udah ada tanah yang luasnya sejauh mata memandang! Itu baru namanya nyatu dengan tanah, tapi inget loh, di atas tanah banyak eek ayamnya Pak Haji yang berserakan 😂 dan kenapa musti tanah dari Iran? Kenapa gak sekalian tanah dari Mekkah, yang jelas-jelas tanah suci coba? Kiblat dia Mekkah apa Iran? Dia gue nyinyirin gitu, cuma mesem-mesem speechless, entahlah dia mungkin punya dalil lain yang gak bisa dia jelasin. Entah…

6. Tidak Shalat Jum’at

Jadi ini settingnya gue majuin, setelah KKN. Gue pernah makan siang sama si Alfonso di warung, di samping kami gak jauh ada masjid dan suara khotbah jumatnya menggema di telinga kami, tapi dia dengan santuynya menyantap nasi pecel di depan gue. Tentu saja gue gak diam saja, kan gak mungkin ya dia gak sholat karena lagi datang bulan? gue pun bertanya, dan dia pun dengan senang hati menjelaskan. Jadi, selain meniadakan shalat tarawih dalam daftar ibadah sunnah Ramadhan, orang syi’ah juga meniadakan shalat jum’at padahal ini adalah shalat wajib bagi kaum laki-laki muslim, bahkan yang gue tau gak sholat jumat sebanyak 3 kali berturut-turut maka orang tersebut bakal dihukumi kafir, saking utamanya shalat jum’at ini. Orang syi’ah justru menolak keabsahan dalil dan syari’at shalat jum’at berdasarkan pemahaman sejarah bahwasanya shalat jum’at dalam sejarahnya kagak pernah disyari’atkan, jadi menurut penuturan si Alfonso, sejarahnya Rasulullah dan para sahabat berkumpul di masjid setiap hari jum’at adalah untuk rapat, sekalian mengerjakan shalat zuhur berjama’ah dan sampek sekarang orang-orang Islam Ahlussunnah wal jama’ah salah kaprah dan mengartikan itu adalah shalat jum’at. Begitu menurut pemahaman dia.

Jadi menurut keyakinan orang syiah daripada shalat jum’at dan meninggalkan shalat zuhur, mending ngelaksanain shalat zuhur aja yang jelas-jelas wajib. Menanggapi ini gak banyak kata yang bisa gue ungkapkan, karena sendirinya gue juga gak pernah shalat jum’at *yaiyalah! loe kan cewek, Wati! 😂*

Tapi kalo dia mau ngejelasin ke gue pakek logika, gue pun bisa berlogika sebaliknya, kalo gue mau logikain ya! Dalam sirah nabawiyah, diriwayatkan Rasulullah dan para sahabat emang sering ngumpul dan rapat di masjid, gak musti hari jum’at, selain itu Rasul dan sahabat juga selalu shalat jama’ah 5 waktu di masjid, kalo logikanya, shalat jum’at ada karena kesalahan persepsi, rapat di masjid dan shalat berjama’ah setiap jum’at, disalah artikan jadi shalat jum’at wajib, bisa hampir setiap hari ada shalat khususnya dong? Kalo Rasulullah dan para sahabat rapatnya hari minggu, mau dibilang shalat ahad juga?

7. Shalat Wajib 3 Waktu

Setiap mahzab dan setiap halaqah yang percaya kepada Allah dan Rosul yang gue tau, jelas bakal menyatakan kalo shalat wajib orang muslim adalah 5 waktu, itu adalah perintah yang didapat oleh Rasulullah SAW dalam perjalanan Isra’ Mi’raj nya. Dan gue rasa hal ini gak perlu dikaji lagi karena dalilnya sudah jelas dan sudah disepakati. Tapi bagaimana dengan syi’ah dengan segudang perbedaan yang mereka yakini?

Jadi ceritane, waktu itu kami sekelompok berangkat ke kota terdekat, buat ngantarin proposal ke beberapa perusahaan bakal dana acara 17 Agustus-an, kebeneran itu adalah kota asalnya si Alfonso, ya dia emang sengaja nyari lokasi KKN yang deket sama kota asalnya, jadilah kami mampir ke rumahnya, numpang ngabisin beras dan nambah-nambahin piring kotor alias makan siang disana, gue sempet numpang shalat jamak kasar Dhuhur dan Ashar di rumahnya, keluarganya sih keliatannya baik-baik aja, emaknya baik dan ramah, adek-adeknya normal, bapaknya kerja di dinas kehutanan, katanya di keluarganya cuma dia yang menganut aliran syi’ah seluruh keluarganya pengikut NU garis keras.

Perjalanan kami sampek balik ke posko KKN hampir seharian, tapi selama seharian itu gak sekalipun gue lihat dia shalat, padahal kalopun waktunya mau nge-jamak kasar shalat juga udah kelewatan. Semua orang mungkin gak menyadarinya, karena banyak dari anggota lain juga shalatnya bolong-bolong, jadi dipikir dia juga males shalat kayak mereka.

Tapi gue tau, males bukan semata-mata alasan bagi orang yang cukup ngerti agama seperti dia, dan benar saja, belakangan gue tau kalo desas desus di kost gue emang bener adanya! Menurut pengakuain Alfonso, orang syi’ah meyakini adanya shalat 3 waktu dalam sehari, bukan 5 waktu. Dan menurut penjelasan dia, mereka sebenernya juga shalatnya tetep 5 kali sehari, bedanya 5 kali itu dalam 3 waktu, jadi berbeda dari ajaran kita kalo shalat itu 5 kali di 5 waktu yang berbeda, maka bagi orang syi’ah shalat Ashar itu tepat setelah shalat zuhur jadi abis shalat zuhur bisa langsung shalat ashar, sementara waktu Isya’ tepat setelah magrib jadi abis magriban bisa langsung shalat isya’ mirip-mirip sama menjamak shalat, tapi hal itu mereka lakuin walaupun mereka bukan musafir.

Setelah shalat wajib 5 waktu jadi korbannya, apakah ini masih kurang nyeleneh bin sesat? Ok! tentu saja bagi gue yang awam, fakta itu belum mengindikasikan sebuah kesesatan, gue masih berfikir itu mungkin cuma masalah Fiqih dan mahzab dan selagi mereka masih berimana kepada Allah dan Rosul, gue gak berani ngacap kesesatannya. Hmmhh… betapa open minded dan kurang berwawasannya gue saat itu 😅

KKN YANG SELALU BERAKHIR CINLOK

Infografis-Cinlok-KKN-761x1024

Selain kental dengan lah mistis gegara viralnya KKN di Desa Penari, KKN juga sangat identic dengan yang namanya cinlok, ya gimana ya? KKN instead of Kuliah Kerja Nyata, lebih berasa kayak simulasi berumah tangga, tinggal seatap, ketemu setiap hari, yang cewek-cewek masakin yang cowok-cowok, yang cowok ngelindungin yang cewek, gimana gak baper? gue adalah termasuk yang mengalaminya sendiri, Mendekati akhir masa KKN, banyak hal sudah terjadi, tawa, canda dan tangis sudah kami lalui bersama, persahabatan sesama anggota KKN semakin terjalin erat, dan benar saja, mungkin ini yang namanya gejolak kaula muda #eeaaa atau godaan syaton dan syaitonah yang terkutuque gue mulai ada rasa sama dia.

Suatu hari dia cerita ke gue kalo gue mirip sama mantan terindahnya yang ninggalin dia kawin sama cowok lain karena dijodohin sama orang tuanya, yang sampai saat itu masih menorehkan luka yang mendalam di hatinya *prett banget ah!*. Itu kenapa pertemuan pertama dengan gue meninggalkan kesan yang mendalam bagi dia #prett lagi* Emaknya yang kami kunjungi tempo hari aja katanya sampek kaget ngeliat gue yang mengingatkan dia sama seseorang. “Masak sih? Basi ihh!” Tanggapan gue jelas nyinyir seperti biasa, modus klasik!

Untuk meyakinkan gue, dia pun nunjukin photo dia dengan sang mantan, dan yang gue liat mah, gak ada mirip-miripnya sama sekali! satu-satunya kemiripan paling signifikan yang gue liat antara gue dengan si mantan, cuma tinggi badan kami yang sama-sama minimal doang 😂 Tapi bukan kemiripan antara gue dan si mantan yang menjadi fokus perhatian gue, tapi pose mesra si Alfonso dengan si mantan lah yang kayak pose photo pra-wedding yang menjadi fokus perhatian gue. Bukan! Gue terganggu bukan karena gue bukannya cemburu ataupun dengki, tapi karena gue ilfeel sama orang yang katanya tau agama tapi gak menjaga batasannya sama lawan jenis. Tapi waktu itu gue masih berusaha mentolerir karena gue berusaha percaya bahwa itu hanyalah masa lalu, mungkin sekarang dia udah gak begitu.

