Review Jingga Untuk Matahari + Unek-Unek Gue Tentang Novel/Film Dear Nathan

Review Jingga Untuk Matahari + Unek-Unek Gue Tentang Novel/Film Dear Nathan


Sya’Aloh, umur berapa sih gue ini masih aje ngebaca Novel Teenlit? Umur udah 1/4 abad masih jaman gitu baca teenlit? Gue tau arti teenlit gak sih? Teen itu kan artinya remaja, umur gue kan udah gak ada embel-embel teen nya lagi tapi udah Ty? Umur 1/4 abad tuh harusnya baca buku resep masakan noh, bakal jadi ibu rumah tangga yang baek! Lah gue masih baca yang labil-labil aje 😂

Heyy!! Tapi jangan salah guys! Yang gua baca novel remaja bukan sembarang novel remaja, novel remaja yang gue baca ini gak se simple dan se menye-menye novel remaja lainnya! Ini adalah kisah anak remaja paling berat yang pernah gue baca, sama beratnya ketika gue sok-sok-an baca novel Davinci Code nya Dan Brown, bedanya kalo Davinci Code beratnya di otak karena gue bacanya musti dengan penuh konsentrasi, runut dan sistematis, maka buat novel berseri yang satu ini gue akuin gue sangatlah berat di hati, ngegalauin bin ngebaperin pisan euy! 😂

Yupp! Kali ini topik yang bakal gue angkat disini adalah salah satu novel remaja terbaik yang pernah ada versi gue judulnya Jingga dan Senja (2010), Jingga dalam Elegi (2011), dan yang terbaru yang paling ditunggu ampek bangkotan, dan akhirnya datang juga Jingga Untuk Matahari (2016) dan tanpa disangka tak dinyana, masih ada kelanjutannya lagi di buku ke 4 yang konon bakal berjudul senada yakni, Jingga Untuk Sandyakala (JUS)

Jadi, sebelum mereview novel favorit gue ini, izinkanlah gue buat terlebih dahulu bercerita ‘sedikit’ awal gue jatuh cinta dengan novel Jingga The Series karya Kak Esti Kinasih ini. Selain ngecengin Oppa-Oppa Korea dan nyinyirin serial India tontonan Emak gue tiap siang, hobby jangka panjang gue adalah membaca novel, Novel apa aja! Dari Lupus yang konyol nan jadul ampek Sherlock Holmes yang berat gue embat jika itu yang dipinjemin ke gue, maklum… Gue mah dulu modal bacanya modal minjem doang, abisnya banyak yang bisa gue pinjemin sih, maklum gue kan mantan remaja fakir yang kini tetep gak juga kaya, yaa… selagi masih bisa gue traktir gorengan 2 biji, gue bisa baca novel bagus dengan tenang lah 😂 ehehe orang-orang di sekitar gue emang pada doyan baca, temen sebangku gue di SMP kelas 1 dulu, penggila novel Harry Potter, itu pertama kalinya gue gak tertarik sama bacaan temen karena gue lebih tertarik ngejadiin buku Harry Potter bantal karena tebelnya ngalah-ngalahin kamus Inggris-Indonesia 100 juta, kemudian temen sebangku gue di kelas 3 SMP adalah penggemar comic detektif dan serial cantik,  jadi dikit-dikit gue ikutan baca juga, temen sebangku gue di SMA sukaknya baca novel teenlit jadilah gue bisa sukak novel teenlit, dan temen kuliah gue doyanannya novel Twilight, Andrea Hirata dan novelnya Raditya Dika dan jadilah gue ikut-ikutan baca selagi gue masih bisa minjem 😂

Well, sebagai penggemar novel dari berbagai genre, akhirnya gue menemukan kriteria ideal selera bacaan gue yang lebih signifikan dibandingkan hanya sekedar alasan ‘yang penting bisa dipinjem’, hehehee. Gue termasuk pembaca yang memilih kriteria bacaan dari penulisnya, yang kalo udah liat nama penulisnya, gue gak usah meragukan lagi isinya. Penulis novel yang gak perlu gue baca sinopsisnya saat mau beli novel nya adalah para the Masters of novel kayak Raditya Dika, Andrea Hirata, Habiburrahman, Asma Nadia dan Tereliye. Makanya gue gak sukak novel terjemahan, karena menurut gue gaya bahasanya kaku dan gak punya ciri khas.

Karena bagi gue, setiap penulis punya gaya bahasa yang khas, dan daya tarik sebuah novel tergantung pada gaya bahasanya. Storyline yang bagus bisa diimajinasiin sama siapapun, tapi yang terpenting adalah cara penyampaiannya. Bisa dibilang minat baca gue terhadap sebuah buku sangat tergantung kepada cara penyampaian si penulis, gue sukak penulis yang punya gaya bahasa yang asik, renyah, mendetail, dalem, namun tetep ringan, gue lebih sukak sama gaya bahasa yang informal yang sesuai sama bahasa sehari-hari dan gampang dicerna tapi gak kaku namun tetep sistematis dan rapi.

Bahkan tingkat intelektual seorang penulis bisa dinilai dari gaya menulisnya dan pemilihan kata-katanya, gue bisa tau penulis mana yang emang pinter tapi yang baca gak perlu pinter-pinter amat buat ngerti tulisannya, penulis mana yang terlalu pintar dan kepintarannya musti ditampakin dan pembacanya juga musti pinter buat bisa memahami kata-katanya, dan penulis yang cuma bisa bercerita tapi gak bisa bikin cerita.

Gue suka tulisan yang hanya dengan baca tulisannya aja udah berhasil mengubek-ubek hati gue, dan feel nya langsung nyampek ke imaginasi dan hati gue, dan itu yang gue dapat dari setiap karya-karya Esti Kinasih, ini kenapa gue menjadikan Kak Esti termasuk ke dalam salah satu jajaran penulis favorit gue yang novel-novelnya gak pernah gue ragukan isinya hanya dengan hanya melihat nama penulisnya doang, meskipun genrenya rata-rata teenlit, romansa anak-anak ABG yang secara umur udah bukan gue banget, tapi dengan gaya bahasa dan alur cerita yang gak menye-menye membuat novel remaja Mbak Esti bisa dibaca sama semua kalangan.

Oleh karenanya  gue udah baca hampir semua novel karya Mbak Esti dari Fairish, Dwilogi Cewek dan Still, Dia Tanpa Aku, sampek yang terakhir tetralogi Jingga. Yang terakhir inilah yang paling gereget karena udah mbikin penasaran jangka panjang bahkan sampek detik ini. Gile! Selama 7 tahun dihantui rasa penasaran? Cuma Kak Esti doang yang mampu membuat readers nya tetap setia menunggu sampek 7 tahun lamanya, demi sebuah mahakaraya yang cetar membahana badai. Oke! Karena udah 3 series yang diluncurkan gue kupas satu per satu deh sinopsis seriesnya;

Jingga dan Senja (JDS), 2010

Ini novel pertama dari Tetralogi Jingga. Jadi, diceritakeun Matahari Senja alias Ari, seorang cowok 18 tahun adalah siswa kelas 12 yang super duper badung, biang kerok kerusuhan di SMA Airlangga, kerjaannya tiap hari bikin huru-hara, semua guru dibikin sakit kepala dengan tingkah anarkisnya, dia suka terlambat, suka bolos, suka ngelawan guru dan yang paling parah perokok berat dan doyan tawuran. Pokoke, Ari ini bad boy tingkat Asia Afrika deh!

Dan pertemuannya dengan seorang cewek bernama Tari, adik kelasnya, membawa kisah baru dalam hidupnya, Ari dan Tari selalu dipertemukan dalam insiden genting yang membuat Ari harus menyelamatkan Tari, membuat Ari tanpa sadar sudah sangat peduli dengan Tari bahkan sebelum dia mengenal bahkan tau nama Tari.

Hingga akhirnya Ari tau nama Tari adalah Jingga Matahari, nama langka yang selama ini Ari pikir cuma disandang oleh dirinya dan satu orang lain yang dicari-carinya selama ini, nama yang mirip dengan namanya bahkan sama dengan nama seseorang yang sangat dia rindukan. Hal itu membuat Ari merasa dia terikat oleh takdir dengan Tari, Ari bukan hanya jatuh cinta, tapi dia bahkan sudah sangat terobsesi meskipun Tari menolak habis-habisan. Di sisi lain rupanya ada Angga, cowok pentolan SMA Brawijaya yang merupakan sekolah musuh bebuyutan SMA Airlangga, dia juga adalah musuh bebuyutan Ari yang juga ternyata memendam perasaan yang sama kepada Tari yang awalnya cuma ngejadiin Tari sebagai objek sandera buat ngebalas Ari, kemudian jatuh cinta beneran.

Well, bagi gue novel Jingga dan Senja is a very good beginning, 1 kata yang bisa gue ungkapkan untuk menggambarkan novel ini adalah BADASS! Di awal kisah ada banyak adegan fighting, tawuran dan trek-trekan motor ala-ala si Boy anak jalanan, *gue curiga tuh sinetron terinspirasi dari Jingga The Series* Namun tentu saja novel karya Mbak Esti Kinasih gak sedangkal itu, ini adalah sebuah awal kisah yang bener-bener menyulut emosi pembaca dan menimbulkan banyak pertanyaan di benak tentang begitu banyak hal yang belum terungkap yang mbikin pembaca musti wajib tau kelajutan kisahnya.

Sosok Ari disini bener-bener resek-seresek nya, sumpah! *tapi resek yang ganteng sih 😆 Dia maksain banget kehendaknya sama Tari mbikin gue jejeritan di kamar sendiri dan neriakin “Oh  please deh Ri, gangguin gue aja napa? ngapain gangguin cewek yang gak mau sih?” 😂

“Kenapa? Bosen berantem sama gue? Kan udah gue bilang, mending kita pacaran aja. Jadi selama di sekolah lo aman. Bisa belajar dengan tenang juga.” Ari, Jingga dan Senja (2010)

Tuh kan? Reseknya ganteng banget?! Kan kalo gue jadi Tari gue jadinya gak bisa nolak 😂 *makanya karakter gue gak cocok jadi pemeran utama* Sebenernya gue baca adegan Ari ngotot ngejar Tari rada lelah juga sih yang satu ngotot ngejar yang satu ngotot nolak, tapi greget banget sih emang, terkadang kita emang butuh sesuatu yang rada lebay sebagai dinamika dalam cerita biar gak monoton, dengan catatan ke-lebay-an itu masih masuk akal.

Adegan yang paling terkenang dan terbaper dan bikin gue ngakak sampek cantik dalam novel ini adalah  ketika pas jam olah raga Ari nyolong seragam Tari dan makek seragam Tari yang kekecilan di depan temen-temennya, plus candaan ngeres anak-anak gengnya Ari tentang kutang 😂 Njirr! Sebagai cewek pengguna k*tang, bukannya gue ngerasa terlecehkan gue malah ketawa geli 😂. Yang paling mbikin imaginasi gue liar tak terkira adalah pas Ari yang lagi topless abis makek seragamnya Tari tiba-tiba dia nyamperin Tari di tengah lapangan terus ngangkat badannya Tari yang lagi sibuk mau masukin bola ke ring basket. Haduuhh! Atuh gimana ya kalo eke di posisi Tari? Gue bisa mati berdiri kayake, bukan bola yang masuk ke ringnya tapi badan gue 😂

Yang paling  seru adalah satu fakta paling penting terungkap kalo ternyata Ari sebenernya punya seorang kembaran yang sangat identik bernama Ata, yang emang ajaib banget karena Ata punya nama yang hampir-hampir sama dengan nama Tari, nama lengkap Ata adalah Matahari Jingga, yang cuma kebalikan dari nama lengkap Tari. Kemunculan Ata dalam kisah cinta Ari dan Tari bakal menjadi kisah baru yang bakal memperseru kisah Jingga The Series ini, akankah ada kisah cinta segi empat antara Tari, si Kembar Ari dan Ata, plus Angga? dan sayangnya ceritanya langsung bersambung, dan kami pun musti nunggu selama kurang lebih setahun buat baca kisah selanjutnya di buku ke 2 Jingga Dalam Elegi… duhh!! Bener-bener dah Mbak Esti ini, kejammm!!😂
Jingga dalam Elegi (JDE), 2011

Seri ke 2 ini adalah bagian yang paling gue demen dan sangat berkesan, abis baca ini gue langsung hang over beberapa hari mikirin nasib cinta Ari dan Tari 😂 Di buku ke dua ini sisi lain seorang Ari terungkap, kisah kelam dalam hidupnya yang gak pernah terjamah oleh siapapun. Dan romantika dan moment Ari-Tari makin membara nan baper-able, God! 😂

Jadi untuk sesaat Angga menghilang dari kehidupan Tari dan dalam novel ini karena suatu hal yang mengharuskan dia untuk menyingkir dari kehidupan Tari, kemudian sosok baru masuk ke dalam kehidupan Tari, menggantikan posisi Angga sebagai saingan Ari bernama Ata yang tidak lain adalah saudara kembar Ari sendiri, awalnya Tari ragu sama Ata, karena sosok Ata yang terlalu mirip dengan Ari, namun Ata mampu meyakinkan Tari dengan sikap dan perlakuannya yang bertolak belakang dengan Ari. Ata muncul sebagai penetralisir gangguan Ari, dia muncul sebagai sosok pahlawan baru bagi Tari dalam menghadapi sikap obsesif Ari. Ata selalu ada dan mendengarkan segala keluh kesah Tari karena kelakuan Ari.