Tapi lagi-lagi dia menambahkan poin ‘Gak banget’ dalam penilaian gue terhadap dia sebagai pria idaman. Saat itu, gue yang lagi baper merasa diPHP in. Suatu ketika kami sekelompok pergi jalan-jalan ke kota terdekat *tapi kota lain, bukan kota asal si Alfonso* Kita berangkat nebeng mobilnya si Alfonso. Dan kami pun mampir ke kampung sebelah dan menjemput seorang cewek lain dari anggota KKN kampung sebelah. Dia bawa serta tuh cewek jalan-jalan bareng kami, sebut saja namanya Barbara *nama samaran*, si Christian yang tadinya duduk di jok depan nemenin si Alfonso yang lagi nyupir, terpaksa harus pindah duduk ke belakang karena si ratu Barbara yang terhormat nan cantik jelita itu musti duduk di singgasananya, di jok depan di samping si Alfonso. Ini bener-bener persis seperti formasi keluarga Halilintar yang lagi mau pergi piknik, si Alfonso sama Barbara jadi Emak Bapak Halilintar, sedangkan kami anak-anak gen Halilintar.

Sampai ke kota tujuan, kami pun mengunjungi satu per satu tempat wisata yang recomended, dan selama itu juga mata kami dibuat bintitan dengan adegan per adegan manja nan mesra yang dilakoni oleh sepasang sejoli bernama Alfonso dan Barbara seolah menganggap kehadiran kami hanyalah nyiur melambai di tepi pantai, kuping kami pun dibuat bindeng dengan panggilan sayang ter-iyuh mereka yang gak biasa tapi sangat manja dan alay nya luar biasa menggelikan.

Perasaan gue sebagai pihak ter-PHP disini? Mau dibilang sakit hati jugak enggak sih, mungkin lebih ke rasa kecewa aja sih, *mungkin ini yang namanya sakit! Tapi gak berdarah 😂 ahaha enggak lah becanda, gue mah selalu happy nan ceria dimanapun berada, selagi masih ada temen-temen yang bisa gue ajak seru-seruan mah gue gak bakal bisa bete-bete banget. Gue cuma gak habis pikir aja sih, kalo dia sampek bisa punya keyakinan yang bertentangan dengan keyakinan orang tuanya sendiri, berarti dia cukup punya pengetahuan agama, yang menjadi pertanyaan gue, masak aliran syi’ah jugak gak membatasi hubungan antara laki-laki dan perempuan yang belum menikah sih?

Ahh! Sudah lah, dia mah sesat, sesat aja sekalian! Bodo amat! Alfonso gak seganteng Lee Min Ho yang membuat bue bisa patah hati. Tapi hari itu bukanlah akhir dari kisah kami, justru sebuah awal dari perjalanan gue memasuki dunianya yang kelam nan burem dan penuh dengan tanda tanya…

Pacaran atau Ta’aruf??

Kejadian jalan-jalan waktu itu hampir terlupakan oleh gue, sejak saat itu gue bahkan gak ngeliat si Barbara lagi, mungkin si Alfonso nemuin dia tanpa sepengetahuan gue, karena emang gue gak perlu tau, tapi kehadiran si Barbara hanyalah seperti cameo atau bintang tamu dalam kisah cinta sesat inih. Getaran dan letupan asmara dalam dada itu pun kembali menggerogoti sanubari dalam kediaman kami. #eeaaa

Hingga masa KKN berakhir dengan perpisahan yang penuh haru dan air mata, kami semua sedih karena perpisahan ini bakal menggiring kami kepada kehidupan kami yang lama dan berjalan di jalan kami masing-masing, pasca KKN kami semua balik ke daerah asal masing-masing buat ngerayain Idul Fitri bareng keluarga, jadi gak punya lagi kesempatan buat ketemuan. Untuk beberapa hari gue merasakan kerinduan yang begitu mendalam.

Begitu juga kepada si Alfonso yang Nun Jauh di sana, mungkin lagi-lagi gue baper karena godaan syaiton yang terkutuque, gue merindukan dia lebih dari siapapun. Mungkin juga karena kami pulang naik bus juga gak bareng dia, entah kenapa gue ngerasa kebersamaan kami jadi terasa begitu singkat *duhh jadi mellow lagi kan gue? 😂* Dan suatu ketika, mungkin karena dia juga merasakan hal yang sama dengan gue, apa jangan-jangan gue punya utang sama dia yang lupa gue bayar, atau ada hal lain, suatu malam dia nelepon gue, hati gue berdesir hebat saat dia mengungkapkan perasaannya ke gue, kerinduan serta ketertarikannya kepada gue. DIA NEMBAK GUE!

Tebak apa jawaban gue! Ya jelas gue jual mahal dulu lah! Enak aja maen terima-terima aje! Emang eke cewek apaan? 😂 Ehehe gue gak se sok cantik itu jugak sih 😆 maksud gue, gue pastinya dilanda kebimbangan yang cukup parah, itu pasti! Setelah banyak hal yang gue tau tentang dia yang bertentangan dengan hati nurani dan akal sehat gue, gak mungkin lah gue nerima dia semudah itu.

Pertanyaannya, emang beneran dia cinta sama gue? Terus si cewek pasangan truk gandeng yang seenak jidat dia ganti nama panggilannya, si Barbara tuh apa kabar? Lalu muncul lagi pertanyaan lain, apa gue bener-bener cinta sama dia? Gue bahkan gak tau perasaan apa yang gue miliki buat dia, apa cuma baper sesaat, geer? apa ini cuma godaan syaiton yang terqutuque? Terus kalo iya kami bener-bener saling mencintai terus kami musti jadian gitu? Apa kalian gak berfikir kalo gue bakal ngejilat ludah gue sendiri? Gue sudah mengingkari hati nurani dan prinsip gue sendiri? Pertama, gue masih waras dan gue sama sekali belom bisa mengakui keyakinan nyelenehnya itu. Ke dua, gue emang bukan orang yang sholehah-solehah banget, tapi gue berusaha untuk itu dan gue tau dengan jelas kalo pacaran jelas-jelas diharamkan.

“Terus si Barbara, Ayang kamu itu apa kabar?” Pertanyaan gue cukup singkat namun dengan nada yang sarkastis level 100 cabe brazil, dan gue pastiin dia udah garuk-garuk kepedesan,

“Aku ngerasa gak cocok aja sama dia, kemaren itu kita baru aja dekat, tapi aku sadar aku lebih nyamannya sama kamu, makanya aku mutusin hubungan sama dia, kami sebaiknya cuma temenan aja dan dia bisa ngerti kok,” jelasnya panjang lebar seperti sudah terskenario dengan baik, apa jangan-jangan dia lagi baca script yak? Tapi tentu saja gue sama sekali belom puas dengan jawaban itu.

“Kasian dong cewek itu kamu putusin gitu aja?” Kata gue lagi

“Enggak! dia gak apa-apa kok, lagian kami baru deket, ngapain juga diterusin kalo kita berdua gak cocok?” dia berusaha ngeyakinin.

“Gitu ya? Tapi gimana ya? Aku gak mau pacaran soalnya, kan tau sendiri kan dalam Islam gak boleh pacaran?” Gue beralih ke pertanyaan lainnya.

“Ya sama! Aku juga gak mau pacaran, aku maunya nyari istri bukan pacar, makanya aku maunya serius sama kamu sampek nikah nanti,” *udah chieable belom?

“Oh ya? Kamu gak mau pacaran ya?! Terus sama si Barbara dan mantan kamu yang dulu pegang-pegangan tangan, rangkul-rangkualan mesra gitu apa dong? Kasian banget si Barbara udah digrepein gitu terus gak diakuin!” ASSA! Kenak loe Alfonso! Akhirnya gue punya kesempatan juga buat menyampaikan ganjelan gue. Ini baru namanya nyinyir level 100 cabe gunung!

“Kalo sama mantan aku dulu itu sebelum aku masuk syi’ah, jadi belom paham, kalo sama Barbara itu ada akadnya, aku gak bakal sembarangan nyentuh dia juga kalo gak ada akadnya,” jujur, jawabannya terdengar sangat amat aneh.

“Akad? Akad nikah maksudnya?!” Tanya gue lagi,

“Bukan! Bukan akad nikah resmi juga…,” elaknya

“Jadi apa dong? Nikah sirri?!” Pertanyaan gue gak berlebihan dong? akad nikah yang gak resmi apa namanya kalo bukan nikah sirri?

“Ada namanya sendiri, yang jelas itu halal dan disyari’atkan, nanti aku jelasin, yang jelas kamu percaya aja, apa yang aku lakuin sama si Barbara itu halal,” jawaban itu, mengakhiri rententan pertanyaan dalam otak gue, lagi-lagi karena keterbatasan ilmu untuk sementara gue menerima penjelasan aneh itu.