Ata dan Tari semakin dekat dan Ata pun gak ragu lagi menceritakan banyak hal tentang kehidupan pahitnya dengan Ari kepada Tari, sisi kehidupan yang gak pernah orang lain tau, bahwa ternyata Ari dan Ata berpisah sejak umur 9 tahun karena perpisahan kedua orang tua mereka, Ata ikut Mamanya dan Ari ikut sang Papa, disitu Tari mulai memahami akan sikap brutal Ari selama ini karena dia adalah anak korban broken home, dia tinggal bersama Papanya yang selalu sibuk kerja jadi dia kurang perhatian. Duhh… sampek sini gue berpikir, haduuhh!! Film India banget lah ini cerita! 😂 sodara kembar yang beda kepribadian, satunya jahat satunya baek, terus terlibat cinta segitiga pula, jatuh cinta ke orang yang sama, ujung-ujungnya pasti bakal ada yang ngalah deh pasti, atau salah satunya dimatiin dengan cara yang mengharu biru gitu deh pasti! 😂

“Tau elegi itu apa? Lagu sedih. Hidup cuma bisa nyanyi lagu itu aja. Dia gak bisa nyanyi lagu lain untuk kami, Tar. Kadang kami punya kekuatan untuk ngedengerin. Kadang gak. Masalah muncul kalo kami lagi gak kuat. Gak ada cara lain kecuali lari. Gue lari sendirian. Ari lari sendirian. Seneng juga rasanya kalo bisa lari sama-sama. Paling gak ada tangan yang bisa dipegang. Gak terasa sendirian. Sayangnya gak begitu.” Ata/Ari, Jingga dalam Elegi

Duh hati gue pilu baca kalimat ini 😭

Gue salah besar kalo kelanjutannya bakal se-predictable yang gue kira. Lanjutannya, di saat Tari mulai percaya dan mengandalkan Ata sepenuhnya, sebuah fakta tak terduga kembali terkuak, bahwa ternyata Ari dan Ata yang Tari temui selama ini adalah orang yang sama!! 😲 *JENGJENG!! Ata yang selama ini menjadi sosok pahlawan bagi Tari, adalah Ari yang sama yang selalu gangguin dia di sekolah! Ata emang nyata, tapi dia sudah lama menghilang dan gak pernah kembali, jadi demi penawar rasa rindunya, dan demi mendekati gadis yang ditaksirnya Ari rela menjadi Ata untuk Tari.
Dan pergolakan Cinta itu semakin seru dari pada awal Ari ngejar-ngejar Tari, karena Tari bener-bener marah besar sama Ari, tapi disitu Ari membuktikan kalo dia emang beneran sayang sama Tari, dia tulus terlepas dari kepalsuan yang dilakuinnya selama inih.

Sampek sini, gue bener-bener kebaperan tingkat ASEAN guys, duh gimana atuh ya? Disisi lain gue kesian ngeliat kehancuran hati Ari atas penolakan yang dia terimanya dari Tari, gue rasanya gemes pengen bilang “Atuh lah Dek Tari! Udah dong ngambeknya, Kak Ari ngelakuin itu karena semata-mata dia sayang sama loe! Perjuangannya unik kalik, tidak cukupkah ketamvanan Ari menjadi modal utama untuk dimaafkan? Gak baik atuh lama-lama marah sama cowok ganteng 😂” Tapi sebagai sesama cewek gue juga bisa ngertiin perasaan Tari sih,  gimana rasanya coba sekian lama dibegoin sama cowok yang udah loe percaya?

Adegan terbaper yang gue sukak di Jingga Dalam Elegi adalah adegan di ruang PMR, ketika Tari yang masih ngambek membabi buta terus  disamperin pulak sama Ari, dan mereka bernangis-nangis Ria.

Ari menatap bening yang mengalir turun itu. Miliknya, dan milik gadis ini. Kembali sesal yang pedih menyelinap, dan akhirnya membunuh seluruh kesadarannya yang tersisa. Dia rentangkan kedua lengan dan diraihnya seluruh keberadaan Tari dalam kedalaman lingkarannya. Dilenyapkannya sisi jarak di antara mereka. Pelukannya itu kemudian memecahkan tangis, mengalirkan lebih banyak lagi air mata. Namun itu tak terasa meringankan, karena setiap isak lirih memberi perih yang baru untuk luka-lukanya.

“Kalo gue bilang…, gue nyesel waktu harus jadi Ata…, lo percaya?” Tari memalingkan muka. Tak dijawabnya tanya yang diulurkan Ari dengan suara lirih dan terputusputus itu.

“Lo nggak percaya,” dengan bisikan, Ari menjawab sendiri pertanyaan itu.

“Lebih dari nyesel… Gue ancur.” 

Ari, Jingga dalam Elegi (2011)

Duh! Gue meleleh Guys, batim gue jugak ikut hancur bersama Ari 😂 Mana sanggup atuh gue menyaksikan air mata tjinta itu menggenang di wajah Kak Ari yang rupawan ituh? #prett!!
Di akhir kisah semuanya berangsur membaik, Tari tetaplah cewek yang sukak ngambek-ngambek manja, kalo dideketin galak, tapi kalo udah ditinggal kangen juga, nyariin juga! *elahh! 😂 Dan kabar baiknya lagi, akhirnya Ari ketemu sama Ibu dan saudara kembarnya, Ata yang sudah lama menghilang. Pertemuan itu berlangsung mengharu biru, gue pikir ini adalah akhir yang bahagia, gue sempet lupa masih banyak teka teki yang belom terjawab, dan ternyata Ata membuat kisah ini emang harus berlanjut ke buku ke 3!! Karena dia tiba-tiba ngasi anceman ke Tari yang bikin bulu kuduk bergidik, entah apa. Duhh lagi-lagi ending yang Cliff Hanger banget dah! Gue musti nunggu lagi coba? 😂

Jingga Untuk Matahari (JUM)

Nungguin terbitnya Jingga Untuk Matahari itu seperti nungguin terbitnya Gerhana Guys!! Luamaaaaaa…! galaunya menunggu JUM seperti galaunya nungguin datangnya Jodoh, atau seperti nungguin Lee Min Ho yang entah kapan putus dari Suzy 😂 Bulan berganti bulan, tahun berganti tahun, udah 7 kali puasa 7 kali lebaran, udah banyak perubahan terjadi dalam hidup gue, gue bahkan udah gak seunyuk dulu lagi, JUM tak kunjung terbit seperti halnya Lee Min Ho yang tak kunjung putus dari Suzy 😂 namun gue masih tetep kangen sama Ari, bahkan makin kangen.