Dan pada akhirnya, ungkapan cinta itu gak langsung gue jawab, gue minta waktu ke dia buat merenung dan memikirkannya dulu dan dia pun setuju. Gue sebenernya pengen banget mendiskusikan ini ke temen-temen yang ngerti agama, tapi gue urungkan karena gue jelas tau, jawaban mereka cuma bakal satu dan sama, gak bakal bisa ditawar-tawar, pacaran sama yang keyakinannya sama aja gak boleh, apalagi sama orang syi’ah? Dan pada akhirnya gue cuma memendamnya seorang diri dan shalat istikharah adalah cara satu-satunya. Beberapa hari gue beristikharah minta petunjuk sama Allah, gue gak kunjung dikasi mimpi, tapi kata Mbak Jannah *nama samaran* Murobbi gue, hasil shalat istikharah gak musti mimpi, tapi kecondongan hatipun adalah petunjuk.

Dan inilah cobaan bagi hidup gue, dengan segala pergolakan dan pertentangan batin, kecondongan hati gue justru berkata buat menerima dia, gue harus mencobanya, dan gue gak boleh menolak sesuatu yang bahkan gue gak tau dengan pasti salah dan benarnya, karena sejatinya pengetahuan manusia sangatlah terbatas, manusia hanya berusaha mencari kebenaran dengan segenap kemampuannya yang akan ditunjuki oleh Allah jika Dia menghendakinya, sejatinya hanyalah Allah yang tau, mana yang salah dan benar. Kalau gue gak menjalaninya gue gak bakal pernah tau apa yang ingin Allah tunjukkan kepada gue, walaupun gue tau ini sangat beresiko tinggi, bisa aja gue kepengaruh sama upaya doktrinisasi syiah, bisa aja gue bener-bener jatuh cinta terlalu dalam sama dia dan cinta bakal membuat gue hilang kendali dan gak peduli lagi akan segala kebenaran. Tapi yang gue yakini, Allah gak bakal menyesatkan hamba yang pasrah dan berserah diri pada Nya. Itu saja!

Dan akhirnya gue pun ngasi tau soal keputusan gue buat nerima dia, dengan 3 syarat, pertama dia musti berenti ngerokok, ke dua hubungan kami gak usah diumumin ke temen-temen kkn dengan alasan biar mereka tau sendiri, yang ke tiga dan yang paling utama adalah NO SKINSHIP, alias gak boleh ada adegan sentuh-sentuhan apalagi adegan mesra layaknya orang pacaran.

Syarat pertama lumayan berat bagi dia, tapi dia setuju buat berusaha ninggalin rokok, dia mikir gue berarti peduli sama kesehatan dia, padahal sebenernya karena gue emang benci rokok aja, heheh. Syarat ke 2 dia mempertanyakan alasan gue gak mau ngumumin hubungan kami di depan temen-temen kayak gue lagi pacaran backstreet aja, tapi gue udah ngasih alasan gue kalo gue belom siap diledekin, padahal emang dasarnya gue mau main aman aja, jadi ketika terjadi sesuatu yang tidak diharapkan dan mengharuskan gue buat mundur, gue tinggal kabur dan menghentikan hubungan kami tanpa harus dihadapkan dengan berbagai pertanyaan dari orang-orang sekitar. Syarat yang ke 3 entah kenapa bukannya gue geer, tapi gue bisa melihat kalau dia berat banget buat mengiyakan, dia mulai bikin modus dan perumpamaan macem-macem demi menghalalkan kemungkinan kami buat bersentuhan.

“Kalo kamu mau nyebrang jalan, terus aku mau bantuin kamu gimana kalo aku gak bisa pegang kamu? ” Katanya mulai beralasan, ini asli loh dia ngomong gini, gak gue dramatisir, *modus banget kan? *

“Ya gak perlu sentuhan juga lah! aku kan bukan nenek-nenek yang mesti dibantuin nyebrang jalan, aku kan bisa sendiri,” kata gue tegas.

“Terus ntar kalo kamu kenapa-napa di jalan, kita gak pernah tau situasi bahaya yang kemungkinan bakal terjadi tiba-tiba, masak aku gak bisa berbuat apa-apa buat bantuin kamu? ” Dia masih aja nyari-nyari alasan.

“Ya.. itu kan masalah nanti, masalah urgen, kalo itu terjadi Allah tau lah kita terpaksa ngelakuin itu, bukan karena hawa nafsu, kalau terpaksa ya pasti diampuni lah, lagian kan katanya kita mau ta’arufan? gak mau pacaran? kalo kita gak ngehindari bersentuhan, apa bedanya sama orang pacaran pada umumnya?! ” Assa! keren kan gue? 😂 gue emang paling jago nyekak orang kalo lagi berdebat kusir gini, pada akhirnya si Alfonso gak bisa berbuat apa-apa selain mengiyakan, jadi Fix! gue pemegang kendali disini, gue yang bikin peraturan! dan dia mau gak mau setuju dong, kalo gak dia terpaksa harus mundur.

Akhirnya dia setuju dengan segala persyaratan gue, dan hubungan kami pun berjalan dengan anehnya, hubungan kami bener-bener berjalan sesuai dengan kemauan gue, loe bisa nyebut hubungan ini sebagai ‘Untitled relationship’ karena mau disebut ta’aruf juga kami masih keluar bareng buat makan dengan ber-boncengan motor, meskipun kalo mau gue pegangan sama dia, ataupun melakukan skinship apapun di atas motor, seperti umumnya pasangan, itu gak bakal pernah terjadi, kecuali dia jatohin motornya ke jurang baru mungkin gue bakal reflek pegangan, tapi kami pergi tanpa orang ke 3, jadi udah jelas itu bertentangan dengan tata cara ta’aruf yang benar.

Tapi mau dibilang pacaran juga gak ngapa-ngapain selain ngobrol, gak kemana-mana selain ke warung. Ya.. atau lebih tepatnya sebut saja hubungan kami ini sebagai hubungan antara tukang ojek dan pelanggannya lah ya 😛. Ya.. untuk beberapa saat hubungan kami persis seperti mau gue, dan hati gue sama sekali gak tergoda untuk melakukan hal-hal romantis apapun sama dia, padahal kalo udah nonton drama romantis Korea, gue sukak dengki setengah mati loh sama pemeran utama ceweknya yang diperlakuin romantis sama pemeran cowoknya, tapi gue sama sekali gak pengen loh ngepraktekin adegan romantis ala drama Korea sama si Alfonso! Mungkin Allah masih menjaga hati gue dari segala perbuatan keji nan mungkar, mungkin ini efek dari do’a self defense gue, karena percaya gak pecaya, bukan bermaksud riya’, gue tiap kali jalan sama dia gue berusaha bekalin diri gue dengan baca al qur’an 1 lembar dulu. Dan sumpah! gue bener-bener ngelakuin itu. Dan emang ajaibnya, emang gak pernah terjadi apa-apa dan hati gue tetep gak goyah.

Sampai suatu ketika dia pernah bawa gue keliling kota malem-malem dan akhirnya ngajakin gue mojok di salah satu taman kota yang remang-remang dan konon terkenal banyak ditempatin sama orang pacaran, gue sering denger dari temen-temen gue katanya di tempat itu orang pacaran bisa ngapain aja, bisa indehoy gratis tanpa ada yang ganggu dan benar saja! cuma butuh waktu 5 detik bagi gue buat ngerengek minta pulang dan pergi dari sana dengan alasan gue bilang tempatnya horror dan gue takut, gue gak sepenuhnya bohong dong?! tempat remang-remang gitu pasti banyak setannya makanya suka banyak orang yang berzinah disana.

Organisasi Yang Disusupi Orang Syi’ah

Oh iya! Gue inget ding! Selain ke warung makan bareng, dia juga pernah ding ngajakin gue ke hotel… 😱 Apa loe kate?! Gak seperti yang loe pikirin lah! maksudnya gue diajak ke sebuah hall room hotel demi mengikuti sebuah acara pelantikan organisasi yang dia ikuti, jadi kisahnya gue ini partner gandengannya lah! Dia bilang organisasi Mahasiswa yang lumayan populer se Indonesia Raya itu menampung seluruh anggota dari berbagai Aliran, bahkan non muslim sekalipun kalo mau, gue kasi bocoran nama organisasinya gak? Jangan dehh! Ntar ketahuan! 😆 Gue kasih Inisialnya aja ya? inisialnya HMI. *Gak usah disingkat aja sekalian! 😂*

Ya… gue gak tau apa-apa sih sama organisasi itu gimana, gue cuma tau HMI emang salah satu organisasi Mahasiswa berbasis islami terbesar di Indonesia, yang paling pasti, di HMI, Alias Himpunan Mahasiswa….. ada orang Syi’ah nya jugak! Bahkan dia bilang dia juga pernah menjabat di HMI.

Gue juga pernah di ajak ke toko buku buat nyari-nyari buku Syi’ah yang pengennya di hadiahin ke gue tapi syukurnya semua buku syi’ah udah ludes dilenyapkan Gramedia muahaha.