Gue masih sukak baca ulang JDS en JDE, sampek gue pernah kejebak sama sebuah Fan Fiction JUM, yang gue akui bener-bener keren dan sempet gue pikir itu emang kelanjutan JUM buatannya Kak Esti. Tapi ternyata Tuhan berkata lain, itu bukanlah JUM nya Kak Esti Kinasih, itu hanyalah sebuah Fan Fiction 😂

Dan finally penantian panjang itu terbayar sudah! Akhir tahun 2016 JUM TERBIT! Tapi sayangnya gue baru tau kabar ini di awal tahun 2017 saking lamanya gue gak ke toko buku, dan gue bener-bener udah mikir JUM mungkin gak bakal pernah terbit! tulisan bersambung di lembar terakhir novel JDE hanyalah angan-angan fatamorgana semu, itu hanya ilusi 😂 EH! gak disangka ternyata Kak Esti masih mikirin kita-kita jugak, JUM beneran terbit! Yaa lebih baik telat daripada enggak sama sekali khaan?   gue baru sempet baca JUM di pertengahan 2017! 😂 soalnya sengaja gue tunda juga biar bisa baca ulang JDS n JDE, sebelum akhirnya lanjut ke JUM biar feelnya makin dapet.
Well, JUM ini lebih tebel dari novel pendahulunya, 441 halaman, ih WOW! Ya.. setidaknya gak setebel novel Harry Potter lah yes? karena konfliknya pun lebih melimpah ruah, tokoh-tokoh di dalamnya lebih banyakss! Tentu saja kehadiran Ata yang sebenernya bakal menguak kisah baru, sebuah misteri tentang kehidupan kelam si kembar Ari dan Ata yang menyimpan begitu banyak luka 😂

Di novel ke 3 yang sangat gue harapkan bakal mengungkapkan banyak misteri dan menyelesaikan berbagai perso’alan pelik yang dihadapi Ari, justru malah sebaliknya, masalahnya makin banyak aja ya Allah, tokoh Antagonis ganteng nya juga makin banyak aje, apalagi kemunculan kembali Angga en The Gengs 😂  misteri yang lama belom terkuak muncul misteri baru!

Tokoh antagonis ganteng tapi ter-cipok-able disini tentu saja gue alamatkan kepada Ata suranta alias Matahari Jingga! Sebenernya Ata juga gak bisa dibilang antagonis sih, ini seperti perannya Park Bo Gum di drama Hello Monster yang psikopat tapi kejahatannya termaafkan, karena terlalu ganteng buat dibenci, dan alasan kejahatannya masih bisa dimaafkan.

“Kalo lo ngincer cewek yang udah punya cowok, rebut dia di depan cowoknya. Jangan di belakang,” Ata, Jingga Untuk Matahari (2016)

Ya.. di luar ekspektasi, pertemuan Ari dengan Ata dan Mamanya tidak lah seindah yang Ari bayangkan, kemunculan Ata justru menambah banyak masalah yang bener-bener sesuai dengan ancamannya ke Tari waktu itu.  Dan hal itu malah membuat Ari semakin menderita tiada akhir *duhh Ari, kamu ganteng-ganteng kok menderita banget yak? Ihh Ata gitu sih! 😂 huhu *mukul-mukul manja dada Ata*
Dan karena begitu banyak konflik dan teka-teki yang belom terpecahkan di JUM maka mau gak mau kita emang musti nungguin lagi deh buku ke 4 nya, Jingga Untuk Sandyakala.

Kritik dan Keluhan

Well, tiada gading yang tak retak, manusia tempatnya salah dan lupa, begitu juga gak ada karya yang sempurna tanpa celah, walaupun itu dibuat oleh seorang Master sekalipun, yang menjadi pertimbangan banyak enggaknya kesalahan itu, atau fatal enggaknya.

Kalo boleh ngasih kritik, dan gue tau buat Kak Esti pasti boleh, sejujurnya awalnya gue rada kecewa gitu sama JUM karena setelah sekian lama menunggu dengan penuh kegalauan hati, JUM muncul dengan sisi romance antara Ari-Tari yang minim banget, bahkan hampir gak ada di sepanjang cerita 😂

Padahal Tari udah memberikan segenap hatinya buat Ari loh! Tari udah begitu siap loh mendampingi Ari baik dalam suka maupun duka, mereka udah resmi jadian, tapi moment mereka malah jadi langka 😂 gue sempet mikir apa Ari dan Tari sekarang ta’arufan yak? Mungkin karena gue gak pernah ngarepin bakal ada kelanjutan JUM kalik ya? jadi yang selalu ada dalam imaginasi gue, Ari dan Tari bakal ngelaluin dan mecahin segala permasalahan bersama di novel JUM ini.

But itu lah hebatnya penulis sakti kayak Kak Esti! Beliau mampu mensubstitusi plot dengan sangat brillian. Ya… justru minimnya moment Romance membuktikan bahwa novel remaja Kak Esti beda dengan novel remaja lain, kehidupan remaja gak semenye-menye itu yang meluluk cuma masalah cinta doang, kita orang dewasa kadang berfikir, apa sih masalah anak SMA itu? Masalah cinta gitu doang kayaknya menderita banget, belom ngerasain aja kerasanya dunia yang sebenernya kayak gimana? tapi Jingga The Series ini menunjukkan kepada kita, bahwa bahkan remaja bisa punya masalah yang kadang jauh lebih berat atau bahkan mungkin gak bakal mampu diatasi oleh orang dewasa sekalipun.

Dan sisi romance nya emang kurang, tapi tergantikan oleh moment bromance, JUM lebih fokus ke sisi kisah kelam Ari dan Ata, masalah keluarga mereka dari dulu yang extremely complicated serta persahabatan dan solidaritas antara Ari dengan sahabat-sahabatnya terutama dengan Ridho dan Oji. Dan bagi gue, walaupun plot JUM gak sesuai harapan tapi Mbak Esti tetep mampu memenuhi kepuasan batin readers bawel kayak gue ini lah.

Kritik lain yang pengen gue sampein adalah, jujur gue rada jenuh dan kurang nyaman sama adegan ala-ala K-Pop Idol yang berseliweran di sepanjang cerita, gue sebagai penggemar drama Korea aja sering kali keganggu sama adegan lebay di drama Korea dimana setiap siswa atau cowok ganteng yang selalu diperlakukan bak artis, dan membuat cewek-cewek mendadak kehilangan harga dirinya, itu menurut gue kurang realistis aja, apalagi di Indonesia, karena gue sendiri selama 12 tahun di bangku sekolah, 4 tahun di bangku kuliah mau ada siswa seganteng apa juga tetep aja kita masih punya malu buat ngegerumbungin dia layaknya artis. 