Alasan suka ataupun cinta, mungkin cuma 25% alasan dia ngedeketin gue, atau mungkin kurang dari itu, pada perkembangan hubungan kami gue sadar dia punya misi lain buat ngedeketin gue, yakni misi DOKTRIN SYI’AHNISASI, gimana gue gak ngeh coba kalo setiap saat topik yang kami bahas adalah meluluk ilmu agamanya? Ini persis kayak iklan teh botol sosro, apapun topiknya, ujung-ujungnya dakwah syiahnisasi aja. Mungkin dengan harapan setelah tau tentang paham syi’ah gue bakal tertarik ngikutin keyakinan dia. Jadi ada banyak lagi yang gue tau tentang syi’ah setelah beberapa bulan gue deket sama dia, dan inilah rahasia terbesar syi’ah yang gak pernah gue tau sebelumnya dan mungkin loe juga, here are the secrets of syiah based on my true love story….

Taqiyah

Jujur gue bener-bener asing sama istilah ini awalnya. Tapi dia berbaik hati ngasih tau gue, ini ada hubungannya dengan salah satu pertanyaan gue di KKN dulu, gue akhirnya tau alasan kenapa dia pernah ikut shalat tarawih padahal dia menolak dalil shalat tarawih, ternyata itu karena dia sedang BERTAQIYAH. Supaya masyarakat desa sekitar gak mempertanyakan keyakinannya yang beda itu.

Belakangan, setelah sekian lama gue kembali mendengar istilah itu di acara ILC TV ONE dari salah satu aktivis HAM yang ngedukung LGBT, Aan Anshori, makanya gue sedikit curiga sama dia.

Jadi, Taqiyah secara bahasa kira-kira artinya berpura-pura, taqiyah secara praktek mirip dengan kemunafikan tapi taqiyah bukan perbuatan dosa apalagi kemunafikan selagi alasannya tepat. Di zaman Nabi, Taqiyah dilakukan saat genting dan terpaksa, biasanya sebagai trik saat menghadapi musuh, tapi Taqiyah bukanlah sebuah kewajiban atau sunnah yang bisa dilakukan setiap saat seperti keyakinan orang syi’ah.

Bagi orang syi’ah perbuatan taqiyah itu adalah sebuah amalan mulia dan disyari’atkan, makin sering dilakukan makin bagus, jadi dengan ini peredaran orang syi’ah bakal sulit dikenali karena mereka bisa berpura-pura sebagai bagian dari suatu kaum dengan topeng bernama Taqiyah.

Aqidah Yang Mirip Dengan Organisasi Islam Terbesar Di Indonesia, Inisialnya N

Gue gak habis pikir kenapa kebanyakan orang Islam di Indonesia terutama para orang tua kita selalu mengelompokkan diri ke dalam 2 golongan, yakni pengikut N dan M? *Gue inisialin aja karena gue takut bakal terjadi fitnah besar, tapi loe jelas tau dong golongan mana yang gue maksud?* Bahkan gak jarang orang N menganggap orang-orang M sesat dan menyimpang, sementara banyak juga pengikut M yang membid’ahkan ritual para pengikut N. Seolah kita berbeda aqidah, seolah kita menyembah Tuhan yang berbeda, kitab kita berbeda bahkan nabi kita berbeda, padahal M ataupun N hanyalah organisasi ulama, bukan aliran kepercayaan yang membuat kita harus berpecah belah! *betul tidak?*

Gue sendiri, orang tua gue selalu bangga menyebut diri mereka bagian dari N, mereka adalah bagian dari orang kebanyakan, jadi menurut mereka apa yang mereka yakini dan lakukan selama ini gak mungkin salah. Walaupun begitu sampai sakarang gue gak pernah mengelompokkan diri gue kepada golongan tertentu kayak orang tua gue, karena sampai sekarang gue gak ngerti kenapa gue harus mengelompokkan diri gue ke dalam aliran tertentu yang jelas-jelas gak pernah diperintahkan oleh Rosulullah SAW dan bahkan kita dilarang untuk berpecah belah? gue bersyukur mengikuti pengajian dan jama’ah yang hanya berpegang teguh kepada Al-Qur’an dan sunnah Rosul, tanpa membela kepentingan manapun karena menurut gue itu udah lebih dari cukup.

Hingga suatu ketika gue sangat tercengang dengan apa yang gue dengar sendiri, ehh enggak tercengang-tercengang banget sih waktu itu, tercengangnya belakangan. Sekali lagi gue menyampaikan ini bukan karena gue adalah bagian dari salah satunya, tapi justru karena gue gak ngerti kenapa harus terjadi pengelompokan, hingga akhirnya Alfonso membuat gue menyadari sebuah perbedaan besar. Jadi suatu ketika dia kembali mencekoki gue dengan paham-paham syi’ah-ismenya yang alhamdulillah sekalipun gak pernah menyentuh hati dan logika gue, dia selalu pengen ngebuktiin kalo Syi’ah itu gak sesat, dia nyampein ke gue tentang aqidah-aqidah syi’ah yang sebenernya gak bertentangan dengan islam kebanyakan di Indonesia, sampailah gue pada sebuah pertanyaan spontan nan sederhana tapi jawabannya membuat gue terbelalak kaget,

“Emang, aqidah syi’ah lebih mirip sama yang mana kalo di Indonesia? N atau M?,” tanya gue sebagai feedback dari penjabaran syia’ah nisasinya.

“Kalo secara pemikiran dan aqidah sih lebih searah sama N,” Jawabannya santai, dan gue tau dia gak lagi bohong dan mengada-ngada tapi gue berusaha untuk percaya kalo dia lagi bohong, bahkan dia sempet ngasi gue link video di Youtube yang menunjukkan ketua organisasi N menyatakan kalo syiah gak sesat, tapi saat itu gue abaikan dan gak gue buka sama sekali. Pikir gue, kenapa gue harus percaya kalo aqidah syi’ah mirip dengan aqidah golongan terbesar di Indonesia? Dia pasti mau meyakinkan gue aja kalo ajarannya itu gak sesat. Namun kemudian, semakin kesini gue menemukan fakta demi fakta kemudian saling berkorelasi, saling bertaut dan saling berhubungan. Dan membuat fakta itu memang benar adanya. Jadi biarkanlah gue menjabarkan fakta-fakta lain yang bakal melengkapi misteri ini.

Persebaran Syi’ah di Indonesia

Gue pernah baca buku yang berjudul ‘The International Jews’ ini merupakan buku terjemahan yang ditulis oleh seorang non muslim bernama Henry Ford, disitu diungkapkan bahwa orang-orang Yahudi adalah kaum pengelana yang punya prinsip berpindah satu wilayah ke wilayah lain dengan mengeruk kekayaan, bukan menghasilkan, dan di buku itu disebutkan bahwa Amerika Serikat dikuasai oleh Yahudi di segala lini. Dari pemerintahan, perusahaan-perusahaan bahkan sekolah-sekolah dan gereja-gereja semuanya gak luput dari penguasaan orang yahudi dengan atau tanpa disadari.

Alfonso lagi-lagi ngasi tau gue soal fakta tentang syiah dan persebarannya di Indonesia, dia bilang beberapa dari tokoh-tokoh politik Indonesia adalah orang syiah, dan kalo gue sebut namanya kalian semua pasti gak bakal percaya, karena gue pun demikian di kala itu, gua bahkan sempet mikir dia halu kebangetan banget sih! gue nanya dong akhirnya, niatnya sih tadinya mau nyela 😂”Kok bisa? kok gak keliatan dan ketahuan kalau mereka orang syiah?” dan menurutnya itu karena mereka lagi ber Taqiyah alias berpura-pura seperti yang gue jelasin tadi.

Orang-orang syiah di Indonesia sebenernya banyak tapi gak ketahuan aja karena mereka suka bertaqiyah. Gue tentu saja gak percaya gitu aja. Dan sekarang ternyata ada banyak bukti yang menunjukkan kalo ketua N ternyata adalah orang syiah, video ini baru gue tonton beberapa bulan yang lalu setelah sekian lama. Klik Aja buat nonton

Ketua N Ternyata Syiah

Dan dari sini gue pun berfikir, wah gilaa! kalo bener ketua N adalah orang syiah, berarti yang diomongin si Alfonso bener dong? Berarti gak menutup kemungkinan tokoh-tokoh lain yang dia ungkap ke gue juga beneran orang syiah dong? kalo ketua organisasi Islam terbesar Indonesia seperti N aja adalah orang syi’ah bayangkan seberapa besar pengaruh syi’ah di Indonesia yang mungkin gak kita sadari selama ini karena bersembunyi dibalik kedok Taqiyah, seperti halnya orang Yahudi yang diam-diam menyusupi setiap lini di Amerika Serikat.