Ya… OK lah! Mungkin karena di sekolah gue atau di kampus gue mungkin gak ada siswa yang sekeren Ari dan Ata atau artis Korea, gak ada kembar identik yang se emejing duo Matahari, tapi tetep aja menurut gue, it’s too much aja bagi anak sekolah senorak itu. Tolong pertimbangin saran penggemarmu ini lah Kak Esti.

Ganjelan gue yang terakhir, tentu saja harapan akan segera terbitnya Jingga untuk Sandyakala, semoga Kak Esti gak menyiksa batin kami lagi dengan penantian panjang, semoga peluncuran Jingga Untuk Sandyakala (JUS) cuma selama jarak JDS ke JDE, jangan kayak JDE ke JUM, karena kalo itu terjadi mungkin gue gak bakal baca lagi kelanjutannya.

Unek-Unek Gue Tentang Dear Nathan,

Dear Nathan, novel best seller yang bermula dari wattpad dengan jumlah viewers jutaan, bahkan kini difilmkan mirip sama Jingga The Series karya Esti Kinasih. Sebenernya gue udah lama banget ngedenger selentingan dan desas-desus yang bilang Dear Nathan mirip sama Jingga The Series. Tapi gue abaikan karena gue gak percaya, dan gue masih mikir mungkin terkesan mirip karena genrenya sama. Tapi gue tercengang ketika entah gimana, ketika gue browsing tentang JUM gue malah nemuin banyak keluhan yang bilang Dear Nathan adalah hasil karya ‘Inspirasi’ dari Jingga The Series nya Esti Kinasih. Bukan hanya terinspirasi tapi terlalu banyak kesamaan dari adegan-adegannya, penokohannya, story line nya bahkan yang bikin gue tercekat ketika gue denger Nathan juga punya kembaran. Wow! Terinspirasinya lumayan signifikan jugak yes?

Tadinya gue penasaran dan pengen ngebaca tuh novel yang katanya paling booming saat ini, gue akhirnya bukak wattpad dan mulai mencoba ngebaca tuh novel, kalik aja emang lebih bagus makanya booming banget, dan hasilnya? Kesan pertama yang gue tangkep disitu adalah karakternya Nathan emang mirip sama Matahari Senja alias Ari My Boo yang selalu gue rindukan😍 Gue pun menyerah di halaman-halaman awal,Gue baru bukak halaman si Nathan bantuin Salma manjat pager sekolah karena telat ngikutin upacara. Yess! Gue inget banget adegan itu, dan gue ngarasa sedikit de javu, itu kayak gabungan antara pertemuan pertama Ari dan Tari di upacara, Ari telat dan masuk ke barisan kelasnya Tari, sama adegan Ari ngebantuin Tari manjat pager pas Tari kejebak tawuran.

 Tapi bukan itu yang membuat gue ilfeel, gue langsung ilfeel di halaman-halaman awal karena penggunaan bahasanya yang… deuhh apa ya namanya? Sesuai EYD sih mungkin iya, tapi gue lucu aja, anak sebadung Nathan ngomongnya kayak guru bahasa Indonesia pakek “Saya, kamu, Saya, kamu” tapi gak jugak konsisten dengan penggunaan ‘Lo gue’ di beberapa tempat, entahlah ya, kalo kata guru bahasa Indonesia gue sih kata ‘Saya’ adalah kata ganti orang pertama tunggal yang paling sopan dan formal, dan seperti yang gue sebut di awal, gue sukak penulis dari gaya bahasanya dan gue bisa sangat gak betah ngebaca buku hanya dari bahasanya doang.

Gue lalu menelusuri trailer film nya di Youtube. Dan baru di menit-menit awal aja gue langsung menemukan kesamaan lain, pas Salma ngotot ke temen-temennya bilang kalo Nathan itu sebenernya baik, dan itu juga persis kayak Tari yang di awal-awal kenal Ari ngotot bilang Ari tuh sebenernya baik, gak seperti yang orang-orang bayangkan.

OK! sampek sini gue masih berharap itu mungkin kebetulan walaupun kebetulannya luar biasa, karena gue yang cuma baca atau nonton di menit-menit awal langsung bisa ngeliat persamaannya, ibarat gue ngambil sample air laut seteguk yang gue rasain langsung asin, dan emang ari laut semuanya asin sejauh mata memandang, seberapapun kita mengelak bahwa sample sekecil itu gak bisa mewakili keseluruhannya, tapi gak ada yang bisa ngebantah bahwa emang sample mewakili keseluruhan.

Dan gue gak perlu repot-repot menggali lebih jauh, karena dari berbagai macam komentar dan penjabaran dari kalangan pembaca, gue udah bisa langsung membayangkan sejauh apa kesamaan itu, ditambah lagi akhirnya gue ngebaca tulisan klarifikasi dari si empunya langsung.

Pada intinya si penulis Dear Nathan yang sangat beruntung nan overrated itu ngejelasin kalo dia emang ‘Terinspirasi’ dari Novel Jingga, dia bahkan termasuk penggemar karya-karyanya Esti Kinasih. Tapi tetep dia kekeuh kalo dia sama sekali gak niru dan itu pure adalah idenya dia. Alibinya dia, gak ada 1 hal pun dalam buku dia yang memenuhi persyaratan yang bisa dikatakan plagiat, alibi yang lain novel dia terinspirasi dari ‘Kisah Nyata’, itu beberapa hal yang gue tangkap dari cuap-cuap panjang lebarnya dia yang terkesan ngotot.

Tapi, izinkanlah gue menanggapi beberapa alibi yang udah si penulis jelasin dengan sedemikian rupa;

Pertama, dia sempat bilang cuma terinspirasi, dia bilang kalo di dunia ini gak ada karya yang original, ya gue setuju punya nih! bahkan Novel sepopuler Sherlock Holmes pun adalah hasil inspirasi dari novel lain yang itu di sebutkan dalam cover novel tersebut. Maka gue balik lagi, nah itu tau! Bahkan penulis novel sebesar penulis Sherlock Holmes pun sangat menghargai novel yang menginspirasi dia dengan mempersilahkan novel pendahulu itu membawa nama Sherlock Holmes dan membiarkan semua tau novel mana yang berperan penting dalam inspirasinya selama ini, padahal kalo dipikir-pikir novel Sherlock Holmes udah jelas lebih termasyur dari novel inspirasinya dan gue yakin kasus-kasus dan story line dalam SH gak bakal ada yang sama dengan novel inspirasinya, tapi toh tetep faktanya dia terinspirasi dan dia sangat menghargai itu.