Do’a Tawassul

photogrid_1517369265701-1557236000.jpgMungkin dulu gue awam banget soal ilmu agama jadi bahkan gue asing sama yang namanya do’a tawassul, jadi Al kisah dia lagi ngerayu gue ala-ala Dilan ngerayu Milea gitu 😂 “Kamu tau gak di malam kamu nerima aku apa yang aku lakuin? ” Tanyanya sok romantis. “Gak tau lah emang aku peramal apa? ” seperti biasa gue bersikap nyinyir, gue emang paling hobby menghancurkan suasana romantis 😂

“Malam itu, aku berdo’a tawassul tau, biar apa coba? ”

“Biar apa? ” Gue kali ini pura-pura ngikutin alur gombalannya

“aku berdo’a khusyuk semoga kamu mau nerima aku, dan aku bersyukur banget sama Allah, do’aku benar-benar dikabulkan, aku bener-bener bisa dapatin kamu”

“Oh ya? sampek berdo’a gitu? emang do’a tawassul apaan? ”

“Tawassul itu adalah do’a perantara, jadi kami biasanya berdo’a kepada orang maksum,”

“Hahh? maksum apaan?!” Gue emang bener-bener bego dalam banyak hal waktu itu.

“Maksum itu orang-orang yang dijamin masuk syurga dan dikasihi Allah, misalnya berdo’a pada imam Ali atau Fatimah Az Zahra. Jadi kita bisa berdo’a kepada Allah lewat mereka,” dia dengan sabar ngejelasin ke gue seperti seorang Bapak yang ngejelasin ke anaknya yang masih balita.

“Terus berdo’anya gimana? ”

“Yahh bisa berdo’a dengan menyebutkan nama orang maksum yang ingin kita tawassuli atau ke kuburan mereka”

“Lahh… kan Allah maha mendengar! ngapain pakek perantara segala sih? syirik dong?!” gue mulai nyolot

“Ya gak syirik lah, ngapain kami bertawassul kalau itu perbuatan syirik? kan analoginya gini, kamu punya permintaan sama presiden, terus kamu mintanya lewat orang-orang terdekatnya, misalnya sama menteri atau anaknya lah, kira-kira bakal cepet dikabulin gak? Begitu juga dengan Allah, kita orang biasa jadi belom tentu do’a kita gampang dikabulin, tapi kalo melalui orang-orang yang dikasihi Allah pasti lebih cepat nyampek dan dikabulin, ”

“Ya jangan samakan Allah sama presiden lah! Allah kan maha segala-galanyaa, Allah kan juga maha pengasih, kalo kita berdoa langsung dengan sungguh-sungguh justru jelas cepat dikabulin lah!” Itu jawaban telak gue dan lagi-lagi dia gak bisa berbuat banyak atas kekeras kepalaan gue. Tapi itu gak lantas membuat dia menyerah begitu saja buat usaha mencuci otak gue .tentu saja.

Belakangan gue tau kalo ternyata do’a tawassul emang bukan cuma istilah dan syariat orang syiah, tapi islam kebanyakan juga begitu. Bahkan gue baru sadar kalo ternyata banyak juga yang berdo’a tawassul di Indonesia yang suka datang ke kuburan orang-orang suci buat minta berkah

Kayak gini

kuburan 8-1571945067..jpg

Bahkan setelah nonton film India bertema muslim gue juga baru nyadar ada yang ginian juga!

photogrid_1517369975249-279699513.jpg

Dan belakangan lagi gue akhirnya tau, kalau ternyata do’a tawassul emang disyariatkan hanya saja cuma ada 1 tawassul yang diperbolehkan, yakni bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW, selebihnya itu syirik. Orang-orang sholeh sekalipun gak bisa memberikan syafaat kepada kita selain Nabi Muhammad SAW. Dan ternyata tawassul yang dilakuin orang syiah selama ini jelas-jelas salah dan syirik! seperti dalil di bawah ini;

Allah telah berfirman dalam surat Yunus :
وَلاَ تَدْعُ مِن دُونِ اللّهِ مَا لاَ يَنفَعُكَ وَلاَ يَضُرُّكَ فَإِن فَعَلْتَ فَإِنَّكَ إِذًا مِّنَ الظَّالِمِينَ
“Dan janganlah kamu memohon/berdo’a kepada selain Allah, yang tidak dapat memberikan manfaat dan tidak pula mendatangkan bahaya kepadamu, jika kamu berbuat hal itu maka sesungguhnya kamu dengan demikian termasuk orang-orang yang dzolim (musyrik)” (QS. Yunus, 106).

Nah! udah jelas kan kalo ternyata Tawassul di kuburan atau berdo’a kepada orang lain selain bershalawat kepada Nabi Muhammad itu gak boleh? Point pentingnya, kalo kaum muslimin Indonesia dan Islam India banyak yang melakukan praktek tawassul seperti kelakuan orang syi’ah berarti emang bener dong pengaruh paham syiah ada dimana-mana? 😱

Nikah Mut’ah Vs Ta’aruf

Ini pasti bagian yang paling kalapakahmasih (1)ian tunggu-tunggu ye khaann? 😂 Yupp! inti dari segala inti dari tulisan ini emang tidak lain dan tidak bukan adalah kisah cinta sesat gue 😁

Jadi cuma sekitar sebulan lebih setelah kami mendeklarasikan hubungan kami, dia semakin menunjukkan komitmen dan keseriusannya sama gue untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius #tsaahh. Awal ngomongin ini, dia justru cerita tentang hubungannya dengan si Barbara, berhubung itu pertanyaan gue sejak lama gue pun tumben dengan sabar dan tenang dengerinnya…

“Aku mau jujur sama kamu, kamu harus tau apa yang aku lakuin dulu sama si Barbara itu halal dan ada akadnya, aku bisa pegang tangannya aja tuh pakek akad loh gak sembarangan, lihat kan betapa mulianya wanita bagi kami? ” buka nya

“Oh ya?? emang akad apaan sih namanya? kalian udah suami istri gitu? ” gue merespon balik.

“Jadi itu yang namanya nikah mut’ah”

“Nikah apaan tuh? baru denger, sejenis nikah sirri? ”

“Bukan! jadi istilahnya dibawahnya nikah resmi tuh ada nikah sirri nah di bawahnya nikah sirri tuh ada nikah mut’ah”

“apaan sih? gak ngerti deh! ”

“Jadi, kalo dalam keyakinan kalian itu namanya ta’aruf, dalam syari’at kami kami mengenal yang namanya nikah mut’ah, jadi nikah mut’ah itu dulunya dilakukan oleh Rasulullah dan para pengikutnya di daerah perang ketika mereka harus pisah dari istri-istri mereka tapi harus memenuhi hasrat biologis mereka selama perang, jadilah mereka menikahi perempuan di lokasi perang itu yang berlaku semasa perang, nikah mut’ah itu biasanya diterapkan untuk menghindari zinah, dengan berbaurnya lawan jenis, misalnya boss sama sekertarisnya, atau juga cewek sama cowok yang pengen saling mengenal satu sama lain kayak kita gini, soalnya kalo sistem ta’aruf kan kayak beli kucing dalam karung, gak efektif, proses perkenalannya terlalu dibatasi, mau ketemuan aja mesti ada pihak ke tiganya,” dia ngejelasin panjang lebar dan gue udah mulai mencium gelagatnya, gue udah bisa nangkap maksud terselubungnya, tapi bukan gue namanya kalo gak banyak tanya dan banyak nyolotnya

“Ohh gitu? jadi pas pisah kamu apain tuh si Barbara? ditalak gitu? ”

“Ya… aku bilang aja mau pisah dan itu udah jatuh talak dong”

“terus kalo nikah mut’ah kan boleh ngapa-ngapain tuh, kamu sama si Barbara udah ngapain aja? ” pertanyaan sarkas level bubuk cabe india!

“Kenapa? kamu cemburu yaa?? ” Dihh! Apa-apaan sih nih orang? niatan gue mau nyela, mau bikin panik kenapa dia malah kegeeran yak? 😅

“Ihh… apaan sih? gak usah ngalihin pembicaraan deh! jawab aja udah ngapain aja sama dia? kan katanya kalo udah nikah mut’ah semuanya halal?”

” Ya enggak lah! gak ngapa-ngapain, belom sampek ke situ orang baru deket,” alibinya

“Terus kalo misalnya kita nikah nanti, kalo kamu punya sekertaris atau cewek yang ada di sekitar kamu mau dinikahin mut’ah juga?! ”

“Ya enggak lah sayang, kalo ada kamu di dekat aku ngapain deket-deket sama cewek lain? ” cuih banget ga sih? 😂

“Oh gitu? terus?!”

“Ya aku mau kita nikah mut’ah,” eh… oke…! walaupun dari awal udah bisa nebak arahnya, tetep aja gue shock!

“Hahh? kita nikah mut’ah? kita jadi beneran kayak suami istri dong? jadi kita halal buat ngelakuin itu juga?! ” pikiran kotor gue emang suka jalan otomatis 😅

“Ya emang boleh…” Tampangnya udah mesem-mesem najis gitu

“Ihh enggak ah!” gue udah mulai panik guys! takut ternoda! gue masih belom cukup umur 😅

“Ya gak bisa juga kalo ceweknya gak mau, itu aturannya harus mau sama mau” fiuuhh.. gue lega!

“terus kita mesti ngapain? ”

“Ya.. aku bakal datang ke orang tua kamu buat minta izin, itu akadnya”

“Loh! jadi ntar orang tuaku bakal tau dong kita mau nikah mut’ah? ” panik lagi gue, 😱

“Ya enggak lah, nanti akadnya aku cuma minta izin mau serius dan jagain kamu selama kuliah disini, kalo bapak kamu setuju ya semuanya sah,” hefft the power of taqiyah, semuanya jadi segampang itu karena bisa dimanipulasi!

“Ke kota ku dong? yakin? ”

“Iya, kan demi kamu! aku dulu sama Barbara akadnya cuma lewat telepon loh, sama kamu doang aku rela jauh-jauh ke kota kamu, ” OK! pada tahap ini gue udah gak banyak tanya karena gue masih nge blank.

Selama beberapa hari mendekati hari keberangkatan nemuin orang tua gue, gue semakin galau tak menentu, di satu sisi gue sangat-sangat menghargai komitmen dan kesungguhan dia, jaman now sangat seldom banget loh bisa nemuin cowok yang baru sebulan berhubungan udah punya komitmen dan keberanian buat datangin orang tua si cewek, ya… readers cewek pasti ngerti lah perasaan gue sebagai cewek gimana, “Every girl dreams to be repected n to be fighted for, right? “ gue gak bisa dong ngehalangin niat dan itikad baik dia. Tapi di sisi lain gue mulai ketakuan, gue mulai ngerasa keputusan gue selama ini salah, gak seharusnya gue bersedia memulai hubungan sama dia dengan modal coba-coba, ini kalo gue jadi model iklan minyak kayu putih cap lang, gue pasti udah diomelin gini sama emak-emak model iklan cap lang “Buat pasangan hidup kok coba-coba?!” 😂 Gimana kalo karena nikah mut’ah kami bener-bener ngelakuin hal-hal yang dia anggap halal? Oh please, gue masih muda, gue masih kuliah, gue belom siap dan gue sama sekali gak yakin!

Saking galaunya gue akhirnya berusaha jujur sama temen deket gue dan minta saran-saran dari mereka dan tentu saja, walaupun reaksi temen gue gak segalak yang gue duga, tapi sudah bisa dipastikan reaksi mereka adalah penolakan! tapi bagusnya mereka lebih bijak dari yang gue duga. Saran dari temen-temen gue, walaupun mereka gak ngerti soal hukum nikah mut’ah tentu saja No Way! tapi sebaiknya jangan dilakuin, mending ta’arufan aja, “Ntar kalo kalian nikah mut’ah kan halal ya bagi kalian? sementara kalian belom resmi, kalo suatu saat nanti kalian tergoda dan melakukan hubungan suami istri terus kamu hamil gimana?!” Mampus! Pikiran mereka sampek sejauh dan seserem itu tapi emang masuk akal juga! Itu malah semakin membuat gue resah.

Belom puas dengan saran temen terdekat gue, kali ini gue nyoba nanya sama temen gue yang guru pesantren. Dan hasilnya, baru gue nanya soal hukum nikah mut’ah aja dia langsung menyebut nikah mut’ah sebagai nikah kontrak! sumpah! Gue shock! gue gak paham kalo ternyata nikah mut’ah itu kata lain dari nikah kontrak! si Alfonso cuma ngejelasin nabi pernah ngelakuin nikah mut’ah pas jaman perang dulu. Oleh teman ustazah gue pun langsung dikasi hadist ginian;

…يَآاَيُّهَا النَّاسُ اِنِّي قَدْ كُنْتُ اَذِنْتُ لَكُمْ فِى اْلاِسْتِمْتَاعٍ مِنَ النِّسَاءِ وَاِنَّ اللهَ قَدْ حَرَّمَ ذَلِكَ اِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ…

…“Wahai manusia! Sesungguhnya aku pernah mengizinkan kamu untuk nikah mut’ah, dan (sekarang) sesungguhnya Allah telah mengharamkan nikah mut’ah tersebut sampai hari kiamat…” (HR Muslim)

hadist yang bener-bener telak bikin gue gak bisa melakukan pembelaan lagi.
“Yang mau dinikahin mut’ah kamu ya? ” tembak temen gue langsung ke pusat sasaran dan itu bikin gue mendadak kelabakan.

“Bukan! bukan aku kok, itu temen. Dia nanya-nanya makanya aku cari tau,” gue terpaksa bohong karena gue malu dan gue takut disemprot kalo tau gue sebego itu.

“Daripada nikah mut’ah, kenapa gak nikah resmi aja? ngapain sih pake nikah mut’ah segala? ” Fix! gue udah dapat jawabannya. Gue tau apa yang harus gue lakuin.

Hari itu, di bus menuju ke kota gue, gue nelpon dia yang juga siap-siap mau berangkat naik motor sama temennya “Sebelum kamu nemuin orang tua ku, aku mau nanya beberapa hal sama kamu… ” kata gue dengan nada serius tingkat ujian SBMPTN.

“Apa sayang? ” Dia udah mulai seenaknya lagi ngeganti nama gue 😅

“Jawab yang jujur, kamu mau nikah mut’ahin aku niatnya apa sih? biar kita bisa bener-bener ta’aruf lebih dalam lagi, atau cuma biar kamu bisa bebas nyentuh aku? ” gue juga jadi bingung kenapa gue malah nanya sebrutal itu padahal yang sudah gue rancang gak seperti itu yak? ini bener-bener pertanyaan dari hati yang terdalam sih.

“Ya ampun! sayang, kamu tuh mikir apa sih? aku tuh mau nikahin mut’ah kamu cuma karena semata-mata menghindari zinah, aku tuh pengen jagaian kamu, ngenal kamu tapi tetap menghindari perbuatan zinah, gimana aku bisa jagain kamu kalo aku juga takut zinah? ”

“Jadi maksud kamu, kalo kita udah nikah mut’ah kamu bisa bebas nyentuh aku? ”

“Ya enggak gitu! aku kan udah bilang, kita gak pernah tau bakal ada sesuatu hal ke depannya yang gak kita prediksi terjadi dan mengharuskan aku buat nyentuh kamu, ”

“Kalau aku gak mau gimana? ”

“Yaa… mau gimana lagi? itu hak kamu, yang penting aku udah jalanin syari’at agama, ”

“lagian kenapa kita gak nikah resmi aja sih? Daripada nikah mut’ah mending nikah resmi sekalian aja lah! ” Oops! mampus, gue ngomong apaan ya? ini kenapa jadinya gue yang malah ngebet ya? Demi apapun kalo dia setuju sama saran gue, gue mesti ngapain? tamat beneran deh masa muda gue yang indah 😅

“Sayang… kamu pikir apa aku gak pengen nikahin kamu? kamu kira selama ini aku ngedekatin kamu tuh tujuannya apa? itu bukan karena aku pengen jadiin kamu pacar, tapi jadi istri aku, ibu dari anak-anak aku . Dibandingin kamu, aku jauh lebih pengen kita nikah. Tapi kan kamu tau sendiri kan kita masih punya orang tua, terlebih kamu anak pertama, orang tua kamu pasti pengen ngemeriahin pesta pernikahan kita, dan biaya menikah tuh gak murah, kita masih kuliah dan aku masih berusaha ngumpulin uang, jadi untuk sekarang kita masih dalam proses dulu, ” ok jujur gue agak sedikit meleleh

“Iya sih… cuma sebenernya aku rada takut aja sih sama nikah mut’ah ini… ”

“yang kamu takutin apa sih? kita kan ngejalanin syari’at, kita lagi beribadah. Niat aku cuma satu kok, biar kita bisa terhindar dari perbuatan zinah, itu aja” jujur, di kala itu gue bener-bener meleleh seketika, batu di kepala gue tiba-tiba mendadak lapuk.