Contoh lain lagi, Detective Conan, semua orang tau inspirasi Detective Conan adalah dari Sherlock Holmes juga, karena bahkan nama Conan bukan nama orang Jepang tapi nama itu sendiri berasal dari nama penulis Sherlock Holmes, yakni Sir Arthur Conan Doyle yang menginspirasi sang penulis. Padahal gak ada satupun loh storyline antara Detective Conan dan Sherlock Holmes yang sama, yang sama semata-mata temanya doang dan gak bakal ada yang ngeh dia terinspirasi dari mana tapi inilah yang namanya pure inspirasi, inspirasi tetaplah inspirasi, inspirasi itu berharga dan musti dihargai.

Dan sekarang kalo gak ada yang ngeh, dengan begitu banyak kesamaan yang ada, dengan begitu besarnya inspirasi yang disumbangkan, mungkinkah si penulis Dear Nathan bakal ngemention Novel apa yang menginspirasi dia? Dan apa dia juga mau mention novelnya Esti Kinasih di cover novelnya? Atau paling enggak pas di lembar ucapan terimakasih deh!

Kedua, Dia bilang di dalam novelnya gak ada satupun kalimat yang sama dengan kalimat yang ada di novelnya Kak Esti, makanya gak bisa disebut plagiat. Ya… gue gak bakal nuduh siapapun plagiat, soalnya kalo mau nuduh orang sini plagiat entah berapa banyak produser, penulis naskah, PH, stasiun TV dan sutradara di Indonesia yang bisa dipidanakan,   Itu hanya masalah undang-undang, sama seperti aksi ngelem yang bebas dilakuin di pinggir jalan, padahal efeknya sama kayak narkoba tapi karena gak tercantum dalam kitab undang-undang makanya gak bisa dipidanakan. Atau mungkin pihak yang diplagiat aja gak mau ngambil pusing.

Bahkan semua orang juga tau GGS niru Twilight, tapi toh GGS tetep diangkat jadi sinetron, toh GGS tetep aman dari jerat hukum sampek dibungkus, toh GGS populer, ratingnya tinggi, orang-orang gak peduli itu asli apa tiruan, dan tetep aja gak ada orang yang bisa ngebantah kalo GGS emang hasil tiruan dari Twilight, walaupun dengan nama tokoh-tokoh yang berbeda dan jumlah episode yang beda.

Bahkan semua orang yang punya bakat menulis sangat bisa meniru karya orang lain dengan penyampaian bahasa yang berbeda, padahal intinya tetep sama. Gue juga sukak nulis Fan Fiction dan gue juga bisa aja bikin karya yang niru dari karya orang lain dengan bahasa gue sendiri. Tapi apa gue bisa bangga dengan begitu banyak pencapaian tapi dengan hasil karya yang gak bener-bener dari hasil pemikiran gue sendiri? Lebih dari hukum undang-undang gue lebih mikirin tanggung jawab moral sama kebanggaan diri gue sendiri.

Ketiga, dia bilang novelnya terinspirasi dari kisah nyata, haha kisah nyata kok bisa mirip sama karangannya orang lain ya? Dia bilang orang kayak Nathan itu emang ada, ya emang ada! Gue juga punya temen yang badungnya kayak Nathan atau Ari, di sekolah-sekolah banyak kok anak yang bandelnya kayak Ari atau Nathan, bahkan adek gue sendiri sukak manjat pager sekolah kalo lagi telat, anak yang sukak berontak karena broken home emang ada, banyak malah! Anak kembar yang tinggal misah juga banyak.

Tapi emang ada ya kisah nyata cowok super badung yang jatuh cinta gila-gilaan sama seorang cewek, pertama ketemunya dibantuin manjat pager, ajaibnya cowok itu ternyata kembar, ajaibnya juga cowok itu anak produk broken home yang persis kayak di novel karangan orang lain sebelumnya? Apa mungkin Kak Esti sama penulis Dear Nathan terinspirasi dari kisah nyata yang sama? Intinya jangan mentang-mentang di kehidupan nyata ada yang mirip kayak di karangan seseorang terus kita niru karya orang lain tapi kita ngakunya nyomot dari kisah nyata.

Gue salut sama si penulis itu sebenernya, di umur yang semuda itu, kemampuan menulisnya udah di atas rata-rata, dia udah menulis sebuah novel yang cetar dan bahkan bisa langsung di-film-in, gue juga sangat mengapresiasi perjuangannya bisa nulis novel setebel lebih dari 500 halaman meskipun katanya alurnya jadi muter-muter.

Emang sih… lebih muda, bukan berarti tingkat intellegency nya lebih rendah. Tapi kepintaran juga gak lantas bisa membuat yang muda itu bisa lebih bijak dan lebih dewasa, dan dia sudah membuktikan kalo dia masih terlalu kecil buat jadi seorang penulis novel yang profesional, dia harus banyak belajar lagi, belajar untuk menerima kritik dan masukan, belajar untuk mengakui kesalahan, belajar untuk mengetahui makna dari inspirasi itu sendiri, bahwasanya Inspirasi bukan berarti NIRU storyline dan dia juga musti tau bagaimana cara menghargai karya dan hasil pemikiran orang lain.

Yang membuat hati gue terluka, gue pernah baca berita kalo salah satu PH udah ngebooking Jingga The Series buat difilm in, bahkan sebelum Dear Nathan difilmkan, tinggal nunggu series nya lengkap aja baru siap difilm-kan. Jujur gue sangat pengen ngeliat sosok Ari, Tari dan kawan-kawan secara nyata, bukan khayalan lagi, tapi sekarang gue udah gak yakin kalo Tetralogi Jingga bakal tetep difilmin, produsernya mungkin bakal mikir 2 kali karena udah ada novel remaja dengan kisah yang sama nyolong start duluan. Yang ada kalo difilmin malah karyanya Kak Esti lagi yang dikira nyama-nyamain 😂

28 thoughts on “Review Jingga Untuk Matahari + Unek-Unek Gue Tentang Novel/Film Dear Nathan

  1. Wahhh kali ini mba nisa published tulisan yang beda, about novel, ah jadi penasaran recommended dari mba nisa, aku termasuk yang pilah pilih kalau bacaan genre novel 😂

  2. Kgn aridhoji, iseng nyari jusandyakala di google, yg nongol ini, yg part bawah itu lohh.. bikin baper tenaaaannnnnn.. uhhlalaaaaa😭😭