“Ok! kalo itu keyakinan kamu, tapi jujur aku gak bisa ngikutin aturan nikah mut’ah, aku pengen kita sama-sama ngejalanin keyakinan masing-masing, kamu dengan nikah mut’ah, aku tetap pengen ta’aruf dan ngikutin aturan ta’aruf,” putus gue

“Ya mana bisa gitu juga? kan prinsipnya beda, aturannya pun beda kamu tau kan ta’aruf itu gak efektif? ” tetep ye usaha nya? 😂

“Ya… biar aku tenang, biar kita sama-sama ngejalanin keyakinan kita masing-masing,” Fix! pada tahapan ini gue kembali memenangkan negosiasi, ini semacam win win solution dari gue yang nyatanya merasa diuntungkan cuma gue 😂

Mendustakan Para Sahabat dan Tabi’in

Dan akhirnya agenda nikah mut’ah tetap belanjut, dia datang ke rumah gue dan nemuin bapak gue dan bikin keluarga gue sedikit geger karena mikir gue bakalan nikah secepat itu. Setelah itu, alhamdulillah gak ada yang berubah, apa yang gue takutin gak terjadi, semuanya berjalan sesuai mau gue, tapi gak bagusnya intensitas pertemuan kami jadi semakin sering sampek setiap malam kami makan bareng di luar, dan walaupun gue merasa berdosa tapi ini bagian dari usaha penghematan gue, lumayan banget kan anak kost terlantar kayak gue dapat traktiran makan malam muluk 😂

Namun begitu agenda kami yang sama dengan pasangan yang lainnya cuma makan bareng dan sesekali jalan ke mall. Selebihnya gak terjadi apapun! yang ada cuma diskusi dan debat kusir masalah sara 😂 Dia demen banget mancing-mancing dengan menyinggung-nyinggung masalah keyakinan gue sih!

Dia sangat-sangat bersemangat setiap kali menceritakan soal keyakinannya, meskipun gue gak pengen denger, dia tetap kekeh ngasi tau gue bahkan hal-hal mendetail tentang syiah, dia cerita soal sistem Imamah dalam pemerintahan syiah mereka gak percaya sama sistem khilafah, jadi kalian yang gak percaya ataupun kontra terhadap khilafah, hati-hati jangan sampai anda terdoktrin dengan susupan pengaruh syi’ah. Dia juga cerita tentang 12 Imam maksum yang terdiri dari nabi Muhammad sampai Imam Mahdi, dari sini kita bisa tau ciri-ciri utama dari orang syi’ah yang paling menonjol adalah mereka menyebut Ali bin Abu Tholib atau Husein sebagai Imam Ali dan Imam Husein. Darinya gue tau soal ahlul bait (Ali Bin Abi Tholib beserta keturunannya), peristiwa malam Asyura di tanah Karbala yang katanya kalo gye denger gue pasti bakal nangis-nangis dan pengen nyiksa diri gue kayak orang-orang syiah hulat.

Sampailah gue kepada fase diskusi nyebelin dimana dia setiap pembicaraan bukan cuma ngomongin keyakinan dia, dia mulai mendustakan kredibilitas para perawi hadist dan ulama-ulama seperti Abu Khurairaih, Imam Bukhari, Muslim dan lain-lain yang sering kali menimbulkan debat kusir.

Syahadat Yang Berbeda

Entah kenapa dia ngebet banget pengen mensyi’ah kan gue, dia begitu pantang menyerah mendoktrin gue dengan paham syiahnya meskipun tau gue gak pernah bisa menerima apapun yang dia katakan bahkan selalu menentang. Seolah gak peduli sama bantahan gue, kali ini dia menyeret gue ke dalam dunia syi’ahnya yang lebih jauh dengan mulai mengarahkan dan mengajari gue buat bersyahadat ala syi’ah. Syahadat mereka jelas berbeda dari syahadat Islam pada umumnya. Jujur gue udah lupa bunyinya, karena waktu itu gue pura-pura susah ngelafalinnya, yang jelas syahadat syiah memasukkan nama Ali bin Abu Tholib ra ke dalam syahadat mereka. Dan seharusnya dia udah tau ngajarin gue hanya buang-buang waktu karena gue gak pernah sekalipun mau melafalkannya. Well, saat itu gue emang gak banyak tau soal ilmu agama, tapi satu hal yang sangat gue yakini adalah mengubah syahadat adalah bentuk pemurtadan, dan saat itu juga gue menyadari bahwa syiah emang ALIRAN SESAT.

Menghina dan Memfitnah Para Sahabat Nabi.

Hal terpenting yang harus loe tau tentang syiah adalah, mereka sangat-sangat mengagung-agungkan Ali, Fatimah dan anak keturunannya, terutama Husein, yang mereka sebut dengan para Ahlul Bait, Bahkan mereka bakal memperingati hari kematian Ali dan Husein dengan berkabung, bahkan ada kelompok Syiah yang sampai menyiksa diri mereka setiap haru Asysyura demi mengenang kematian imam mereka yang tragis, jadi ciri-ciri khusus orang syiah adalah kalo ada orang yang suka ngomong Ahlul Bait dan apa-apa jatohnya ke Imam Ali atau Imam Husein, melebihi dia menyebut nama Rosulullah, maka curigailah sebagai orang syiah.

Bagi gue sendiri, sama sekali gak ada yang salah dengan mengagung-agungkan Ali ra, seperti hal nya gue mengidolakan Khalifah Ummar bin Khattab yang pemberani dan tegas sampai-sampai iblis aja takut sama beliau, atau Bilal bih Robbah sang Muazin yang terompah kakinya sudah terdengar di surga tentu saja gue mengidolakan mereka setelah Rasulullah SAW. Tapi ada yang aneh dengan pengagungan orang syi’ah terhadap Ali dan keluarganya, rasanya terlalu berlebihan, bahkan terkadang gue ngerasa dia lebih memprioritaskan Ali ketimbang nabi Muhammad karena dia emang lebih banyak membicarakan Ali daripada Rasulullah SAW, sampai akhirnya gue tergelitik untuk bertanya, “Kenapa sih kayaknya orang syi’ah mengagung-agungkan Ali banget? kalian memperingati hari kematian Ali tapi buat Rosulullah enggak deh?” tanya gue dalam perjalanan pulang ke kost gue abis makan. malam.

“Siapa bilang kami gak memprioritaskan nabi Muhammad? kami juga memperingati hari Maulid dan kematiannya kok. Cuma, bagi kami kalau diibaratkan Nabi Muhammad itu Allah, maka Imam Ali adalah Rosulullah, ”

“Kok gitu? Ali kan bukan satu-satunya khalifah?”

“Berarti kamu gak tau sejarahnya, sebenarnya satu-satunya dibaiat sebagai penerus Rosulullah oleh Rosulullah sendiri cuma Ali,”

“Oh ya?? masak sih? setauku semua Khalifah adalah orang-orang kompeten yang dipercaya nabi deh,”

“Kamu gak tau sejarah yang sebenarnya, kalau kamu tau sejarahnya maka kamu akan berfikir sama seperti kami,”

“Oh… jadi maksud kamu, kami gak tau apa-apa soal sejarah, dan cuma kalian doang yang tau sejarah gitu?!” Ok sudah cukup sampai disini, gue lupa dijawab apa yang jelas seingat gue lagi-lagi dia harus ngalah sama argumen gue.

Perdebatan demi perdebatan itu terjadi selama berhari-berhari, hingga puncaknya suatu malam lewat telepon, kami bertengkar hebat tentu saja lagi-lagi karena masalah sara dan prinsipil. “Ahlul bait adalah keluarga Rosulullah, makanya kami cuma bisa percaya sama mereka, logikanya mana yang lebih kamu percaya, keluarga atau teman kamu? keluarga kan? ” Duhh… lagi-lagi gue memberikan argumen logis dan analogis, gue kalau diserang pake argumen logis paling bisa nyerang balik dengan argumen logis sebaliknya, “Ya… semua itu gak bisa dilihat dari hubungan darah lah, banyak loh saudara kandung yang jahat sama saudaranya sendiri, sementara gak sedikit juga sahabat yang kasih sayang dan kesetiaannya melebihi saudara kandung, semua itu tergantung, ”

“Ya… tetep aja biar gimanapun keluarga tetap lebih utama,”

“Ya tapi bukan berarti juga mentang-mentang bukan keluarga udah pasti jahat dan gak bisa dipercaya, ” Itu adalah prolog perdebatan panas kami, perdebatan kali ini menjadi puncak dari rentetan perdebatan kami. Meski udah gue bantah berkali-kali dia tetap ngotot menyuarakan keburukan para sahabat yang menurutnya menjadi alasan orang syiah gak respek dan mau meneladani mereka, itu sebabnya mereka gak percaya hadist yang dirawi dari para sahabat dan menganggap semua itu dhoif alias palsu.

Hingga kesabaran gue sudah berada di ambang batas ketika dia bilang kalau para sahabat dan sahabiah selain Ali dan pengikut ahlul bait adalah kelompok munafik dan pengkhianat, mereka berkomplot untuk mengkhianati rosulullah demi merebut kekuasaan. Dan sampailah gue pada puncak toleransi gue ketika dia mengatakan para sahabat berkomplot untuk meracuni Rosulullah hingga wafat, dan Aisyah ra adalah seorang Pelacur.

Sebuah kata menohok nan paling kasar yang pernah gue denger tentang keyakinan gue selama ini, mendengar itu tentu saja gue gak tinggal diam, kalau aja malam itu bukan bicara lewat telepon tapi secara langsung, mungkin gue udah nampar muka dia. Jujur hati gue bener-bener terluka saat itu, gimana perasaan loe ketika loe begitu menghargai seseorang, menjadikan mereka suri tauladan seperti Aisyah sang wanita penghuni surga, disebut sebagai pelacur di depan mata loe? Saat itu gue marah besar, entah gue udah ngomong apa yang jelas seingat gue, gue nyerocos dan ngebantah abis pernyataan dia nyaris tanpa jeda.

Perpisahan atau Perceraian Mut’ah?

Setelah perdebatan hebat itu beberapa hari kami melakukan perang dingin, gue gak mau ngangkat telepon dari dia dan tentu saja gak mau nemuin dia, pokoknya ini kesempatan gue buat lepas diri dari dia. Selama masa perang dingin itu, gue terus mencari info tentang kesesatan orang syi’ah apakah singkron dengan yang gue lihat atau gimana, dan ternyata emang kesesatan syiah itu nyata.

Gue pun terus berdo’a sama Allah kalau dia bukan orang yang tepat dan bukan jodoh gue semoga segera dipisahkan, hingga akhirnya perpisahan itupun terjadi, kami berpisah via SMS, intinya dia bilang bahwa sepertinya kami gak berjodoh dan gak cocok satu sama lain dan semoga kami berdua bisa dapat pasangan yang tepat, gue pun membalas dengan permintaan maaf.

Ya… walaupun terkesan sangat tidak hormat, tapi jujur saja saat itu gue legaaa banget! rasanya pengen nyemplung ke sungai mahakam terus berenang sama pesut, gue langsung pengen tumpengan dan ngundang anak-anak sekost makan empek-empek andai aja gue punya uang lebih 😂 Ya… gak menampik juga, di relung hati terdalam, gue sedikit merasa kehilangan, ada sedikit ruang hampa di hidup gue yang gak dia tinggali lagi, tapi gue tau itu cuma karena beberapa saat kebersamaan kami menyimpan begitu banyak cerita, jadi gue sedikit terbiasa sama dia.

Selebihnya gue menganggap gak pernah terjadi apa-apa antara kami, kami sempat beberapa kali ketemu di kampus karena kami satu fakultas dan sebisa mungkin kami bersikap sewajarnya seperti kami memperlakukan temen-temen KKN kami yang lain, bener-bener segala nikah mut’ah yang pernah kami lakuin itu gak berarti apa-apa, gue jadi mikir semudah inikah nikah mut’ah? akad hanya dengan meminta izin orang tua buat jagain terus pisah cuma dengan SMS? gimana dengan mereka yang dinikah mut’ahin yang sudah sampai melakukan hubungan suami istri terus hamil?

Ya… mungkin dari sini gue harus bisa membedakan antara bersikap open minded dan nekat, dan gue rasa selama ini gue bukan open minded, tapi gue sebenarnya nekat masuk ke mulut buaya yang menganga yang untungnya buayanya sedikit lamban jadinya lupa mingkem makanya gue bisa sempet kabur😂. Tapi kalo gak nyoba gue juga gak akan pernah tau kesesatan syi’ah seperti apa, selamanya gue mungkin bakal terus mikir kalo itu cuma masalah fiqih. Sebelum gue menyadari bahwa ajaran yang bener gak akan percaya takhayul (masalah ikan tongkol), gak akan ngajarin berbohong dan munafik (Taqiyah), gak akan sembarangan menghalalkan berhubungan dengan seorang wanita lalu dengan mudahnya meninggalkannya (Nikah Mut’ah), dan gak akan menjelek-jelekkan para sahabat yang sudah setia membantu perjuangan Rosulullah, point itu yang akhirnya membuat gue yakin bahwa syiah memang sesat.

Belakangan saat gue mengikuti pengajian yang temanya ngebahas tentang aliran sesat, Pak Ustad berkata bahwa syi’ah sekarang mendoktrin masyarakat melalui pernikahan, maka dari itu berhati-hatilah kepada para akhwat, saat itu gue tersenyum lega, Ustad memang benar, gue sudah melewati itu semua dan gue sangat-sangat bersyukur pada Allah, sudah memberikan gue pengalaman dan ilmu yang sangat-sangat berharga dalam hidup gue namun tetap diberikan keteguhan iman, dan gak membiarkan gue terjerumus ke dalam jurang kesesatan.

Maka dari itu buat temen-temen sekalian terutama para muslimah, please jangan tiru kenekatan gue, ini bukan karena gue merasa lebih profesional, lebih pintar atau iman gue lebih teguh dari kalian, tapi manusia tempatnya khilaf, iman kita naik turun, jangan sampai ketika kalin mencoba ngelakuin hal yang sama kayak gue, saat itu iman kalian lagi turun, dan akhirnya terperosok ke dalam jurang kesesatan berkedok cinta yang dalam Nauzubillah min zalik.

16 thoughts on “The Secret Of Syi’ah, Mengenal Ciri-Ciri dan Rahasia Syiah, Bocoran Dari Cewek Yang Pernah Dinikahin Mut’ah Sama Orang Syiah

  1. Alhamdulillah kelar juga bacanya, aku pikir tadinya imprint yg published eh salah baca mentang-mentang belum makan siang 😂

    Jujur speechless selama membaca dan menyernanya tapi ini bahasan yang harus dibaca oleh para perempuan muslimah bagaimanapun aku pribadi juga merasa awam mengetahui ttg syiah ini pdhl mereka gencar banget ya mbak 😱😨

  2. Akhirnya selesai baca efek kangen dirimu lol. .ini aku bisa seru banget bahasanya dengan bahasa yg lucu+cerdas jadi biar sepanjang apapun tetep dijabanin 😂
    Habis baca ngerasa ngeri bangetlah sama syiah jujur-jujuran selama ini aku orangnya lurus2 aja klo masalah agama karna ga terlalu ngerti yg terpenting bagi akumah ngerjain sholat 5 waktu selebihnya orang mau debat kusir soal agama sampe war waran aku bodo amat aja tapi habis baca ini jadi reminder lh buat diri sendiri buat lebih hati2 sama hal-hal kaya gitu, sering-sering nulis disini dong ka bahas apa kek wkwkwk. .kamu klo bahas hal apapun keliatannya jadi menarik aja didukung bahasamu yg kaya kosakata itu lol

  3. Saya sangat setuju dgn artikel ini sesuai dgn realitas sekarang di Indonesia memang begini adanya.Huruf N memang sudah ada penumpang gelap dengan huruf S,tapi yang paling saya takutkan bukan penumpang lagi tapi sebagai sopir dan kondektur.Semoga huruf N kembali membedah buku Risalah Aswaja: Ahl al-Sunnah wa al-Jama’ah karangan KH.Hasyim Asyarie.Kitab pondasi huruf N yang sangat keras dan berhati-hati tentang khurafat dan syiah.Dan hati-hati cari versi yg asli.

  4. serius gua bingung bacanya…

    ini kek emak² lagi curhatan dan itu ngabisin waktu sampe 5jam an…

    btw, ukht boleh kenalan?

    1. Hahaha bingung knapa?? bahasa gue trlalu blibet atau gimana?? ini bkan curhatan emak2 tpi curharan seorng wanita 😂 mau knalan boleh aja

  5. Ya Allah..aku bacanya kaya adegan di pilem yg tokohnya lagi dikejar” penjahat deh mba..deg”an!!wkakakak
    Gemesss bgt ya ampuuunn sm alfonso de albuerquerqueee!! *cubit pake tang*

  6. Duh mereka itu pinter banget nyaru ya. Berati mereka g bakal mau kl diajak ta’aruf y atau ikut ta’aruf.. seenggaknya kl ak nantinya ta’aruf g bener2 nemuin kucing dlam karung dg kesesatan yg hakiki.

  7. WOW sepertinya ini bkal jdi pengalaman yg tak terlupakan ya, ga sengaja mampir krn kangen tulisanmu ttg beintehaa,, pas baca judulnya kok tumben judulnya lain dri yg lain smkin excited lah aku, pas bca dri awal sampe akhir mncul berbagai pertanyaan dibenakku, tpi yg plg penting sih kita bisa ambil hikmah dri pengalamanmu

    1. Ya… Kebenaran dalam konteks agama akan slalu subjektif smpai kapanpun. Karena saya sedang berbicara soal agama y saya akan menilai scara subjektif dalam konteks agama

  8. Wah nice story mbak. Meskipun ini cerita 2018 tp masih relate. Karena sesungguhnya aku ga percaya2 amat sama syiah ini kaya yg km bilang diawal mba. Cuma lagi hits nih tokoh agama naik daun yg dibilang syiah. Mungkin emg bener2 real ya jadi kita harus hati2. Btw ceritanya seru 😁

  9. Hemm…. Perjalanan hidup yang sangat mengerikan dan berbahaya.
    Btw apakah anda sekarang sudah menemukan tambatan hidup sejati ?

Leave a comment