  3. Sependpat bgt sm mba Choirunnisa. Aku jg udh hopeless bgt nnggu JUM mba smpe akhrnya aku jg bru tau JUM udh kluar diprtngahan tahun ini 😢
    Dan buat film yg dbhas itu, aku jg brfkiran sm, cm aku gtau klo trnyta itu terinspirasi, soalnya pas liat di tv mrsa familiar dgn alur critany aja sh
    But thank you so much mba nisa untk tulisannya ini 😊

  4. Yo, mbak. Sama kayak aku yang greget sama adegan baper di JDS dan JDE itu. Plus emang pas baca di Bulan Oktober ini, JUM kurang adegan romance Ari-Tari. Malah bikin penasaran sama kelanjutan ceritanya.
    Tentang fan-fiction itu, terkait ebaook yang bertebaran kemana-mana, bukan? Soalnya aku juga nganggep versi ebooknya itu asli dari Kak Esti Kinasih, hampir mirip bahasanya sih.
    Huhu.. kukira udah selesai ceritanya, ternyata… masih bikin gereget.
    Aamiin, semoga gak lama penantian JUS, apakah Tari bener-bener makar dari Ari atau enggak. UUUUUUU…

  5. Aku baru mulai baca 1 bulanan lalu novel jingga ini jadinya ga merasakan penantian bertaun-taunnya nih kak hehe
    Tapi aku juga uda nntn film dera nathan sebelum mulai baca novel ini dan pas baca jingga dan senja selalu kebayang2 muka pemain film dear nathan karna memang banyak kemiripan..
    Tapi ngomong2 kak uda baca novel dear nathan?? Aku penasaran bgt ama novelnya jangan2 di novel banyak adegan2 yg sama krn kn semua adegan di novel apa lagi novel tebel ga bisa dimasukin semua ke 1 film..

  6. Ah, sama umurku juga 1/4 abad😂😂😂 tapi masih suka baca teenlit😷.. dan di ujung 2017 aku baru baca JUM part akhir, dan novel Kak esti kinasih adalah salah satu novel yg sumpah bikin gagal move on dari tokoh2nya dan alur ceritanya, serta berharap JUS segera terbit… 😭😭

  7. Baru tau kalo JUM yang asli udah beredaarrr 😭 Kangen banget sama Ari dan Tari, tak ketinggalan Ata ><
    .
    Untuk masalah Dear Nathan, ku kira cuma aku aja yang ngerasa kaya gitu
    Karena sejak awal cerita itu muncul di wattpad (bukan bermaksud sombong atau sok tahu, maaf) ga tau kenapa, ga pernah tertarik untuk baca (rasanya tu kaya gimana ya, pokoknya ada feeling yang bikin ga pengen baca), sampai filmnya keluarpun cuma nonton cuplikan sekilas abis itu ga pernah nonton sampai sekarang
    Dan ternyata oh ternyata….. Aku baru ngeh pas film nya muncul, gak berapa lama di line ada yang bilang cerita itu mirip sama jingga series!
    Habis itu orang" yg udah baca jingga series pada bilang hal yang sama, tapi pada kena semprot (termasuk aku) sama yang suka dear nathan hehehe…. #peace

  8. Ahh ternyata bukan aku aja yang mikir gitu.. soalnya kesel banget nunguin my sweety arinya lama yang terkenalya nathan, nungguin film tarinya dari mulai smp sampai mau lulus kuliah salma yang terkenal mudah2an aja my sweety ari, tariku dan my boyfriend ridho(ngayal😂) jdi dibuat film yaaaakk😂😂

    1. Tapi nanti dikira esti kinasih yang nyamain karya orang lain. Padahal mahh yang nyamain si penulis dear nathan…….harusnya yang terkenal itu TARI BUKAN SALMA & ARI BUKAN NATHAN

  9. Gua kira gua doang yg ngerasa dear nathan ama jingga the series sama. Setelah liat cerita dear nathan gua urungkan niat mendukung jingga the series di filmkan ya dari pada dibilanh plagiat kan

    1. Iyah tuhh bener banget , nanti malah kak esti kinasih yg dikira plagiat.
      Aku bener” keselll sama si penulis dear nathan yang bilang cuma ter’inspirasi’ dari karya nya esti kinasih……ehhhh itu mahh namanya bukan hanya ter’inspirasi’……mana mungkin cuma terinspirasi tapi sama dan hampir mirip bangett…..itu mahh namanya ceplak karya orang. Cuma bedanya nama tokoh atau pemerannya doang

  10. alhamdulillah gue nemuin sekumpulan org orng perindu jingga the serries huhu. ka esti kejam bgt si nyuruh gua nunggu buku ke empatnyaa 😂😂

  11. semogaa kak esti kinasih gak membuat penggemar ari ata tari galau bertahun tahun krna harus nungguin buku keempat. gue beli buku ketiga di bulan februari tahun 2017. dan bru gue baca bulan juni 2018. gila gak siihh… sengaja nunda bacanya biat klimaknya dpet. smpai halaman terakhir malah dapat kalimat “bersambung ke buku keempat” itu rasanyaaaaaaaaa 😈😈😈😈😈😈

  12. Isshh!!!!😡😡😡😡film dear nathan bikin gw gondok, semua adegannya mirip bahkan hampir persis kaya karya nya esti kinasih. Mana mungkin cuma ter ‘inspirasi’ tapi bisa mirip bahkan hampir persis kaya gitu….itu mahh namanya nyolong karya orang.
    Btw aku juga lagi nunggu JUS terbit. Kapan yaa terbitnya ? Semoga nggak selama menunggu JUM dehh

  13. Wah menarik banget ni, kabar akan difilmkan Film Jingga dan Senja Trilogi ini sudah santer terdengar sejak 2016 lalu, ph yang beli hak ciptanya adalah Rapi Films, pihak Rapi Films sendiri berencana akan membuat 2 film dari total 3 novelnya, rumornya sih begitu, dan beberapa waktu lalu di instagramnya Rapi Films mengumumkan akan segera memproduksi film Jingga dan Senja, saya ngga bisa berkomentar banyak karena saya ngga baca novel Dear Nathan, jadi ngga tau perbandingan kedua novel ini, yang gosipnya novel DN ikutin novel Jingga dan Senja.

    Kalau film Dear Nathan saya sudah nonton, kata teman saya yang baca Dear Nathan, ternyata DN versi novel dan film sangat beda sekali malah teman saya bilang lebih rapi dan Bagus versi filmnya, dan yang bikin greget juga katanya sutradara film Jingga dan Senja adalah sutradara film Dear Nathan dan Hello Salma, untuk penulis skenarionya sama belum tau siapa dan apakah akan sama dengan penulis DN1 dan DN2, filmnya sendiri masih dalam proses casting dan rencananya akan syuting Mei 2019, saya penasaran siapakah artis/aktor yang dipilih untuk memerankan karakter Ari dan Tari, will see… 😎😎😎

  14. Aku baru baca JDS sama JDE pas kelas 8 skrg mah udh kls 12, nunggu 4thn baru bisa baca JUM.

    Pas liat endingnya bersambung ke JUS aku googling n nemu review kakak. Aku juga ngrasa kayak kakak sih pas baca Dear Nathan. But aku gak bisa bilang kalo DN mirip sama JDS&JDI because temenku tuh tergila-gila bgt sma tulisanya kak Eriska.

    Intinya sih harapan aku tuh sama kayak kakak. Semoga kak Esti gak gantungin JUS kayak JUM, sampe aku ngrasa bosan nungguinnya 😅

  15. Semua yang ditulis sama mba choirunnisa persis bgt sama apa yg aku fikirin. Dari mulai pemikiran mengenai novel jingga the series inihh, sampe yg uneg2 terhadap dear nathan.. awalnya ekspektasiku tinggi terhadap dear nathan, karena ditengah2 menanti abang ari sunari, ata suranta, dkk. Siapa tau dear nathan bisa mengobati rasa kangennya yakan, ehh kok malah persis bgt sama jingga the series “ini aku beneran baca dear nathan kan :/”. Tapi jelas dari alur, gaya bahasa, bahkan keseluruhannya mau gimanapun juga tetep kerenan mbak esti kinasih punyaa sih! Mantap jiwaa bwangettt lah! Pokoknya sampe sekarang dan entah sampai kapan mbak esti mau menggantungkan perasaan ako, akan tetap menanti.. SEMANGAT MBAK ESTI KINASIH
    P.s: coba deh pada dengerin lagunya Ruel – Younger. Match bgt sm hubungannya Ari dan Ata:(

  16. Semua yang ditulis sama mba choirunnisa persis bgt sama apa yg aku fikirin. Dari mulai pemikiran mengenai novel jingga the series inihh, sampe yg uneg2 terhadap dear nathan.. awalnya ekspektasiku tinggi terhadap dear nathan, karena ditengah2 menanti abang ari sunari, ata suranta, dkk. Siapa tau dear nathan bisa mengobati rasa kangennya yakan, ehh kok malah persis bgt sama jingga the series “ini aku beneran baca dear nathan kan :/”. Tapi jelas dari alur, gaya bahasa, bahkan keseluruhannya mau gimanapun juga tetep kerenan mbak esti kinasih punyaa sih! Mantap jiwaa bwangettt lah! Pokoknya sampe sekarang dan entah sampai kapan mbak esti mau menggantungkan perasaan ako, akan tetap menanti.. SEMANGAT MBAK ESTI KINASIH
    P.s: coba deh pada dengerin lagunya Ruel – Younger. Match bgt sm hubungannya Ari dan Ata:(

  17. Umur q yg sudah kepala tiga aja suka banget sama karya mbak esti. Kata2nya luwes, mengalir dan seperti nyata. Paling q suka fairis dan jingga the series. Ini sudah 2020 dah terbit blm JUD nya??? Salam kenal

  18. Jujur, aku baru baca sih jingga the series dan emang lebih dulu tau dear nathan.. Cuma emang belum baca novelnya, cuma nonton filmnya aja.. Tapi menurutku yang udah nonton film dear nathan, ceritanya ga semuanya mirip kok sama ari dan tari.. Bahkan di filmnya DN, ga ada adegan tawuran nathan gitu kaya ari dan angga di novel, trs kalau ari dan tari kan tari tuh banyak ya beberapa cowok pilihan nya gitu, dia pernah suka sm angga, trs ata yg tau nya itu tuh ari ya gitu lah, kalau salma mungkin emang pernah dideketin sama beberapa cowok gitu tp sampe yang film dear nathan hello salma, salma tuh cuma suka nya sama nathan aja bahkan pas yg sempet putus itu.. Trs kalau ari dan tari lebih suka berantem, konflik trs, sedangkan setauku kalau salma itu orangnya pendiem gitu, ya ga terlalu diliatin sih berantemnya sm nathan sampe kaya ari dan tari gitu. Terus kalau di DN, ibu nya nathan itu kalau di film kan punya penyakit kejiwaan trs saudara kembarnya Daniel juga meninggal.. Sedangkan ari kan saudara kembarnya masih ada dan ibu nya jg ga punya penyakit kejiwaan gitu. Ya maaf sih sebelumnya, karena saya memang belum baca DN versi novelnya. Tp kalau menurut saya untuk film DN sendiri tidak sama dengan jingga the series dan mungkin novelnya jg ada beberapa kesamaan aja, tp alurnya tetap berbeda. Dan yang bikin beda tuh karakter salma dan tari, menurutku karakter tari galak, gampang tersulut emosi, berani, ya gitu lah makanya sering banget adu mulut sama ari, tp salma jauh banget sm tari karakternya, dia lebih yang ga bisa ngeutarain rasa cinta gitu karena emang ga pernah pacaran, ya kaya surat cinta salma untuk nathan di akhir film aja karakter salma jadi beda banget sama tari.

  19. Dan menurutku, setiap novel pasti ada keunikan dan alur kisah nya sendiri, mungkin memang ada beberapa kesamaan cerita sama novel yang lain tp di setiap novel pasti punya ciri khas nya tersendiri. Pokoknya saya tidak berpihak kemana mana, saya mendukung jingga the series maupun dear nathan, dan novel2 lainnya karena bagaimanapun juga penulis masing2 novel nya sudah melakukan yg terbaik agar karya nya dapat dinikmati setiap pembaca. So, mari kita hargai karya2 dari penulis siapapun itu😊👍

  20. Menurutku, setiap novel pasti ada keunikan dan alur kisah nya sendiri, mungkin memang ada beberapa kesamaan cerita sama novel yang lain tp di setiap novel pasti punya ciri khas nya tersendiri. Pokoknya saya tidak berpihak kemana mana, saya mendukung jingga the series maupun dear nathan, dan novel2 lainnya karena bagaimanapun juga penulis masing2 novel nya sudah melakukan yg terbaik agar karya nya dapat dinikmati setiap pembaca. So, mari kita hargai karya2 dari penulis siapapun itu😊👍

  21. Sepemikiran dengan kalimat terkandung di semua pernyataan ini. Menunggu JUM kayak melihat pergantian presiden baru. HM… Apakah akan sama dengan JUS, ya?

    Soal DN, aku SDH baca beberapa kali. Memang sama. Jika JDS difilmkan, bakal ketahuan siapa duluan yg menerbitkan novel.dan yang bakal malu tentulah memplagia atau sekadar terinspirasi.

Leave a comment